Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

3 Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan untuk Kesehatan Mentalmu

Radio juga membantumu menjaga kesehatan mental, lho

Niken Ari Prayitno

Bahagia menjadi salah satu satu kunci untuk menjaga kesehatan jiwa dan tubuh selama masa yang sulit yang dialami masyarakat luas sejak pandemi merebak. Dengan segala tantangan dan keterbatasan yang ada saat ini, apakah masih dapat mewujudkan bahagia dalam hidup sehari-hari?

Psikolog dan peneliti perilaku konsumen Dra. Retno Dewanti Purba MPsi.T memaparkan, kesehatan menjadi satu fokus yang sangat penting saat ini. Tak hanya kesehatan fisik, tapi tentunya juga kesehatan jiwa karena keduanya merupakan satu kesatuan. Memastikan bahwa kita berada dalam kondisi sehat jiwa semestinya dilakukan dengan sungguh-sungguh agar kita bisa menjalani masa sulit ini dengan lebih positif, gembira dan bahagia dan pada ujungnya membantu terjaganya imunitas tubuh.

"Saat ketegangan dan kecemasan menjadi beban yang berat, ada baiknya kita mencoba mencari kegiatan yang bersifat menurunkan ketegangan dalam diri, yang menghadirkan perasaan tidak sendiri, membangun mood yang baik dan nyaman berada di rumah," kata Retno.

Retno juga mengungkapkan, ada tiga hal penting yang harus kamu perhatikan demi kesehatan mentalmu. Apa saja?

1. Adaptasi

Unsplash.com/Kulli Kittus

Upaya yang kita lakukan dengan mengubah respons perilaku agar sesuai dengan keadaan lingkungan saat ini. Adaptasi terbukti telah menjadi cara manusia dan berbagai makhluk hidup lain bertahan dari segala kondisi yang yang tidak pasti dan terus berubah. 

Dalam konteks pandemi COVID-19 ini, esensi dari semua konsep Adaptasi Kebiasaan Baru sebenarnya bertujuan untuk mengajak kita semua mengadopsi kebiasaan dan perilaku baru dalam keseharian kita agar dapat menghentikan laju penyebaran pandemi yang akhirnya berpengaruh terhadap keseluruhan keseharian kita.

2. Coping Strategy

Unsplash.com/Christopher Campbell

Di masa sekarang ini, penting bagi individu untuk memiliki cara atau metode yang sesuai untuk mengatasi dan mengendalikan situasi atau masalah yang dialami. Dengan cara yang sesuai, maka diharapkan individu bisa menghadapi tantangan, hambatan ataupun ancaman dengan lebih baik. Sehingga, bisa menimbulkan efek positif terhadap kesehatan jiwa kita.

3. Membangun Resiliensi

Unsplash.com/Timothy L Brock

Kalau didefinisikan, resiliensi adalah kemampuan individu dalam mengatasi, melalui dan bangkit kembali setelah mengalami kesulitan. Sebuah kemampuan untuk bounce back saat kita jatuh; biasanya disebut sebagai ketangguhan. Nah, ketangguhan inilah yang membantu individu bertahan dalam situasi sulit.

“Radio bisa dijadikan salah satu pilihan yang baik untuk memberikan efek baik pada mood kita. Menghibur diri dengan mendengarkan musik yang enak sambil ditemani percakapan percakapan yang menyamankan dari program radio diharapkan bisa memberi efek baik dan positif terhadap diri," kata Retno.

Radio punya peran besar untuk membangun mood pendengar. Karena itu Masima Radio Network ingin ambil bagian dalam memberikan dukungan bagi pendengar di masa penuh tantangan ini untuk tetap optimis, bersemangat dan fokus pada hal baik. Melalui radio show multi brand yang disiarkan melalui Delta FM, Bahana FM dan Female Radio, Masima Radio Network ingin menjadi penghubung antara pendengar dengan dunia, menghindari rasa terisolasi, serta menumbuhkan perasaan bahagia.

Dok. Masima Radio Network

Menemani semua pendengarnya, Masima Radio menghadirkan dua program terbaru mereka, yakni Good Morning Indonesia dan Afternoon Feel Good yang masing-masing dibawakan oleh penyiar hits.

Siaran multi brand Good Morning Indonesia akan digawangi oleh tiga penyiar yang sudah sangat dikenal pendengar, yakni Ben Kasyafani, Sissy Prescillia dan Nino Kayam. Latar belakang yang berbeda antara ketiganya, dari aktor, presenter, musisi, single, dan menikah serta telah menjadi orangtua, justru memberikan warna yang kaya dan sudut pandang yang berbeda. Disiarkan setiap Senin sampai Jumat, pukul 06.00 - 10.00 WIB, mulai 4 Januari 2021. 

Dok. Masima Radio Network

Sementara program afternoon show Afternoon Feel Good akan dipandu Enno Lerian dan Danar Gumilang. Disiarkan setiap Senin sampai Jumat, pukul 16.00 - 20.00 WIB, mulai 1 Februari 2021.

“Siaran multi brand program Good Morning Indonesia dan Afternoon Feel Good akan disiarkan di 8 kota besar Indonesia dan juga dapat dinikmati melalui streaming, dengan misi menebar kebaikan dan kebahagiaan untuk masyarakat Indonesia dimanapun berada. Dengan radio host yang ceria, program informatif dan up to date, kami yakin dapat menemani masyarakat untuk terus bahagia. Kami mengajak masyarakat untuk Just be good and do good," ungkap Evan Perdana, Head of Content & Promotion Masima Radio Network.

Jadi, nggak ada alasan untuk nggak betah di rumah, nih. Soalnya sudah ditemani dengan dua program keren bareng penyiar-penyiar kece. Catat jadwal siarannya dan jangan sampai ketinggalan, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration