Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tantangan yang Harus Dihadapi Saat Memulai Self-Love 

Challenge accepted!

Nivea

Istilah self-love memang sedang banyak diperbincangkan nih. Self-love sebenarnya merupakan salah satu perilaku untuk lebih mencintai diri sendiri dan menghargai apa yang ada di diri kita. Terdengar sederhana, tapi ternyata menjalani self-love nggak semudah itu lho. Buktinya ada beberapa tantangan yang harus dihadapi para cewek saat melakukannya. Popbela sudah merangkum beberapa tantangannya nih. Simak ulasannya ya!

1. Harus melawan stigma bahwa self-love adalah perilaku egois

Shutterstock/InesBazdar

Bela, kamu harus tahu self-love dan egois itu berbeda ya. Self-love punya arti bisa menerima secara utuh tubuh, pikiran dan hati, selalu ingin menjadi yang terbaik untuk diri sendiri. Nah, beda nih sama egois, orang yang punya sifat ini selalu merasa tidak punya pilihan hidup dan selalu menyalahkan orang lain tentang situasi yang sedang dijalani. Bela, harus siap melawan stigma ini ya!

2. Menganggap cara self-love setiap orang sama

Shutterstock/Roman Samborskyi

Ingat Bela, setiap orang punya cara masing-masing lho untuk melakukan self-love. Bela, harus bisa menghargai dan jangan membandingkan self-love yang dilakukan dengan orang lain. Agar Bela semakin tahu self-love versi teman atau sahabat, kamu bisa banget nih sharing dengan mereka. Siapa tahu kamu bisa dapat inspirasi lain self-love yang cocok buatmu ya!

3. Self-love sulit dilakukan tanpa melakukan self-care

Shutterstock/Maria Evseyeva

FYI ya Bela, sebelum kamu berhasil melakukan self-love, ada 4 aspek yang harus kamu penuhi nih. Secara singkat, ada self-awareness, self-worth, self-esteem yang berkaitan dengan psikologis kamu sendiri dan self-care yang berhubungan dengan action yang bisa dilakukan. 

Nah, keempat aspek itu bisa mulai kamu lakukan ya, kontrol kondisi psikologi dan lakukan banyak aktivitas self-care. Salah satunya, kamu bisa join Photo Competition #ExtraCare #ExtraCareforExtraWomen dari NIVEA nih. Kamu bisa berbagi tentang aktivitas #ExtraCare kamu di kondisi yang serba Extra seperti sekarang ini. Seperti, belajar baking atau main alat musik, rutin workout atau mungkin berkebun

Periode kompetisi ini dimulai dari 8 Oktober-30 November 2020, masih ada waktu lho Bela. Jangan sia-siakan kesempatan untuk mendapatkan hadiah jutaan rupiah dan produk spesial dari NIVEA ya Bela. Untuk detail info selengkapnya Bela bisa cek di sini ya. Let’s join and share your inspiring story, Bela!

4. Masih punya rasa bersalah terhadap orang lain

Shutterstock/Africa Studio

Tantangan berikutnya saat Bela ingin melakukan self-love, salah satunya masih sulit mengontrol rasa bersalah. Apalagi sering berkata “maaf” yang sebenarnya itu bukan kesalahanmu. Akibatnya, kamu jadi serba salah nih Bela, salah satu contohnya kamu tidak harus membalas pesan yang nggak perlu dibalas, mengambil jatah cuti yang seharusnya menjadi hakmu, dan lain-lain. Yuk, mulai tempatkan rasa bersalah untuk hal yang semestinya!

5. Orang lain menganggap self-love sebagai bentuk sifat narsistik

Shutterstock/Prostock-studio

Dalam dunia medis khususnya psikologis, sifat narsistik ini merupakan gangguan kepribadian yang dialami seseorang yang menganggap dirinya sangat penting dan harus dikagumi. Jelas beda ya dengan self-love yang sudah Popbela jelaskan di awal poin lho. Nah, banyak orang yang masih belum tahu nih perbedaannya dan bisa saja langsung judging. So, Bela harus siap dengan tantangan yang satu ini ya!

Dari kelima tantangan ini Bela harus siap ya, Popbela sudah pasti mendukungmu! (CSC)

IDN Media Channels

Latest from Inspiration