Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Film Bollywood yang Rilis di Tahun 2022, Patut Ditunggu, Nih!

Beragam genre, siap temani kamu sepanjang tahun

Niken Ari Prayitno

Selain Korea Selatan, India juga dikenal dengan industri hiburannya yang cukup maju. Melalui film dan serial Bollywood, hasil karya mereka disukai dan diterima dengan mudah di berbagai dunia, termasuk di Indonesia.

Tahun ini, ada sederet film Bollywood yang akan rilis dan patut ditunggu. Mulai dari film bertema kolosal khas India, hingga film modern dengan kisah romansa yang ringan siap menemani kamu di tahun 2022 ini. 

Apa saja deretan film Bollywood yang akan tayang di tahun 2022? Simak daftarnya berikut ini.

1. Prithviraj

Mengangkat sejarah First Battle Of Tarain yang terjadi di India pada tahun 1911,Prithviraj mengisahkan tentang biografi sang prajurit legendaris Prithviraj Chauhan (Akshay Kumar). Film bertema kolosal ini juga akan menghadirkan sisi lain Prithviraj dalam persiapannya sebelum memimpi perang First Battle Of Tarain.

Disutradarai oleh Dr. Chandraprakash Dwivedi, Prithviraj juga dibintangi oleh Sanjay Dutt dan Sonu Sood, serta menjadi debut Manushi Chhillar, Miss World 2017 di dunia hiburan. Diperkirakan film ini akan tayang pada 1 April 2022 mendatang.

2. Attack

Ber-genre actionAttack juga diangkat dari kisah nyata. Yakni, kisah Indian Airlines Penerbangan 814 yang dibajak oleh sekelompok orang tak bertanggung jawab dalam perjalanannya dari Bandara Internasional Tribhuvan di Kathmandu, Nepal, ke Bandara Internasional Indira Gandhi di Delhi, India pada 24 Desember 1999.

Attack akan berkisah tentang misi penyelamatan pesawat dari para pembajak. Dibintangi oleh Jacqueline Fernandez dan Rakul Preet Singh, Attack akan tayang pada kuarter pertama tahun 2022.

3. Gangubai Kathiawadi

Tahun ini, Bollywood banyak mengangkat kisah tokoh atau kejadian nyata dalam film layar lebar mereka. Salah satu yang paling ditunggu adalah Gangubai Kathiawadi yang dijadwalkan rilis pada 25 Februari 2022.

Gangubai Kathiawadi mengangkat kisah nyata tokoh mafia perempuan asal Gujarat, India, Gangubai Harjivandas atau yang lebih dikenal dengan nama Gangubai Kathiawadi (diperankan oleh Alia Bhatt). Perempuan yang lahir pada tahun 1939 ini awalnya ingin sekali menjadi seorang aktris. Namun, nasib malah membawanya menjadi seorang pekerja seks di sebuah rumah bordil saat usianya masih 16 tahun.

Gangubai tak ingin perempuan lain bernasib sama dengan dirinya. Maka dari itu, saat usianya lebih dewasa, Gangubai memiliki rumah bordilnya sendiri. Namun, ia tak pernah menahan gadis muda untuk terus bekerja di sana jika memang ia mendapatkan kesempatan yang lebih baik.

Gangubai akhirnya menjadi tokoh yang berani bersuara agar perempuan mendapatkan hak pendidikan dan pekerjaan yang sama dengan laki-laki.

4. Bachchan Pandey

Apa jadinya, jika seorang jurnalis harus membuat sebuah dokumenter tentang preman paling kejam yang haus darah? Apakah ia tetap akan mengerjakan tugas itu, meski nyawa menjadi taruhannya? Atau memilih untuk mengabaikannya saja?

Tapi, bagi Myra Devekar (Kriti Sanon) ini adalah kesempatannya untuk memiliki portofolio bagus. Dibantu oleh Vishu (Arshad Warsi), Myra akhirnya berhasil menemukan preman paling kejam di abad ini, Bachchhan Paandey (Akshay Kumar).

Mengisahkan tentang penjahat dan preman paling kejam, Bachchhan Paandey hadir dengan bumbu komedi yang akan mengemas adegan sadis menjadi penuh canda tawa. Film ini dikabarkan akan tayang pada 18 Maret 2022 mendatang.

5. Gehraiyaan

Perselingkuhan menjadi benang merah dari film Gehraiyaan. Isu percintaan yang pelik, ditambah dengan masalah pekerjaan yang kian membuat rumit, menjadikan Gehraiyaan film yang layak ditonton jika kamu menyukai genre drama.

Gehraiyaan berkisah tentang Alisha Khanna (Deepika Padukone), seorang instruktur yoga yang sedang bekerja keras membuat aplikasi. Hidup Alisha kian berat, lantaran pacarnya, Karan Arora (Dhairya Karwa), belum juga mendapat pekerjaan karena tulisannya selalu ditolak oleh penerbit.

Di tengah rumitnya masalah hidup, Alisha diundang ke sebuah rumah mewah di tepi pantai oleh sepupunya, Tia Khanna (Ananya Panday) yang baru saja bertunangan dengan Zain Oberoi (Siddhant Chaturvedi). Alisha dan Zain langsung akrab karena mereka memiliki masa lalu yang sama.

Tanpa disangka, keakraban mereka justru menjurus ke arah hubungan terlarang. Zain jadi sering menemui Alisha dan mereka melakukan hal yang seharusnya tak mereka lakukan. Masalah semakin bertambah rumit saat Alisha memutuskan hubungan dengan Karan dan mengetahui bahwa dirinya hamil.

Gehraiyaan hadir di streaming platform Prime Video dan sudah tayang sejak akhir 11 Februari 2022 lalu. 

6. Badhaai Do

Badhaai Do diperkirakan akan menuai kontroversi yang cukup besar lantaran mengangkat tema LGBTQ. Tokoh utamanya, Suman Singh (Bhumi Pednekar) dan Shardul Thakur (Rajkummar Rao) merupakan lesbian dan gay yang terpaksa menikahi satu sama lain hanya demi menghindari tuntutan dari keluarga masing-masing.

Suman sebenarnya sudah memiliki pasangan yang bertemu dengannya di aplikasi kencan lesbian bernama Rimjhim Jongkey (Chum Darang). Demi menutupi hal ini, Suman mengajak Rimjhim di bulan madunya bersama Shardul dan mengatakan kepada semua orang kalau Rimjhim adalah sepupunya. 

Bagaimana kehidupan Suman setelah berpura-pura menikah dengan Shardul? Apakah hubungannya dengan Rimjhim akan berjalan seperti yang ia harapkan? Kamu bisa menyaksikan Badhaai Do yang tayang pada 11 Februari 2022.

7. Jersey

Jersey awalnya direncanakan rilis pada 31 Desember 2021. Namun, lantaran kasus COVID-19 yang tinggi di India, perilisan film ini kemudian diundur dan direncanakan tayang pada 14 April 2022 mendatang. 

Film besutan sutradara Gowtam Tinnanuri ini berkisah tentang mantan atlet kriket, Arjun Talwar (Shahid Kapoor). Semenjak tak lagi bermain kriket, kehidupan Arjun berubah drastis. Ia hidup dalam keadaan miskin, tak punya pekerjaan, dan harus menghidupi seorang anak. Selama ini, Arjun hidup dari gaji istrinya karena ia satu-satunya yang bekerja di keluarga mereka.

Suatu hari, Karan Talwar (Ronit Kamra), anak Arjun ingin sekali dibelikan jersey agar semakin semangat berlatih kriket di sekolah. Arjun pun menjanjikannya dan melakukan apapun untuk mewujudkan janjinya itu. Termasuk, mencuri uang.

8. The Kashmir Files

Peristiwa Exodus of Kashmiri Hindus di tahun 1990 menjadi latar cerita yang mengilhami film The Kashmir Files. Pada tahun tersebut, Kashmir menjadi daerah sengketa yang diperebutkan oleh India dan Pakistan. Masing-masing negara ingin mengklaim daerah tersebut, hingga tak peduli berapa juta jiwa menjadi korbannya.

Dalam film yang disutradarai oleh Vivek Agnihotri ini, kita akan melihat kembali sejarah dari salah satu peristiwa genosida paling besar di India. The Kashmir File dibintangi oleh sederet bintang papan atas Bollywood, seperti Mithun Chakraborty, Anupam Kher, Darshan Kumar, Pallavi Joshi dan Chinmay Mandlekar.

9. Love Hostel

Karena cinta, Ashu (Vikrant Massey) dan Jyoti (Sanya Malhotra) rela menentang keluarga mereka sendiri. Cinta Ashu dan Jyoti terhalang restu keluarga karena perbedaan agama. Mereka pun memutuskan kawin lari dan pergi meninggalkan keluarga masing-masing. 

Awalnya, kehidupan mereka sangat bahagia. Namun, keputusan ini membuat mereka berada dalam bahaya. Keluarga mereka menyewa tentara bayaran yang sangat kejam untuk mencari mereka demi 'memperbaiki' hubungan keluarga yang sempat berantakan karena cinta sepasang kekasih itu. Berhasilkah mereka melarikan diri dari tentara tersebut dan tetap mempertahankan cinta mereka?

10. A Thursday

Film India yang rilis di tahun 2022 ini bisa kamu nikmati di aplikasi streaming platform Disney+ Hotstar mulai bulan Februari. Mengambil genre action yang menegangkan, kamu akan menyaksikan bagaimana seorang guru taman kanak-kanak dengan wajah polos menyandera anak-anak satu sekolah yang tak berdosa.

Hari itu, sekolah berjalan seperti biasa. Anak-anak datang ke sekolah diantar oleh orangtua mereka, kemudian ditinggal untuk belajar dan akan dijemput saat pulang sekolah. Namun, setelah semua pengantar pergi, Naina (Yami Gautam), seorang guru di sekolah itu kemudian mengunci sekolah dari dalam dengan seluruh anak-anak bersamanya.

Ia pun kemudian menelepon pihak kepolisian dengan nada ancaman. Memiliki senjata yang siap ditembakan kapan pun, Naina mulai mengajukan permintaan. Polisi dan pihak yang bersangkutan harus memenuhinya. Jika tidak, anak-anak akan menjadi sasaran tembaknya dimulai dari daftar absen berdasarkan abjad.

Itulah tadi daftar film Bollywood yang sudah dan akan rilis di tahun 2022 ini. Kamu menunggu yang mana saja, nih?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration