Sebagian orang menjadikan kopi sebagai minuman favorit setiap pagi atau malam untuk menemani ketika begadang bahkan bekerja. Kamu termasuk pecinta kopi bukan? Banyak yang bilang bahwa meminum kopi yang berlebihan itu tidak baik, apalagi saat perut kamu sedang kosong. Tapi nggak selamanya tidak sehat kok, jika diminum dengan takaran yang  pas, kopi memiliki banyak manfaat lho! Wah apa saja ya kira-kira manfaat kopi untuk kesehatan? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

1. Mencegah penyakit diabetes

Baik untuk Tubuh, Ini 9 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Newsbook.com

Manfaat kopi untuk kesehatan yang pertama yaitu dapat mencegah penyakit diabetes. Umumnya penyakit diabetes terjadi ketika pola makan dan pola hidup tidak baik. Hormon insulin pada tubuh juga kurang banyak sehingga tidak bisa mengikat dan mengatur kadar gula di dalam darah. Meminum kopi secara rutin dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam darah. Tipsnya, jangan menggunakan terlalu banyak gula dalam kopimu ya.

2. Mengurangi depresi

Baik untuk Tubuh, Ini 9 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Vision.org

Jika kamu merasakan stres atau depresi sebab pekerjaan atau masalah di rumah, solusinya kamu bisa meminum kopi untuk mengobati perasaan gelisah tersebut. Setelah kamu meminum kopi pada pagi hari atau malam, kamu akan lebih merasakan rileks dan bahagia bahkan bisa bikin semangat untuk melakukan aktivitas lainnya.

3. Mencegah risiko terkena kanker kulit

Baik untuk Tubuh, Ini 9 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Newscientist.com

Kopi nggak hanya untuk menghilangkan rasa ngantuk dan mengurangi depresi atau stres tetapi manfaat kopi untuk kesehatan ternyata bisa juga membantu pengencangan pada kulit dan mengurangi risiko terkena kanker kulit.

4. Meredakan sakit kepala

Baik untuk Tubuh, Ini 9 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan rd.com

Kamu pernah nggak merasakan sakit kepala tiba-tiba di kala kamu mengerjakan tugas yang harus dikumpulkan hari itu? Salah satu cara yang mudah kamu bisa meminum kopi hitam secukupnya. Dijamin aman dan menghilangkan sakit kepala kamu dalam sekejap. Jadi kamu nggak perlu lagi deh repot-repot untuk mencari obat pereda sakit kepala. Hebat juga ya manfaat kopi untuk kesehatan yang satu ini!

5. Mencegah penyakit stroke

Baik untuk Tubuh, Ini 9 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan labroots.com

Manfaat kopi untuk kesehatan lainnya adalah dapat mencegah penyakit stroke. Ada penelitian yang menyatakan bahwa seseorang yang rutin meminum kopi setiap hari, 20% akan lebih jarang terserang penyakit stroke.

6. Mengatasi wajah kusam

Baik untuk Tubuh, Ini 9 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Verywellhealth.com

Kopi bukan hanya membuat tubuh sehat saja, namun bisa bikin wajah cerah dan bersinar. Tapi, caranya bukan meminum kopi ya! melainkan, kamu bisa jadikan kopi sebagai masker, sebab kandungan antioksidan pada kopi sangat ampuh membuat kulit lebih putih secara alami. 

7. Mengatasi bekas jerawat

Baik untuk Tubuh, Ini 9 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan refinery29.com

Bermasalah dengan bekas jerawat di wajah? Solusinya gampang nih Bela, kamu bisa menggunakan racikan masker kopi di rumah, oleskan saja pada bagian ada bekas jerawat ya. Percaya deh, kulit kamu akan kembali sehat dan halus!

8. Meningkatkan stamina pada tubuh

Baik untuk Tubuh, Ini 9 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan YouTube.com

Pernah nggak kamu meminum kopi saat mengantuk dan tiba-tiba merasakan semangat bahkan bikin mata melek lagi? Nah hal tersebut karena kafein yang terkadang dalam kopi membuat tubuh memilki energi lebih. 

9. Mengurangi risiko penyakit otak dan saraf

Baik untuk Tubuh, Ini 9 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Medicalnewstoday.com

Seiring bertambahnya usia, fungsi otak biasanya semakin menurun bahkan bisa terkena penyakit seperti salah satunya demensia dan Alzheimer yang menyebabkan daya ingat dan kemampuan berpikir akan buruk serta mempengaruhi perubahan perilaku dalam kegiatan sehari-hari. Untuk mengurangi risiko tersebut, kamu bisa meminum kopi sebab kandungan atioksidan dan senyawa antiradang pada kopi akan mencegah peradangan sel-sel otak. 

Baca Juga: Nggak Cuma untuk Diminum, Ini Manfaat Masker Kopi dan Cara Membuatnya