Selain Hollywood, Bollywood juga memiliki peminat, bahkan hingga pelosok kota di berbagai negara. Selain alur cerita yang menyentuh, ditambah lagi tariannya yang cukup ikonik pada setiap filmnya, membuat kita betah untuk menontonnya hingga selesai. 

Sudah pasti menarik untuk diikuti, beberapa film Bollywood pun mendapatkan penghargaan di ajang perfilman dunia. Berikut ini ada 10 daftar film India terbaik sepanjang masa yang layak kamu tonton ulang.

1. 3 Idiots (2009)

https://www.youtube.com/embed/xvszmNXdM4w

Film 3 Idiots dapat dikatakan sebagai film tersukses Bollywood di dunia. Di negaranya sendiri, film ini berhasil mendapatkan pendapatan terbanyak kedua sepanjang masa. Di Indonesia, film ini juga sangat merajai dan fenomenal di tahun 2009. 

Film besutan sutradara Rajkumar Hirani dan dibintangi oleh Aamir Khan ini, bercerita tentang kehidupan tiga mahasiswa dalam mengarungi kehidupan pendidikan yang salah. Walau ber-genre komedi, film ini juga berhasil membuat terharu di beberapa bagian cerita. Wajib tonton kalau belum pernah menyaksikan film ini!

2. Kuch Kuch Hotta Hai (1998)

https://www.youtube.com/embed/83rVJ-rRPns

Kuch Kuch Hotta Hai menjadi salah satu film yang sudah sangat sering ditayangkan di televisi indonesia. Film yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan dan Kajol ini punya alur yang menyayat hati. Kuch Kuch Hota Hai juga mendapatkan berbagai penghargaan, salah satunya di ajang Film Fare Awards. Film debutan karya sutradara Karen Johar yang rilis tahun 1998 ini juga terkesan lebih modern, berwarna dan dinamis pada masanya.

Kuch Kuch Hota Hai nggak hanya syuting di India, melainkan mengambil lokasi di Mauriituis dan Skotlandia. Tidak hanya cerita, namun lagu dalam film ini juga sangat membekas di hati para penontonnya. Kamu pasti ingat juga, deh.

3. Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995)

https://www.youtube.com/embed/cmax1C1p660

Film produksi tahun 1995 ini juga dibintangi oleh Shah Rukh Khan dan Kajol. Chemistry dari keduanya sangat terlihat natural seolah mereka pasangan sebenarnya di dunia nyata.

Dilwale Dulhania Le Jayenge mengubah pola dari gaya perfilman India. Film karya Aditya Chopra ini juga berhasil membawa pulang Best Movie di Film Fare Awards dan masuk dalam daftar 1001 Movies You Must See Before You Die versi situs film IMDB.com. Lagunya pun menjadi hits di India pada masanya.

4. Rang De Basanti (2006)

https://www.youtube.com/embed/QHhnhqxB4E8

Rang De Basanti menjadi salah satu film yang juga meraih Film Fare Awards. Oleh para kritikus film, Rang De Basanti mendapatkan sambutan yang hangat. Film ini dianggap sebagai film yang punya nilai produksi tinggi dan naskah kuat, serta dialog yang baik.

Walaupun dalam pengerjaannya juga mendapatkan beberapa kontroversi terkait penggunaan pesawat tempur MiG-21 dan kuda balap yang dilarang di India, tapi film ini tetap mendapatkan antusias dari penonton. Sehingga meraih pendapatan tertinggi pada minggu pertama penayangannya.

Film ini bercerita tentang sineas Inggris yang ingin membuat film dokumenter tentang pemberontakan di India, berdasarkan buku harian milik ayahnya.

5. Taare Zameen Par (2007)

https://www.youtube.com/embed/tn_2Ie_jtX8

Taare Zameen Par menjadi karya Aamir Khan dan juga dibintangi sendiri oleh dirinya. Film produksi tahun 2007 ini berkisah tentang seorang anak dengan disleksia, yang penuh imajinasi hingga dirinya dikucilkan oleh teman-temannya.

Film ini membawa banyak kejutan bagi perfilman India. Taare Zameen Par menjadi film pertama yang didistribusikan oleh perusahaan Amerika. Taare Zameen Par juga menjadi film India pertama yang menggunakan teknik clay-animation. Sehingga, tak heran kalau film ini mendapat penghargaan Best Movie dalam ajang Film Fare Awards.

6. Koi... Mil Gaya (2003)

https://www.youtube.com/embed/IBpZH-CFgZ0

Koi... Mil Gaya merupakan film fiksi ilmiah yang melegenda. Film ini bercerita tentang hubungan anak laki-laki dengan sosok alien. Di film ini juga masih mempertanyakan soal keberadaan alien yang juga dilakukan oleh hampir banyak orang di seluruh dunia. Koi... Mil Gaya sangat diterima di India dan mendapatkan banyak penghargaan. 

7. Dangal (2016)

https://www.youtube.com/embed/x_7YlGv9u1g

Dangal menceritakan tentang biografi seorang atlet gulat. Film yang diutradarai oleh Nitesh Tiwari ini bekerja sama dengan Walt Disney dan sukes meraih penghargaan di tahun 2017.

Dangal mengisahkan tentang pegulat amatir bernama Mahavir Singh Phogat, yang diperankan oleh Aamir Khan. Mahavir Singh Phogat melatih putrinya, Geeta Phogat dan Babita Kumari untuk menjadi pegulat perempuan kelas dunia pertama di India.

8. Andhadhun (2018)

https://www.youtube.com/embed/2iVYI99VGaw

Andhadhun juga berhasil menjadi film box office tahun 2018. Film ini memiliki genre yang tak biasa bagi kultur film India, yaitu komedi gelap. Film yang disutradarai oleh Sriram Raghavan ini menceritakan seorang pemain piano tunanetra yang tidak sengaja terlibat pembunuhan seorang aktor film.

Sejak perilisannya di tanggal 5 Oktober 2018, Andhadhun berhasil raup keuntungan hingga Rp200 miliar. Film ini dibintangi oleh Ayushmann Khurrana, Tabu dan Radhika Apte. Andhadhun juga jadi salah satu film terlaris sepanjang masa.

9. Lagaan (2001)

https://www.youtube.com/embed/rZPbpymefuE

Lagaan menjadi film ketiga yang masuk nominasi Academy Awards kategori Best Foreign Language. Film yang dibintangi Aamir Khan dan juga disutradari oleh Ashutosh Gowariker ini, memiliki cerita tentang perjuangan rakyat kecil melawan kekuasaan asing yang semena-mena menaikkan pajak dengan tinggi.

Banyak media internasional yang menjadikan Lagaan sebagai salah satu film terbaik. Hal ini membuat Lagaan semakin dikenal dunia.

10. Newton (2018)

https://www.youtube.com/embed/yU6zMPFd4UU

Film yang baru tayang pada 2018 kemarin ini berhasil mendapatkan banyak penghargaan. Pertama, yaitu masuk sebagai nominasi Best Foreign Language Film di Academy Awards 2018, lalu penghargaan dari Critics Best Film 2018.

Film ini mengisahkan tentang Newton (diperankan oleh Rajkummar Rao) yang ditugaskan untuk pemilu di sebuah daerah konflik. Ketika di sana, Newton dipusingkan oleh sebuah pertikaian oleh pemberontakan komunis. Pihak komunis tidak ingin ada pemilu. Namun, Newton bersikeras demi tugasnya sebagai pegawai pemerintah.

Itulah tadi deretan film India terbaik yang harus kamu tonton. Semoga bisa menjadi rekomendasi kamu, ya.

Baca Juga: 7 Film Keluarga Terbaik yang Siap Menemani di Akhir Pekan

Baca Juga: Ada Dian Sastro, Ini 7 Film Kolosal Terbaik Sepanjang Masa

Baca Juga: 10 Film Dewasa Netflix yang Tersisip Adegan Panas, Sudah Nonton?