Seperti yang kita ketahui, tanaman memang menyimpan segudang manfaat. Mulai dari untuk pangan, dekorasi, menyaring udara, hingga obat-obatan dan kecantikan. Tanaman herbal adalah salah satunya. Tanaman herbal kerap dijadikan sebagai obat. Mulai dari daun, bunga, buah, bahkan terkadang batangnya pun dapat bermanfaat untuk berbagai penyakit. Berikut ini 7 rekomendasi tanaman buah yang bermanfaat sebagai obat herbal.

Tanaman herbal untuk obat dari tumbuhan berbuah

1. Alpukat

7 Jenis Tanaman Buah yang Bisa Jadi Obat Herbal

Alpukat selain rasanya yang enak dan cocok dijadikan jus atau disajikan dengan hidangan lainnya, juga punya banyak manfaat. Kandungan yang terdapat di dalamnya antara lain vitamin C, vitamin B, zat besi, kalsium, fosfor, dan lemak baik. Buah yang berasal dari Meksiko ini memiliki manfaat untuk menyehatkan jantung, melindungi mata dan otak, memperkuat tulang, mengurangi risiko kanker dan depresi, nutrisi selama kehamilan, membantu menurunkan berat badan, hingga merawat kulit. Agar manfaat alpukat maksimal, kamu disarankan untuk memakan buahnya tanpa campuran garam atau gula, ya. 

2. Pepaya

7 Jenis Tanaman Buah yang Bisa Jadi Obat Herbalpexels.com/dariashevtsov

Selain rendah kalori, pepaya mengandung banyak nutrisi dan kaya akan vitamin C. Nutrisi yang terdapat dalam pepaya yaitu, vitamin A untuk kesehatan mata, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, likopen, serat, kalsium, potasium, folat, dan magnesium. Mengonsumsi pepaya dapat memperlancar pencernaan, meningkatkan kekebelan tubuh, mengobati demam berdarah, meredakan nyeri saat menstruasi dan anti penuaan. Jadi jangan lupa rambahkan pepaya dalam asupan harianmu, ya.

3. Jeruk nipis

7 Jenis Tanaman Buah yang Bisa Jadi Obat Herbalpinterest.com

Rasa kecut namun segar jeruk nipis biasanya dijadikan tambahan dalam membuat sambal atau minuman. Tapi tahukah kalian, di dalam jeruk nipis terdapat kandungan vitamin dan aktioksidan, mineral, serta makronutrien seperti energi, protein,serat, lemak, karbohidrat, dan abu. Mengonsumsi buah ini dapat menghindarkan kita dari beberapa penyakit seperti batu ginjal, vertigo, radang tenggorokan dan batuk, tekanan darah tinggi, amandel, ambeien, difteri, serta panu.

4. Belimbing

7 Jenis Tanaman Buah yang Bisa Jadi Obat Herbalpinterest.com

Belimbing biasa dijadikan rujak atau jus. Buah tropis satu ini dapat menurunkan berat badan, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Tingginya kandungan serat tidak larut air (insoluble fiber) pada buah belimbing dinilai dapat menghambat penyerapan glukosa, sehingga mampu menurunkan dan mencegah lonjakan kadar gula darah. Sehingga, cocok bagi para penderita diabetes. Kandungan terpenoid, flavonoid dan mucilage dalam buah ini akan membantu untuk meredakan sakit maag.

5. Mengkudu

7 Jenis Tanaman Buah yang Bisa Jadi Obat Herbalpinterest.com

Meski memiliki rasa kurang sedap, mengkudu punya banyak manfaat seperti, mencegah infeksi karena mampu membunuh bakteri jahat, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah tekanan darah tinggi karena melancarkan sistem peredaran darah, hingga menyembuhkan radang pada lambung dan luka pada usus halus.Mengkudu juga berperan sebagai anti kanker dan mengobati sakit kuning.

6. Jambu biji

7 Jenis Tanaman Buah yang Bisa Jadi Obat Herbalpinterest.com

Menanam dan memelihara pohon jambu biji, banyak manfaatnya, Bela. Di balik rasa manisnya, jambu biji memiliki kandungan antioksidan, vitamin, serat, kalium yang dapat mengurangi kerusakan organ akibat radikal bebas, melindungi organ jantung dan mencegah penyakit jantung, menekan tensi, membantu menurunkan kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol HDL yang baik.

7. Srikaya

7 Jenis Tanaman Buah yang Bisa Jadi Obat Herbalpinterest.com

Mulai dari buah, bagian akar, daun, hingga kulit dari pohon srikaya memiliki kandungan zat antidepresi hingga antiradang, lho, Bela. Srikaya juga bisa mengobati cacingan pada usus hingga menurunkan hipertensi. Dalam sebuah srikaya terkandung sekitar 60-100 kalori dan beragam nutrisi, antara lain:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Serat
  • Vitamin, terutama vitamin C dan vitamim B
  • Mineral, seperti kalsium, magnesium, kalium, fosfor, dan zat besi

Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak biji srikaya yang diaplikasikan bersamaan dengan minyak kelapa terlihat ampuh untuk membasmi kutu rambut dan ketombe. Namun, penggunaannya harus hati-hati dan jangan sampai terkena mata karena bisa menyebabkan iritasi dan kerusakan mata.

Itulah jenis tanaman buah yang bisa kamu tanam di rumah, sebagai obat herbal di masa depan.

Baca Juga: Rekomendasi 18 Tanaman Pangan Bermanfaat Saat Pandemi Di Rumah

Baca Juga: Ini 7 Rekomendasi Tanaman Hidroponik yang Cocok Ditanam di Rumah

Baca Juga: 9 Jenis Tanaman Buah yang Bisa Kamu Tanam di Halaman Rumah