Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tak Selalu di Tanah, 10 Tanaman Buah Dalam Pot Ini Juga Cepat Berbuah

Wajib dicoba nih, Bela!

Natasha Cecilia Anandita

Menanam pohon buah-buahan tidak selalu memerlukan halaman yang luas. Dalam pot pun kita bisa menanam tanaman buah. Tak hanya hemat tempat, tanaman buah ini juga cepat berbuah, lho. Yuk, kita lihat 10 tanaman buah dalam pot berikut ini!

1. Delima

pinterest.com

Memiliki sistem perakaran yang lebih pendek dibanding dengan buah-buahan lainnya, membuat delima dapat cepat tumbuh dalam pot. Perawatannya juga mudah, cukup di siram dua sampai tiga kali seminggu dan taruh di bawah sinar matahari. Buah delima hasil tanam dalam pot pun bisa kamu nikmati kurang dari dua bulan.

2. Jambu air

pinterest.com

Untuk menanam buah satu ini, disarankan dari bibit yang sudah dicangkok dari induk yang sudah berbuah. Bibit jambu air yang sudah dicangkok kurang lebih 3 bulan akan lebih mudah tumbuh dalam media pot. Tak lupa disiram dua kali sehari dan lakukan proses pemupukan setiap satu bulan sekali, jambu air kamu pun akan tumbuh dengan cepat dan manis!

3. Jambu biji

pinterest.com

Jambu biji tak hanya dapat ditanam di area pekarangan, tapi juga dalam pot. Caranya mudah, kamu hanya perlu menanam bibit jambu biji yang dihasilkan dari proses okulasi selama kurang lebih 4 bulan pada pot berukuran medium. Karena akar dan batang jambu biji cukup panjang dan tebal, jadi pastikan pot yang kamu gunakan cukup kuat untuk menahan beban pohonmu.

4. Tomat

pinterest.com

Tomat dapat ditanam dalam berbagai ukuran pot, tergantung berapa banyak tomat yang tumbuh dalam satu media penanaman.Tetapi biasanya ditanam di pot yang cukup besar. Kamu bisa mulai menanamnya dari biji atau bibit.

Pohon tomat memerlukan penyangga, karena buahnya cukup berat. Selain itu, agar lebih kuat dan umurnya lama. Tomat dapat tumbuh dengan cepat pada pohon yang tegak. Tantangan dalam menanam tomat adalah penyakit dan hama yang mengganggu. Namun, kamu dapat mengatasinya dengan pemberian air dan pupuk yang tepat serta menjaga buah dan bagian tanaman tidak menyentuh tanah.

5. Nanas

ekor9.com

Buah bersisik asam manis ini juga bisa ditanam dalam pot, ya, Bela. Ukuran pohon nanas terbilang kecil dengan tinggi sekitar 1-2 meter saja. Akarnya pun dangkal dibanding tanaman buah lain. Untuk cara menanamnya, potonglah mahkota nanas, rendam dalam air selama 1-2 hari, lalu tanam di pot dan tempatkan di bawah sinar matahari.

6. Jeruk nipis

pinterest.com

Nah, jenis jeruk satu ini memang terkenal ditanam dalam pot. Selain buahnya daunnya pun memang bermanfaat. Untuk menghasilkan jeruk nipis dalam pot yang cepat dan berkualitas, lakukan penyiraman setiap sore dengan kadar air yang sewajarnya. Jangan lupa untuk lakukan pemupukan dan pembersihan tangkai jeruk nipis secara rutin, karena jenisnya yang lebih rentan terhadap hama.

7. Stroberi

pinterest.com

Buah merah satu ini paling banyak diincar karena telah diketahui dapat tumbuh dengan cepat bahkan di pot kecil sekalipun. Pohon stroberi dapat dipanen dua kali setahun. Gunakan pot dengan sistem drainase yang baik. Kalian dapat menyediakan pot selebar kira-kira 45 cm dengan kedalaman minimal 10 cm untuk menanam 10-12 pohon stroberi. Pastikan pohonnya terkena sinar matahari langsung serta atur agar mahkota stroberi rata dengan permukaan kompos.

8. Blueberry

pinterest.com

Untuk buah berry satu ini, kamu membutuhkan pot yang lumayan besar sekitar 50 cm dengan kedalaman yang mencapai 45 cm. Media tanamnya berupa cocopeat yang dicampur dengan pupuk kompos. Blueberry memiliki waktu panen yang lebih lama dibandingkan dengan buah-buahan lainnya yang telah disebutkan, tetapi hasil dan rasa blueberry yang kamu tanam dijamin tak mengecewakan.

9. Beach cherry

LogeesPlants

Mungkin beberapa dari kalian agak asing dengan jenis buah ceri satu ini. Sesuai namanya, jenis buah ceri ini biasanya bisa kita temukan di sisi pantai dan dataran rendah lainnya. Ceri satu tanaman yang cepat berbuah, tanpa harus kita awasi dan rawat setiap saat. Beach cherry juga merupakan tanaman yang kuat dan dapat bertahan di bawah cuaca ekstrem.

10. Ceri barbados

pinterest.com

Proses penanaman dan perawatan yang mudah, ceri barbados cocok bagi kalian yang mau mulai berkebun. Buah dengan nama lain sianci ini, memiliki tekstur lebih mulus dibandingkan dengan buah ceri biasanya. Buahnya bisa tumbuh di mana saja, namun lebih baik ditanam di dataran rendah untuk proses pertumbuhan yang lebih cepat.

Itulah 10 tanaman buah dalam pot yang dapat tumbuh dengan cepat. Mana yang jadi buah favoritmu?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration