Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mural Karya Alicia Eva dengan TikTok #SerunyaIndonesia Pecahkan Rekor MURI 

Wujud semarakkan kemerdekaan RI

Nindi Widya Wati

Rayakan hari kemerdekaan dengan berkesenian mural jadi salah satu wujud dukungan dari TikTok agar generasi muda lebih berani berekspresi, Bela. Maka, bersamaan dengan acara TikTok Serunya Indonesia Festival, kali ini turut menggandeng Alicia Eva sebagai salah satu konten kreator yang kerap membagikan berbagai konten video karya lukisnya lewat TikTok. 

Eva kali ini mendapat tantangan agar melukis pada media yang berbeda. Ia pun menuangkan ide untuk mural di sebuah mobil klasik yang ternyata turut mengundang perhatian warganet khususnya para pengguna TikTok. 

Ungkap alasan mobil jadi media mural

Dok. POPBELA.COM

Jika pemecahan rekor MURI pertama kali yang diraih Eva menggunakan media kanvas. Kini, media yang digunakan Eva terlihat cukup berbeda, nih, Bela! Melihat tantangan yang ia dapat adalah mural di sebuah mobil jenis BMW klasik berwarna putih.

"Aku terima tantangan dari netizen, karena aku nggak pengin nikmati karya itu sendirian. Ada rasa bangga waktu lihat karyaku bisa dinikmati orang lain juga, salah satu caranya dengan mural di mobil, supaya nanti bisa dibawa jalan-jalan keliling Indonesia," pungkas Alicia Eva saat melukis langsung di acara TikTok #SerunyaIndonesia Festival, pada Jumat (19/08/2022).

Jadi, mau nyoba naik mobil hasil mural Eva? 

Rekor MURI "Melukis Pahlawan Terbanyak di Media Mobil"

Instagram.com / aliciaeva

Eva menerima tantangan dari awal Agustus hingga pada puncak perayaan TikTok Serunya Indonesia Festival. Kolaborasi karya antara TikTok dengan Alicia Eva yang ternyata berbuah manis dengan meraih sebuah rekor MURI, Bela! Perempuan yang terkenal dengan edukasi art-nya, kali ini karya yang ia buat kembali tercatat sebagai rekor MURI dalam kategori "Melukis Pahlawan Terbanyak di Media Mobil".

Lukiskan sebanyak 17 pahlawan serta Burung Garuda

Dok. POPBELA.COM

Ingin selalu menampilkan hal baru, dalam proses pemecahan rekor MURI kali ini Eva berfokus pada dua hal, yaitu melukis wajah pahlawan Indonesia dan lambang Garuda. 

"Jadi hasil mural yang akan terlihat, di bagian badan kanan dan kiri mobil ada wajah di Indonesia, sebanyak 17 tokoh pahlawan nasional. Serta, di bagian kap mobil akan ada lukisan burung Garuda," tutur Eva.

Sederet nama pahlawan yang terlihat secara sempurna menghiasi karya mural mobil Alicia Eva yaitu Bung Tomo, Pattimura, Ki Hajar Dewantara, Sisingamangaraja XII, Sultan Hassanudin, I Gusti Ngurah Rai, Tuanku Imam Bonjol, Soedirman, Cut Nyak Dien, Cut Nyak Meutia, R.A Kartini, Mohammad Yamin, hingga Soekarno. 

Wujud dukungan konten kreator dan artis Indonesia

Dok. POPBELA.COM

Perjalanan Eva dalam memecahkan rekor MURI tak hanya mendapat dukungan dari netizen. Ternyata, ia juga mendapat dukungan penuh dari sesama penggiat konten TikTok serta publik figur Tanah Air. 

"Hasil final pengerjaan dari mobil yang aku mural ini, sesama TikTokers dan para artis bisa ikut menyelesaikan. Mereka bisa seru-seruan ikut mural, nulis rasa bangga tentang Indonesia, dan yang spesial bisa tandatangan di mobil itu juga. Soalnya, aku pengin karya ini bisa dinikmati dan menjadi kebanggaan semua orang," tutur Eva. 

Ada sederet nama yang disebut Eva turut mendukung, lho! Seperti presenter Irfan Hakim, SLANK, Jerome Polin, hingga penyanyi Rizky Febian turut berpartisipasi dalam penyelesaian mural mobil ini, Bela! 

Itulah, sederet cerita dari karya mural Alicia Eva yang berhasil meraih rekor MURI. Next, apalagi ya?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration