Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ada Kopi Indonesia, Ini 7 Kopi Termahal di Dunia

Harganya mencapai jutaan lho!

Niken Ari Prayitno

Untuk kamu yang sering bekerja lembur hingga larut malam, kehadiran kopi pasti sangat dibutuhkan sebagai teman bekerja atau untuk menjaga mata supaya nggak mengantuk. Tidak heran, kamu yang menyukai kopi pasti suka dengan kopi hitam yang pekat. Semakin pekat kopi tersebut, maka semakin tinggi pula kandungan kafein yang ada di dalamnya.

Kini, di Jakarta khususnya, kopi sudah menjadi gaya hidup. Banyak bermunculan kedai kopi yang menyajikan berbagai varian kopi dengan harga yang berbeda pula. Biasanya, berapa banyak uang yang kamu habiskan untuk membeli segelas kopi? Puluhan ribu, ratusan ribu, atau bahkan jutaan?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini daftar kopi termahal di dunia yang harus kamu tahu.

1. Starbucks Quadriginoctuple Frap Coffee - Rp662 ribu/gelas

pinterest.com

Pertama ada kopi yang dibuat dari kedai kopi ternama, Starbucks Coffee. Kopi satu ini terbilang cukup mahal dibandingkan kopi lainnya lantaran hanya diproduksi sedikit dan nggak semua gerai Starbucks memproduksinya. Selain terbatas, Starbucks Quadriginoctuple Frap Coffee ini juga dibuat dari berbagai komposisi bahan yang membuat aromanya enak. Komposisi kopi ini adalah 48 mocha frappuccino dengan es krim karamel, keping vanila, stroberi, dua pisang, bubuk protein, blues karamel, bubuk matcha, dan rempah labu. Harga satu gelas kopi ini adalah $47.30 atau setara dengan Rp662 ribu.

2. Jamaica Blue Mountain Coffee - Rp700 ribu/500 gram

pinterest.com

Kopi ini dijual mahal karena proses penanamannya yang cukup rumit. Kopi Jamaica Blue Mountain ditanam di ketinggian 1.524 meter di atas permukaan laut, tepatnya di Pegunungan Biru Jamaika yang memiliki intensitas hujan yang tinggi. Setelah masa panen, barulah kopi ini didistribusikan ke berbagai negara, termasuk Jepang. Harga kopi ini dibanderol $50 atau setara dengan Rp700 ribu per 500 gram.

3. Saint Helena Coffee - Rp1,1 juta/500 gram

pinterest.com

Sama seperti Kopi Jamaica Blue Mountain, Kopi St. Helena berharga mahal lantaran biaya produksi dan pengirimannya yang sangat tinggi. Kopi favorit Napoleon Bonaparte ini ditanam di Pulau St. Helena, sekitar 2.414 kilometer dari Pantai Barat Afrika, tepatnya di pusat Samudera Atlantik. Kopi bercita rasa karamel ini dihargai $79 atau setara dengan Rp1,1 juta per 500 gram. 

4. Kopi Luwak - Rp2,24 juta/500 gram

pinterest.com

Kopi yang berasal dari Indonesia ini termasuk kopi termahal di dunia lantaran proses pembuatannya yang cukup mahal dan memakan waktu yang lama. Kopi Luwak dibuat dari biji kopi yang sebelumnya dikonsumsi oleh luwak. Setelah melewati proses pencernaan, biji kopi tersebut diambil, dibersihkan dan diproses seperti pengolahan kopi pada umumnya. Kopi ini menjadi mahal lantaran setiap luwak mengonsumsi kopi dalam jumlah yang terbatas. Kopi ini dihargai sekitar $160 atau setara dengan Rp2,24 juta per 500 gram.

5. Hacienda La Esmeralda Coffee - Rp4,9 juta/500 gram

pinterest.com

Dalam berbagai kompetisi cita rasa kopi, Kopi Hacienda La Esmeralda selalu mengungguli para pesaingnya. Kopi yang satu ini selalu menempati posisi pertama dalam hal rasa lantaran rasanya yang kaya dan luar biasa. Ditanam di sisi gunung Panama, pohon kopi Hacienda La Esmeralda selalu berada tepat di bawah pohon jambu. Hal tersebutlah yang menjadikan kopi ini memiliki cita rasa yang berbeda. Harga untuk kopi ini sekitar $350 atau setara dengan Rp4,9 juta per 500 gram.

6. Finca El Injerto Coffee - Rp7 juta/500 gram

pinterest.com

Kopi Finca El Injerto menjadi sangat mahal lantaran hanya dibuat dari biji kopi berukuran kecil yang langka. Karena bahan baku yang langka itulah, maka persediaannya pun juga sangat terbatas. Harga dari kopi ini adalah $500 atau setara dengan Rp7 juta per 500 gram.

7. Black Ivory Coffee - Rp7 juta/500 gram

pinterest.com

Kopi Black Ivory mengalami proses pembuatan yang mirip dengan kopi luwak. Bedanya, kopi black ivory dikonsumsi oleh gajah Thailand. Melewati saluran pencernaan dan diproses oleh asam lambung gajah, kopi satu ini harus melewati proses yang cukup lama sampai akhirnya dikeluarkan oleh gajah dan dibuat sebagai minuman. Harga dari kopi ini adalah $500 atau setara dengan Rp7 juta per 500 gram.

Dari beberapa daftar kopi termahal di atas, yang mana nih yang mau kamu coba, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration