Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Game Ini Bisa Kamu Mainkan Saat Server Game Among Us Down

Punya konsep serupa tapi nggak kalah seru!

Niken Ari Prayitno

Beberapa minggu belakangan, game Among Us menjadi sangat populer dimainkan dan menjadi trending topic di Twitter. Padahal, Among Us sendiri sudah rilis sejak tahun 2018 lalu. Namun, game ini baru naik daun di masa pandemi saat ini.

Karena begitu populer dan banyak orang yang memainkan Among Us, belakangan server dari game tersebut dilaporkan sering mengalami down. Sebal karena nggak bisa memainkan Among Us, gara-gara server yang down? Kamu bisa memainkan game serupa berikut ini yang nggak kalah seru dengan Among Us. Apa saja?

1. Garry’s Mod

apkpure.com

Garry’s Mod memiliki konsep dan benang merah yang sama dengan Among Us. Kamu harus mencari seorang pengkhianat di antara teman-temanmu agar mereka yang tak bersalah tidak terbunuh. Dalam game ini, pemain akan dibagi menjadi tiga peran, yakni Innocent (warga tak bersalah), Detective (detektif) dan Traitor (pengkhianat).

Serunya, dalam game ini kamu bisa memilih lokasi dan peta mana pun yang ingin kamu selesaikan misinya. Jika sudah, kamu hanya perlu mencari tahu siapa Traitor yang ada di antara teman-temanmu. Permainan selesai jika semua warga mati dan pengkhianat menang, semua pengkhianat tereliminasi dan warga menang, atau waktu habis sebelum misi selesai. Jika waktu habis sebelum misi selesai, maka permainan dianggap seri.

2. Deceit

steampowered.com

Rilis pada tahun 2017, Deceit juga nggak kalah seru dibandingkan Among Us. Dalam game ini, semua pemain memulainya sebagai Innocent (warga tak bersalah). Namun, seiring dengan berjalannya permainan, Innocent bisa saja terinfeksi virus. Jika sudah terinfeksi, misi sang pemain pun berubah.

Saat belum terinfeksi, Innocent memiliki misi harus melewati tiga zona berbeda untuk mencapai tempat yang aman. Namun, saat ia terinfeksi, misinya berubah, yakni harus menginfeksi Innocent lain sebanyak-banyaknya. Mirip serangan zombie, gitu deh.

3. Barotrauma

steampowered.com

Kalau dua game sebelumnya mengambil latar lokasi di tengah kota, berbeda dengan Barotrauma. Game dua dimensi ini mengambil latar lokasi di kapal selam yang horor dan misi sang pemain harus menyelamatkan diri dari kapal selam itu.

Akan ada banyak rangkaian tugas untuk kamu selesaikan. Setiap tugas yang selesai akan membawamu ke daratan dan menuju kebebasan. Namun, kalau kamu suka dengan permainan yang lebih menantang, kamu bisa mengaktifkan mode Traitor. Jika kamu mengaktifkan mode ini, kamu akan mendapatkan misi yang lebih berat karena tugas dan tantangan tak akan memberikanmu kesempatan bernapas.

4. Unfortunate Spacemen

steampowered.com

Mengambil latar lokasi di luar angkasa, benar-benar membuat game satu ini mirip dengan Among Us. Unfortunate Spacemen menghadirkan game dengan jumpscare luar biasa. Kamu akan mendapatkan atmosfir berbeda jika memainkan game ini dengan volume suara yang sangat besar.

Dalam game ini, kamu harus menyelesaikan beragam tugas berat. Namun, tugasmu akan semakin berat saat salah satu temanmu berubah menjadi monster dan menyamar sebagai kru kapal ruang angkasa. Tenang saja, monster yang menyamar ini dapat kamu kenali dengan cara memperhatikan cara mereka menyerang.

5. Town of Salem

apkpure.com

Kelebihan dari game ini adalah kamu bisa memainkannya di ponsel berbasis Android atau iOS tanpa membuat kapasitas ponselmu merasakan berat yang berlebihan. Town of Salem memiliki aturan yang cukup mudah, yakni akan ada eksekusi di siang hari dan mafia berkeliaran di malam hari.

Ada 49 karakter berbeda yang bisa kamu pilih untuk menikmati game ini. Tidak seperti game lainnya yang tidak memberitahu identitas lawan, Town of Salem bisa memberikan daftar informasi dengan gamblang apa saja peran yang dimainkan oleh lawanmu.

6. Project Winter

projectwinter.co

Ingin menguji seberapa kuat persahabatanmu? Ajak sahabatmu main Project Winter ini, Bela. Sebab, konon dari game ini akan ketahuan sifat asli dari sahabatmu, apa dia pengkhianat atau bukan.

Misi dari game ini sebenarnya cukup mudah, yakni menyelamatkan diri dari badai salju. Pemain harus bekerja sama membuat bunker, hingga mencari tempat perlindungan bersama. Namun, ternyata tidak semudah yang kamu kira. Ada kalanya kamu harus keluar dari bunker bersama satu orang sahabat untuk menyelesaikan misi.

Jika kamu pergi bersama sahabatmu, kamu akan menyelesaikan misi dengan mudah. Sebaliknya, jika kamu keluar bersama pengkhianat, siap-siap saja emosi saat mencoba menyelesaikan tugasmu, ya!

7. Secret Neighbor

microsoft.com

Kamu butuh enam orang untuk memainkan game satu ini. Secret Neighbor memiliki misi mencari satu tetangga yang hilang. Kamu bersama tetangga yang lain harus saling membantu mencari tetanga yang hilang itu.

Tapi, pencarian tidak semudah yang kamu bayangkan karena salah satu dari tetanggamu berkhianat. Tetangga yang berkhianat ini memiliki kelebihan bisa mengakses beragam senjata untuk mengalahkanmu.

Ternyata nggak cuma Among Us saja yang bisa kamu mainkan bersama teman-temanmu. Tujuh game di atas juga memiliki konsep serupa dengan Among Us yang bisa kamu mainkan saat Among Us mengalami down. Tertarik mencoba yang mana, nih?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration