Berkebun dan menanam tanaman hias kini menjadi hobi baru yang muncul di masa pandemi. Deretan jenis tanaman hias kini booming dan banyak ditemukan di rumah-rumah sebagai penghias halaman depan.

Namun, ternyata nggak cuma tanaman hias yang bisa kamu letakan di halaman rumah. Supaya menghasilkan, kamu bisa, lho, menanam tanaman buah di halaman rumah. Tak memerlukan lahan yang luas, sembilan jenis tanaman buah ini bisa kamu tanam di halaman rumah. Apa saja tanaman buah tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

1. Pohon Mangga

9 Jenis Tanaman Buah yang Bisa Kamu Tanam di Halaman RumahUnsplash.com/Suraj

Pohon mangga tak hanya mudah berbuah dan mudah ditanam di mana saja. Namun, pohon ini juga dapat meneduhkan halaman rumahmu karena dapat tumbuh dengan rimbun. Kamu bisa membeli bibit pohon mangga dan menanamnya langsung di tanah agar dapat tumbuh tinggi. Jangan lupa untuk menyiramnya satu kali sehari agar tumbuh maksimal.

2. Pohon Jambu Biji

9 Jenis Tanaman Buah yang Bisa Kamu Tanam di Halaman RumahUnsplash.com/Fabrizio Frigeni

Sangat mudah menanam pohon jambu biji. Kamu hanya tinggal menanam bijinya saja di pot setelah dikeringkan. Jika sudah tumbuh sekitar 10-15 cm, kamu bisa memindahkan tanamannya di tanah agar dapat tumbuh tinggi. Pohon jambu biji dapat berbuah tiga-empat kali dalam satu tahun. Menguntungkan, bukan?

3. Pohon Jambu Air

9 Jenis Tanaman Buah yang Bisa Kamu Tanam di Halaman RumahUnsplash.com/Taisiia Shestopal

Sama seperti pohon jambu biji, tanaman jambu air juga sangat mudah tumbuh dan ditanam di kondisi apa pun. Termasuk dalam kondisi kering. Dibandingkan jambu biji, jambu air lebih banyak menghasilkan buah dan daunnya lebih rimbun. Kamu cukup menjaganya dari hama ulat agar buah tidak rusak saat dipanen.

4. Pohon Pisang

9 Jenis Tanaman Buah yang Bisa Kamu Tanam di Halaman RumahUnsplash.com/Phoenix Han

Tak perlu menunggu musim, pohon pisang dapat berbuah sepanjang tahun. Cara merawatnya pun mudah dan dapat ditanam di dalam pot. Kamu bisa menanam buah pisang dengan memisahkan bonggol tunasnya ke pot atau tanah yang baru. Dengan begini, pohon pisang akan tumbuh dengan sendirinya. 

5. Pohon Alpukat

9 Jenis Tanaman Buah yang Bisa Kamu Tanam di Halaman RumahUnsplash.com/Sarah Boertje

Sama seperti pohon mangga, pohon alpukat dapat menjadi kanopi alami karena daunnya yang rimbun. Meski membutuhkan waktu lama untuk masa panennya, yakni sekitar enam hingga tujuh bulan, namun dalam sekali panen kamu bisa mendapatkan lebih dari 15 kg buah alpukat. Tertarik untuk menanam pohon alpukat, Bela?

6. Pohon Pepaya

9 Jenis Tanaman Buah yang Bisa Kamu Tanam di Halaman RumahUnsplash.com/Jakob Owens

Pohon pepaya sangat mudah tumbuh di kondisi apa pun. Kamu hanya perlu menanam biji pepaya di dalam pot hingga tumbuh tunas. Setelahnya, kamu dapat memindahkannya di tanah agar pohon pepaya dapat tumbuh tinggi dan berbuah. Pohon pepaya dapat kamu panen sebanyak empat kali dalam satu bulan.

7. Pohon Belimbing

9 Jenis Tanaman Buah yang Bisa Kamu Tanam di Halaman RumahUnsplash.com/Hugo Kruip

Meski dapat menjadi kanopi alami, namun sebaiknya kamu perhatikan lokasi tumbuhnya pohon belimbing ini, Bela. Sebab, batang pohon belimbing dapat merusak tembok jika tumbuh besar. Pohon belimbing bisa menjadi salah satu tanaman buah yang menguntungkan jika kamu menanamnya di halaman rumah.

8. Pohon Nanas

9 Jenis Tanaman Buah yang Bisa Kamu Tanam di Halaman RumahUnsplash.com/Ariel

Pohon nanas yang pendek dapat kamu tanam di halaman rumah sebagai tanaman hias. Meski tak berbuah, misalnya, tanaman nanas tetap dapat mempercantik halaman rumah karena bentuknya yang cantik.

9. Pohon Markisa

9 Jenis Tanaman Buah yang Bisa Kamu Tanam di Halaman RumahUnsplash.com/Andre Fernando

Pohon markisa juga menjadi salah satu jenis tanaman buah yang dapat kamu tanam di halaman rumah. Bentuknya yang merambat dapat kamu tanam di dekat pagar, sehingga pagarmu dapat tertutupi secara alami dan estetik. Pohon markisa juga dapat berbuah sepanjang tahun.

Itu dia deretan jenis tanaman buah yang dapat kamu tanam di halaman rumah selain tanaman hias. Ada yang ingin kamu tanam?

Baca Juga: Kaya Manfaat, Ini 9 Rekomendasi Tanaman Sirih Gading Corak Tercantik

Baca Juga: 8 Manfaat Tanaman Lidah Mertua Ini, Bakal Bikin Kamu Borong Beli

Baca Juga: Paling Tren di Tahun 2020, Ini 7 Rekomendasi Tanaman Indoor Terfavorit