Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Jenis Tanaman Hias Aglonema Merah Cantik dan Populer Penarik Hati

Awas dicuri ya, Bela!

Natasha Cecilia Anandita

Tanaman aglonema atau yang biasa kita panggil Sri Rejeki ini sedang gencar dicari para pecinta tanaman hias. Warna dan bentuk corak daun yang khas tanaman dengan predikat “Ratu Daun” ini, memang sangat memanjakan mata.

Tak sampai disitu, melansir dari Plant Care Today, tanaman hias aglonema ini menjadi salah satu flora yang ditetapkan oleh NASA yang efektif menghilangkan polutan rumah tangga. Tanaman ini bahkan memiliki 30 spesies, lho!

Jenisnya yang populer adalah aglonema merah. Perpaduan warna merah dan hijau tak hanya memanjakan mata tapi juga seisi rumah. Berikut adalah jenis-jenis aglonema merah yang populer dan paling dicari para pecinta tanaman hias:

1. Aglonema Red Peacock atau widuri

balconygardenweb.com

Jenis aglonema ini memiliki keunikan, yaitu daun dengan dominasi warna merah cerah di bagian tengah. Harganya mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah sesuai dengan ukuran tanaman ini. Widuri dapat ditanam di dalam pot kecil dan ditata di dalam rumah.

2. Aglonema Suksom

instagram.com/nancymartharia

Algonema suksom memiliki warna merah terang menyala hampir di seluruh permukaan daunnya. Jika Widuri memiliki urat-urat daun yang kehijauan, Suksom hanya menyisakan sedikit warna hijau pada daunnya. Biasanya terletak pada bagian pinggir daun.

Fakta menariknya jenis ini hanya memiliki sedikit klorofil. Kalian hanya akan menemukan aglonema suksom di lokasi yang terkena sinar matahari pagi dan sore. Harganya pun tidak murah, jika dijual dapat mencapai Rp3 jutaan.

3. Aglonema Harlequin

instagram.com/nancymartharia

jenis dengan harga paling mahal. Dikutip dari Wawa Orchid, harganya bisa mencapai Rp10 juta.

Tanaman ini berbeda dari jenis lainnya karena amat menyukai sinar matahari. Bahkan aglonema harlequin akan mempresentasikan warna berdasarkan asupan cahaya matahari. Warnanya akan cenderung kuning kepucatan dengan warna merah muda menyala di tengah-tengah daun.

4. Aglonema Red Sumatra

davesgarden.com

Aglonema satu ini pernah memenangi kontes tanaman hias di Belanda pada tahun 2002. Karakter dari aglonema Red Sumatra adalah daunnya yang berwarna merah marun dengan ukuran pipih memanjang.

Selain itu, aglonema yang memiliki julukan Pride of  Sumatra ini memiliki corak bergaris-garis yang berkarakter sehingga terlihat berbeda dari jenis lainnya. Namun, kini harga aglonema merah Sumatera dewasa masih berkisar antara Rp500 ribu sampai Rp1 juta.

5. Aglonema Red Gold

mashrita.com

Tanaman hias satu ini biasanya sebagai penghias ruangan atau ditata di sudut rumah. Memiliki warna daun hijau yang segar dan tulang-tulang daun berwarna merah, menambah kecantikan dari aglonema satu ini. Untuk harganya Red Gold dijual mulai dari Rp60 ribu – Rp120 ribu.

6. Aglonema Anyamanee

pinterest.com

Varietas ini termasuk dalam aglonema mahal yang merupakan hasil pengembangan oleh pembudidayaan tanaman hias asal Thailand di tahun 2019. Keindahannya terletak pada daun yang lebar serta terdiri dari tiga warna yaitu, merah, hijau dan putih. Jenis ini sangat eksklusif dan jumlahnya terbatas. Harga jual tanaman indukannya mencapai puluhan juta rupiah sedangkan harga bibitnya sekitar Rp300 ribuan.

7. Aglonema Adelia

pinterest.com

Nama aglonema ini diambil dari kolektor tanaman hias, Adelia Angeles. Jenis ini dapat tumbuh hingga 30 cm di tanah yang subur. Bentuk daunnya paling besar di antara jenis lainnya. Daunnya dapat melebar dari pangkal batang dan meruncing di bagian ujungnya. Kalian bisa membeli aglonema adelia dengan kisaran Rp60 ribu saja.

8. Aglonema Lipstik Siam Aurora

nurserylive.com

Kecantikan aglonema satu ini memang tidak dapat dipungkiri. Akan lebih terlihat menarik saat tumbuh dengan lebat dengan daun merahnya. Jika aglonema suksom memiliki warna hijau pada pinggirnya, aglonema lipstik siam aurora memiliki warna merah atau merah muda para pinggirnya, layaknya lipstik. Aglonema lipstik siam aurora memiliki harga yang lebih terjangkau, yaitu kisaran Rp25.000-Rp250.000.

Itu dia 8 tanaman aglonema merah cantik yang populer. Aglonema sama seperti tanaman lainnya yang rawan hama seperti kutu putih, jamur, belalang, hingga laba-laba. Jadi, siap sedia pestisida ya, Bela. 

Mau tambah tanaman hias aglonema merah jenis apa, nih?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration