Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

14 Potret Istana Wong Sintinx yang Kini Diwakafkan untuk Masjid

Ki Joko Bodo hijrah dan wakafkan untuk kebaikan

Niken Ari Prayitno

Selasa, 22 November 2022 Ki Joko Bodo dikabarkan meninggal dunia pada 9.57 WIB. Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh anak beliau, Ayda Prasasti. Ki Joko Bodo meninggal dunia di usia 57 tahun dan diketahui ia meninggal dunia karena memiliki riwayat hipertensi.

Sebelum memutuskan hijrah dan mendalami ilmu agama di tahun 2014, Ki Joko Bodo dikenal sebagai paranormal. Ia pun tinggal di rumah yang cukup besar di kawasan Jakarta Timur dan dikenal dengan nama Istana Wong Sintinx. Pasca hijrahnya beliau, Istana Wong Sintinx kemudian diwakafkan untuk menjadi masjid dan pusat kegiatan keagamaan.

Penasaran dengan potret Istana Wong Sintinx sebelum diwakafkan menjadi masjid? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Selamat datang di kediaman Ki Joko Bodo yang diberi nama Istana Wong Sintinx. Tulisan tersebut terukir tepat di pintu masuk dengan jenis font yang menyerupai aksara Jawa.

YouTube.com/TRANS TV Official

2. Nuansa Jawa begitu kental terasa di rumah ini dengan adanya replika candi di bagian depannya.

Instagram.com/Kibodo_62

3. Saking besarnya, rumah yang dibangun pada tahun 1995 ini memiliki gua buatan. Menurut informasi, gua ini pernah digunakan Ki Joko Bodo untuk melakukan ritual saat ia masih berprofesi sebagai paranormal.

YouTube.com/TRANS TV Official

4. Di bagian belakang rumah, ada pula ruang santai yang semua bagiannya terbuat dari bebatuan. Pada bagian dalamnya, terdapat set kursi dan meja yang terbuat dari kayu jati.

YouTube.com/TRANS TV Official

5. Nuansa alam nan asri juga terasa dengan begitu banyaknya tanaman di sekitar rumah ini. Terdapat pula air terjun buatan yang di bagian kanan-kirinya dihiasi tanaman merambat.

YouTube.com/TRANS TV Official

6. Bagian rumah satu ini dikenal dengan nama Teater Ritual. Berada di luar ruangan, bagian rumah ini memiliki bentuk berundak yang terbuat dari material batu alam.

YouTube.com/TRANS TV Official

7. Di salah satu bagian dinding, terdapat relief yang terukir di atas batu. Bak relief candi, kisah hidup Ki Joko Bodo terukir di sini.

YouTube.com/TRANS TV Official

8. Mengintip bagian depan rumah pria bernama asli Agus Yulianto, kita akan merasakan budaya Jawa dan Bali yang amat kental. Pagar tingginya terbuat dari bata merah yang dihiasi patung-patung batu.

YouTube.com/TRANS TV Official

9. Nuansa megah terasa di bagian dalam Istana Wong Sintinx. Teralis tangganya dibuat berukir da melingkar yang menambah kesan mewah.

YouTube.com/TRANS TV Official

10. Kalau ini adalah teralis besi untuk jendela. Selain ukurannya yang besar, ukiran berbentuk naga berwarna emas membuatnya terlihat megah.

YouTube.com/TRANS TV Official

11. Banyak patung di Istana Wong Sintinx. Saat masuk ke bagian depan rumahnya saja, kamu sudah langsung disambut oleh dua patung penari ini.

YouTube.com/TRANS TV Official

12. Pintu depannya tak kalah mewah. Kayu jati besar diukir dengan begitu detail. Pada bagian tengahnya, terdapat ukiran ilustrasi wajah Ki Joko Bodo.

YouTube.com/TRANS TV Official

13. Melihat bagian atap Istana Wong Sintinx juga akan membuatmu terpukau. Banyak patung terpasang di sana. Salah satunya, patung berbentuk elang besar yang bertengger tepat di atapnya.

YouTube.com/TRANS TV Official

14. Bagian atas dari Istana Wong Sintinx ini mengingatkan kita akan rumah-rumah tradisional khas masa kerajaan Nusantara di masa lampau.

YouTube.com/TRANS TV Official

Itulah tadi potret Istana Wong Sintinx yang kini sudah diwakafkan Ki Joko Bodo untuk menjadi masji dan pusat kegiatan keagamaan. Ada lagi fakta lain yang kamu tahu? Tulis di kolom komentar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration