Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Meninggal Dunia, ini 10 Film & Serial Terbaik Lee Sun Kyun

Kamu tahu Lee Sun Kyun dari perannya yang mana?

Niken Ari Prayitno

Kabar mengejutkan datang dari aktor korea Selatan, Lee Sun Kyun. Aktor berusia 48 tahun itu ditemukan meninggal dunia di dalam sebuah mobil setelah sebelumnya ia dilaporkan hilang oleh istrinya, Jeon Hye Jin. 

Banyak spekulasi beredar jika Lee Sun Kyun meninggal dunia karena bunuh diri. Sebab, sebelum pergi meninggalkan rumah, ia meninggalkan pesan yang diduga sebagai surat bunuh diri. Kini, kasus ini masih ditangani oleh kepolisian setempat.

Lee Sun Kyun saat ini juga tengah berhadapan dengan kasus hukum, yakni penyalahgunaan narkoba. Kasus tersebut tak hanya menyeret namanya, tapi juga menyeret nama G-Dragon dan hingga kini proses penyelidikan masih berjalan.

Terlepas dari kasus yang pernah mencoreng namanya, Lee Sun Kyun dikenal sebagai aktor yang begitu berbakat. Serial dan film yang dibintanginya tak jarang menyabet beragam penghargaan. Bahkan, salah satu film yang dibintanginya, Parasite, menjadi begitu fenomenal hingga meraih piala Oscar di tahun 2020 lalu.

Lalu, apa saja film dan serial terbaik yang pernah dibintangi Lee Sun Kyun? Berikut daftarnya. 

1. Sleep (2023)

IMDb.com

Hyeon-soo (Lee Sun Kyun) dan Soo-jin (Jung Yu-mi )adalah pasangan yang baru menikah. Suatu malam, Soo-jin menemukan bahwa Hyeon-soo sering tidur sambil berjalan, dengan perilaku aneh yang tidak biasa baginya.

Setiap kali malam tiba, Soo-jin menjadi gelisah, takut bahwa suaminya akan membahayakan bayi mereka yang baru lahir. Ia juga menyadari bahwa suaminya menjadi sosok yang berbeda saat tertidur. Apakah itu benar suaminya, atau ada orang lain di rumah mereka?

Film ini pertama kali rilis pada bulan Mei bertepatan dengan Cannes Film Festival. Sleep mendapat banyak pujian dan bahkan masuk ke dalam nominasi Critics' Week Grand Prix dan Caméra d'Or di Cannes Film Festival 2023. 

2. Kingmaker (2022)

IMDb.com

Film ini didasarkan pada kisah kerja sama antara Kim Woon-beom (Sol Kyung Gu), yang kemudian menjadi Presiden Korea Selatan kedelapan, dan ahli strategi politiknya, Seo Chang-dae (Lee Sun Kyun), selama kariernya di dunia politik. Seo Chang-dae adalah seorang ahli strategi politik yang mengutamakan kemenangan di atas segalanya, sementara Kim Woon-beom adalah seorang politikus yang bercita-cita menjadi presiden agar bisa mengubah negara menjadi lebih baik.

Film ini membongkar bagaimana politik kotor masih berlaku di berbagai negara. Terutama untuk memuaskan kekuasaan akan suatu wilayah. 

Berkat penampilan apiknya, Lee Sun Kyun bersama Sol Kyung Gu sama-sama masuk ke dalam nominasi Best Actor dalam ajang 58th Baeksang Arts Awards 2023. Saat itu, hanya Sol Kyung Gu yang berhasil membawa pulang predikat Best Actor.

3. Mr. Zoo: The Missing VIP (2020)

IMDb.com

Setelah kepalanya terluka dalam suatu kecelakaan, agen keamanan nasional (NIS) Joo Tae-joo (Lee Sung Min) tiba-tiba dapat berbicara dengan binatang. Dia bertemu dengan seorang gembala Jerman yang mungkin bisa membantunya dalam kasusnya saat ini.

Kecelakaan terjadi saat menjaga panda VIP 'Ming-Ming' yang datang sebagai utusan khusus dari Tiongkok. Dalam kecelakaan itu, Tae-Joo melukai kepalanya dan VIP tersebut menghilang. Untungnya, Tae-Joo baik-baik saja, namun dia mengalami gejala aneh. Saat itulah suara binatang yang sangat dibencinya mulai terdengar.

Hewan peliharaan yang dipajang di supermarket, ikan di akuarium kantor Badan Intelijen Nasional, dan suara segala jenis binatang terdengar, dan kebingungan akan segera terjadi ketika dia bertemu Ali (Shin Ha Kyun), seekor anjing militer pengembara. Tae-Joo mengetahui bahwa Ali mempunyai petunjuk mengenai kasus tersebut, dan akhirnya menggunakan gejala anehnya untuk melakukan penyelidikan bersama dengan Ali.

Dalam serial ini, Lee Sun Kyun mengisi suara untuk karakter Kambing Hitam yang ditemui oleh Tae Joo. Peran ini cukup unik karena ini adalah kedua kalinya Lee Sun Kyun menjadi seorang dubber setelah sebelumnya mengisi suara untuk sosok kencan buta Nari dalam serial Don't Dare to Dream (2016).

4. Parasite (2019)

IMDb.com

Tentu kalau film ini banyak sudah familiar. Parasite begitu fenomenal karena film Korea Selatan pertama yang menyabet penghargaan Best Pictures di Oscar 2020.

Film ini berkisah tentang Keluarga Kim yang miskin dan mendapat kesempatan untuk bekerja di Keluarga Park yang kaya. Karena melihat Keluarga Park begitu kaya, Kim Ki Woo alias Kevin yang lebih dulu bekerja sebagai guru bahasa Inggris, mengajak keluarganya untuk bekerja di sana juga.

Alih-alih bekerja dengan baik, Keluarga Kim malah menjadi benalu bagi Keluarga Park dan memanfaatkan kelemahan keluarga tersebut untuk kepentingan pribadinya.

Dalam film ini Lee Sun Kyun berperan sebagai Park Dong-ik, kepala Keluarga Park. Penampilannya di sini cukup meraup atensi dan mendapat pujian karena berhasil membuat penonton ikutan kesal karena sikapnya.

5. Payback (2023)

IMDb.com

Dikenal dengan sebutan Baepjjeon atau Law Money, drama ini menampilkan sejumlah bintang terkenal, termasuk Lee Sun Kyun, Park Hoon, Kang Yoo Seok, dan Moon Chae Won.

Secara umum, sinopsis dari drama Payback berkisah tentang aksi balas dendam, khususnya perjuangan beberapa orang melawan kartel uang.

Serial ini mengikuti kisah orang-orang yang mempertaruhkan segalanya untuk melawan kartel uang yang berkolusi dengan hukum. Mereka menolak untuk berdiam diri di hadapan kekuasaan yang tidak kompeten dan tidak adil, dan berjuang dengan penuh semangat dengan cara mereka sendiri.

6. My Mister (2018)

Asianwiki.com

My Mister bercerita tentang seorang perempuan muda (IU) miskin dan terlilit utang yang berjuang untuk tetap bertahan saat dia merawat neneknya yang tuli dan sakit, serta melakukan pekerjaan sementara. Dia mengembangkan ikatan yang tidak terduga dengan salah satu supervisornya yang sama menyedihkannya (Lee Sun Kyun), yang menjadi sasaran pengawasan dan manipulasi oleh kolega, teman, dan keluarga yang tidak berfungsi.

Menahan beban hidup masing-masing, mereka berkumpul, membentuk hubungan baru, merahasiakan sebagian dari diri mereka. Namun, pada akhirnya menyembuhkan luka masa lalu satu sama lain.

7. Golden Time (2012)

IMDb.com

Setelah menghabiskan dua tahun mengajar di sebuah negara, Lee Min-woo (Lee Sun Kyun) kembali ke rumah sakit kota untuk menyelesaikan program residensinya dan menghadapi ketidakpastiannya sendiri sebagai seorang dokter. Berjiwa bebas dan konyol, dia bosan dengan pekerjaannya dan hanya menginginkannya hal-hal yang mudah dikerjakan.

Dia kemudian tersentak karena sikap apatisnya ketika sebuah kejadian traumatis memaksanya memikirkan kembali alasan dia ingin menjadi dokter. Kang Jae-in (Hwang Jung Eum) seorang kenalannya yang berasal dari keluarga kaya yang memiliki rumah sakit, memiliki sifat yang mulia. Yakni, dia hanya ingin menjadi dokter yang dapat menghidupi dirinya sendiri dan membantu orang lain.

Baik Min-woo dan Jae-in bekerja di UGD di bawah bimbingan Choi In-hyuk (Lee Sung Min), seorang ahli bedah gila kerja yang terkenal dan mengutamakan pasiennya sebelum dirinya sendiri. Akankah keduanya bertahan?

8. Pasta (2010)

IMDb.com

Seo Yoo-kyung (Gong Hyo Jin) memulai kariernya sebagai asisten dapur di restoran La Sfera selama 3 tahun. Impiannya adalah menjadi koki masakan Italia. Dia akhirnya berusaha menjadi koki. Suatu hari, restoran La Sfera baru saja mempekerjakan Choi Hyun-wook (Lee Sun Kyun), seorang koki yang bersekolah di sekolah kuliner di Italia.

Setibanya di sana, para koki perempuan dipecat satu per satu dan Yoo Kyung mendapati dirinya menjadi koki perempuan terakhir yang bertahan. Dia dipecat beberapa kali tetapi menemukan cara untuk dipekerjakan kembali oleh Choi Hyun-wook. Akhirnya dia dipekerjakan kembali secara permanen ketika dia memenangkan kontes blind taste.

Presiden yang baru direkrut, Kim San (Alex Chu) mempekerjakan temannya dan koki selebriti Sae-young (Lee Hanee) sebagai co-head chef untuk bekerja dengan Hyun-wook. Ternyata Sae-young dan Hyun-wook pernah berkencan saat sama-sama belajar di sekolah kuliner Italia. Namun, mereka putus setelah Sae-young menyabotase anggurnya dengan merebusnya untuk memenangkan kontes memasak.

Mereka berubah menjadi rival dan berusaha mengalahkan satu sama lain dalam membuat masakan Italia terbaik. Bekerja bersama dua koki selebriti, Yoo Kyung merasa kecil dan tidak berarti. Dia secara bertahap mengembangkan perasaan terhadap Hyun-wook yang karismatik. Namun, pemilik restoran Kim San mulai tertarik pada Yoo Kyung yang gagah dan hubungan di antara mereka menjadi penuh dengan kerumitan. Bagaimana kelanjutan kerumitan hubungan ini?

9. Coffee Prince (2007)

Pinterest.com

Choi Han-gyeol (Gong Yoo) adalah cucu dari ketua Bang (Kim Young-ok) dari Dong-in Foods, sebuah perusahaan yang memiliki bisnis kopi yang berkembang pesat. Ia tidak pernah mempunyai pekerjaan dan tidak peduli dengan tanggung jawab. Han-gyeol terpaku pada cinta pertamanya, Han Yoo-joo (Chae Jung-an), yang hanya melihatnya sebagai teman. Go Eun-chan (Yoon Eun-hye) adalah seorang perempuan tomboi berusia 24 tahun yang sering disangka laki-laki. Ayahnya meninggal ketika dia berusia 16 tahun dan sejak itu dia mengambil alih sebagai pencari nafkah di keluarganya.

Ketika Han-gyeol dan Eun-chan bertemu, dia, tanpa mengetahui bahwa dia adalah seorang perempuan, memutuskan untuk mempekerjakannya untuk berpura-pura menjadi kekasih gaynya sehingga dia dapat lolos dari kencan buta yang diatur oleh neneknya.

Setelah mendapat ultimatum dari neneknya, Han-gyeol mengambil alih sebuah kedai kopi tua yang kumuh, yang kemudian berganti nama menjadi "Coffee Prince," untuk membuktikan bahwa dia mampu, baik kepada neneknya maupun kepada Yoo-joo. Untuk menarik pelanggan wanita, dia hanya mempekerjakan karyawan pria yang tampan. Eun-chan, yang sangat membutuhkan uang, terus menyembunyikan jenis kelaminnya untuk mendapatkan pekerjaan di Coffee Prince.

10. White Tower (2007)

Dok. Internet

Cemerlang dan ambisius, asisten profesor Jang Joon-hyuk (Kim Myung Min) adalah bintang yang sedang naik daun di departemen bedah Rumah Sakit Universitas Myeongin. Pengetahuan dan keahliannya tidak dapat disangkal, namun kepercayaan dirinya yang angkuh dan kepribadiannya yang dingin telah membuatnya mendapatkan banyak musuh, termasuk kepala departemen.

Sementara dorongan Jang berasal dari keinginan untuk sukses dan maju, rekan dokter Choi Do-young (Lee Sun Kyun) berkomitmen terhadap kesejahteraan pasiennya, yang menyebabkan seringnya bentrokan dengan praktik dan personel di rumah sakit. Dengan pensiunnya kepala departemen bedah, Jang tampaknya menjadi penerus yang jelas sampai saingan baru muncul dalam bentuk Noh Min-guk (Cha In Pyo), yang mendapat dukungan dari kepala departemen. Jang, bagaimanapun, bertekad untuk menang dengan segala cara.

Itulah tadi daftar film dan serial terbaik Lee Sun Kyun. Selamat jalan Lee Sun Kyun, karyamu akan abadi.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration