Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Kebaikan Glenn Fredly yang Dilakukan Sepanjang Hidupnya

Malaikat juga tahu, kaulah yang jadi juaranya

Niken Ari Prayitno

Kita semua pasti sangat terpukul dengan kepergiaan Glenn Fredly yang mendadak. Kemarin (8/4), selepas senja, berita duka itu datang menghampiri kita semua. Nama Glenn langsung dibicarakan di mana-mana. Di grup-grup percakapan WhatsApp, di breaking news berbagai portal berita, hingga di linimasa sosial media, semuanya membicarakan sosok pria 44 tahun tersebut.

Lebih dari 20 tahun berkarya di industri musik Indonesia, lagu-lagu Glenn seolah tak lepas dimakan zaman. Beberapa bahkan menjadi kenangan tersendiri yang membuat kita selalu ingat akan sosoknya.

Tak cuma lagu yang membuat kita ingat Glenn. Musisi yang baru saja menikah pada tahun 2019 lalu tersebut juga aktif di berbagai kegiatan sosial. Karena kebaikan hatinya itulah, Glenn selalu punya tempat di hati para penggemarnya. Apa saja kebaikan Glenn sepanjang hidupnya? 

1. Menggalang Dana untuk Atasi Wabah Corona

Instagram.com/glennfredly309

Bahkan di akhir hidupnya pun, Glenn Fredly masih menggalang dana untuk membantu masyarakat yang ekonominya hancur karena corona. Menurutnya, wabah corona bukan hanya merugikan dari segi kesehatan, tapi juga segi ekonomi dan sosial. Banyak karyawan yang dirumahkan dan pekerja harian tak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Atas dasar itulah, Glenn Fredly mencoba membantu meringankan beban ekonomi masyarakat.

2. Sumbang Hasil Konser untuk Korban Gempa Ambon

Instagram.com/glennfredly309

Pada tanggal 30 September 2019 lalu, Glenn Fredly menjadi salah satu penyanyi yang tampil dalam konser musik bertajuk "Tanda Mata bagi Koes Plus Bersaudara". Di sela-sela penampilannya, Glenn mengatakan kalau pendapatannya dari konser malam itu seluruhnya akan ia sumbangkan kepada korban bencana gempa di Ambon.

3. Berikan Pendapatan Konsernya untuk Korban Gempa dan Tsunami Palu

instagram.com/produrre

Gempa dan tsunami yang melanda Kota Palu benar-benar membuat kita kaget dan berduka. Hal ini membuat banyak musisi, khususnya Glenn Fredly tergerak untuk ikut membantu. Ia pun menyumbangkan Rp100 juta dari pendapatannya di konser yang bertajuk "Tanda Mata untuk Yovie Widianto" untuk korban bencana tsunami Palu.

4. Menginisiasi Berdirinya M-Bloc

Instagram.com/glennfredly309

Millennial pasti tahu lokasi hits satu ini. M-Bloc merupakan tempat nongkrong para millennial yang baru saja dibuka dan diresmikan pada bulan September 2019 lalu. Glenn Fredly merupakan salah satu penggagas berdirinya M-Bloc tersebut. Menurutnya, M-Bloc bisa menjadi lokasi dan sarana bagi siapa saja yang ingin belajar dan berkarya bersama. Keinginan Glenn pun terwujud. Sejak dibuka, M-Bloc selalu ramai dengan berbagai kegiatan positif.

5. Aktivis Pejuang Hak Musisi

Instagram.com/glennfredly309

Sebagai seorang musisi, Glenn Fredly sadar betul kalau hak dan kewajiban musisi kadang sering terabaikan. Pembayaran royalti yang tak sesuai tentu membuat musisi yang hidup dari musik akan kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya. Di tahun lalu, Glenn bersama musisi dan aktivis lainnya memperjuangkan hak musisi serta ikut mengawal peraturan pemerintah ekonomi kreatif agar peraturan tersebut tak merugikan musisi.

Masih banyak lagi tentu kebaikan yang dilakukan oleh Glenn. Kebaikan yang Glenn lakukan semasa hidupnya, akan selalu dikenang dan membekas bagi siapapun.

Selamat jalan Glenn. Malaikat juga tahu, kau yang jadi juaranya...

IDN Media Channels

Latest from Inspiration