Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Selain IVE, ini 9 Idol Kpop yang Pernah Bawakan Ulang Lagu Indonesia

Mereka ternyata fasih membawakannya, ya!

Niken Ari Prayitno

Saat ini begitu banyak idol Kpop yang baru debut. Di tengah persaingan industri hiburan Korea yang begitu ketat, mereka harus memiliki strategi yang tepat agar bisa selalu memanjakan para penggemar. Strategi ini bisa berupa merilis album baru, merchandise, fan meeting, atau membuat program acara interaktif.

Kalau deretan idol Kpop ini punya cara unik, Bela. Mereka membawakan ulang lagu-lagu hits untuk menggaet pasar yang lebih luas lagi. Berikut ini, terdapat beberapa idol Kpop yang pernah membawakan ulang lagu Indonesia dan menjadi trending di YouTube. Siapa saja dan apa lagu yang mereka bawakan?

1. "Merasa Indah" dibawakan kembali oleh IVE

Baru dirilis pada 13 April 2022 lalu, video IVE yang membawakan ulang beberapa lagu hits dari berbagai negara secara medley ini langsung menarik perhatian warganet. Dalam video yang diberi judul 'World Pop Live: Hit Songs on the Global Music Charts' ini, para member IVE tak hanya membawakan lagu milik Tiara Andini "Merasa Indah", tapi juga lagu "What Else Can I Do" (Ost. Encanto) milik Diane Guerrero dan Stephanie Beatriz; "Farfalle" milik Sangiovanni, "Levitating" milik Dua Lipa; "Dry Flower" milik Yuuri; "Phing (Phelng Cāk Lakhr Krachêās̄īdā)" milik Nont Tanont.

2. "Terlanjur Mencinta" dibawakan kembali oleh Ryeowook 'Super Junior'

Pada 1 Maret 2021 lalu, salah satu member Super Junior, Ryeowook merilis sebuah video klip di YouTube dengan membawakan kembali lagu milik Tiara Andini yang berjudul "Terlanjur Mencinta". Warganet memuji suara Ryeowook yang merdu saat membawakan lagu yang musiknya digubah ulang oleh Kang Mingoo sebagai music director-nya tersebut. Tak hanya itu, video klip yang menampilkan nuansa earth tone juga tak luput dari pujian warganet.

3. "Cinta Luar Biasa" dibawakan ulang oleh Doyoung Haechan 'NCT'

Pada 27 Oktober 2019 lalu, dua member NCT, Doyoung dan Haechan mengejutkan penggemar mereka dengan membawakan ulang lagu milik Andmesh Kamaleng yang berjudul "Cinta Luar Biasa". Membawakannya dengan begitu sederhana dan penuh penghayatan, Doyoung dan Haechan mendapat pujian dari warganet dan videonya telah disaksikan lebih dari 23 juta kali.

4. "Kesempurnaan Cinta" dibawakan kembali oleh ASTRO

Boy group ASTRO pernah 'mampir' ke Jakarta untuk menyapa para penggemarnya melalui konser The 1st Season Showcase yang diselenggarakan pada 24 Oktober 2016. Dalam konser tersebut, ASTRO secara fasih membawakan lagu "Kesempurnaan Cinta" milik Rizky Febian yang langsung disambut dengan tepukan meriah dari para penonton.

5. "Rayu" dibawakan kembali oleh Songhee, Jungwoo, dan Yiyeon 'BVNDIT'

Tahun 2021 lalu, tiga member girl group BVNDIT, yakni Songhee, Jungwoo, dan Yiyeon membawakan ulang lagu milik Marion Jola yang berjudul "Rayu". Meski di awal lagu artikulasi mereka saat menyanyikan lagu berbahasa Indonesia ini kurang jelas, mereka tetap asyik membawakannya sampai lagu selesai.

6. "Untuk Apa" dibawakan kembali oleh Sohee

Pada 20 Januari 2021, Sohee, mantan member I.B.I ini membawakan ulang lagu "Untuk Apa" dari Maudy Ayunda. Sohee membawakannya dengan begitu lancar dan menghayati setiap liriknya. Jadi ikut galau saat mendengarkannya, nih.

7. "Mungkin Hari Ini Esok atau Nanti" dibawakan kembali oleh Hae Yoon dan Yu Ju 'Cherry Bullet'

Lagu "Mungkin Hari Ini Esok atau Nanti" milik Anneth bukan hanya trending di Indonesia dan TikTok. Lagu ini pun juga menarik perhatian para idol Kpop dan membuat mereka ingin membawakan ulang. Salah satu yang membawakannya kembali adalah dua member Cherry Bullet, Hae Yoon dan Yu Ju. Dua-duanya berhasil membawakan lagu "Mungkin Hari Ini Esok atau Nanti" dengan begitu fasih.

8. "Lagi Syantik" dibawakan kembali oleh STAYC

Segmen 'World Pop Live' yang dibuat oleh agensi hiburan 1theK juga pernah menghadirkan girl group STAYC yang membawakan beberapa lagu hits dunia. Pada video yang diunggah tanggal 15 April 2021 tersebut, STAYC membawakan lagu "Lagi Syantik" milik Siti Badriah.

Selain lagu tersebut, STAYC juga membawakan kembali lagu "Celebrity" (IU), "Hawái" (Maluma), "Together" (Sia), "Treat You Better" (Shawn Mendes), "Levitating" (Dua Lipa), "Drivers License" (Olivia Rodrigo), "Churk Wi Set" (Labanoon), dan "Café e Amor" (Gusttavo Lima).

9. "To the Bone" dibawakan kembali oleh STAYC

Masih dari girl group STAYC, mereka juga pernah membawakan lagu milik Pamungkas yang berjudul "To the Bone". Meski hanya satu bait, STAYC menyanyikannya dengan begitu merdu dan hal ini mendapat pujian dari warganet.

10. "Dekat di Hati" dibawakan ulang oleh 2PM

Saat menyambangi Indonesia dalam konser yang bertajuk Go Crazy World Tour itu, 2PM sempat menghibur penggemar mereka dengan membawakan kembali lagu "Dekat di Hati" yang sebelumnya dipopulerkan oleh RAN. Penampilan mereka ini berhasil membuat para penggemar histeris, lho, Bela.

Itulah tadi daftar idol Kpop yang pernah membawakan ulang lagu Indonesia. Ada lagi yang kamu tahu? Tulis di kolom komentar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration