Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Prospek Kerja Manajemen yang Menjanjikan, Apa Pilihanmu?

Mulai dari marketer sampai banker

Nafi' Khoiriyah

Berkuliah di jurusan manajemen berarti kamu bisa mencari berbagai prospek pekerjaan yang menjanjikan. Sebab, jurusan satu ini sangat luas cakupannya termasuk di berbagai posisi penting perusahaan. 

Saat berkuliah, kamu tentu mempelajari berbagai hal tentang bisnis, wirausaha, perekrutan sumber daya, sampai marketing. Maka dari itu, prospek kerja manajemen berikut bisa kamu ambil dan siapkan dari sekarang.

Apa saja pekerjaan tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini ya, Bela!

1. Market researcher

unsplash.com/Mailchimp

Prospek kerja manajemen yang pertama adalah market researcher. Seorang market researcher memiliki tugas untuk melakukan analisis pasar untuk para klien tentang produk di pasaran. 

Biasanya, profesi ini tergabung dalam sebuah agensi kemudian disewa oleh klien untuk menyajikan kebutuhan klien berdasarkan data. Selain itu, market researcher juga bisa menjadi top management dalam sebuah perusahaan untuk produk mereka. 

Bukan hanya terbatas pada analisis produk saja, market researcher juga bisa merencanakan brand dan menganalisis marketingnya. 

2. Konsultan bisnis

pexels.com/fauxels

Selain itu, profesi konsultan bisnis juga bisa ditekuni setelah lulus dari kuliah manajemen. Profesi ini bertugas untuk menganalisis praktik organisasi, mengindentifikasi kelemahan, dan menawarkan solusi. 

Biasanya, seorang konsultan bisnis memiliki spesialisasi bidang, misalnya bidang pemasaran, sumber daya manusia, teknik, atau keuangan.

Dengan analisis yang dilakukan oleh seorang konsultan bisnis, maka perusahaan akan mendapatkan berbagai data, laporan, rekomendasi, serta panduan untuk melaksanakan proyek berikutnya. 

3. HRD

pexels.com/Tim Gouw

Salah satu yang dipelajari dalam kuliah manajemen adalah manajemen sumber daya, termasuk sumber daya manusia. Maka dari itu, prospek kerja manajemen juga bisa sebagai HRD atau human resource development. 

HRD merupakan bagian yang mengatur pengembangan sumber daya karyawan dalam sebuah perusahaan. Mereka melakukan perekrutan karyawan baru, menyusun kebijakan, dan juga meningkatkan kemampuan atau kinerja karyawannya. 

4. Banker

pexels.com/Andrea Piacquadio

Kemudian, banker merupakan profesi yang memegang peran penting di suatu bank. Mereka mempunyai andil besar terkait perputaran uang di bank dan mengurus keuangan bank secara keseluruhan. 

Semakin tinggi jabatannya dalam sebuah perusahaan, maka jobdesk seorang banker akan semakin berat. Namun, tugas utamanya adalah merencanakan anggaran, meningkatkan modal, dan memberikan layanan pada pelanggan. 

5. Entrepreneur

pexels.com/Tim Douglas

Kalau kamu tidak ingin bekerja di kantor, ilmu tentang bisnis yang dimiliki selama kuliah bisa menjadi bekal untuk berbisnis sendiri. Kamu pun bisa mengatur banyak hal dan memiliki pendapatan yang tinggi. 

Namun, menentukan untuk menjadi seorang entrepreneur berarti kamu sudah siap untuk mengambil risiko. Sebab, seorang entrepreneur harus mampu mengambil keputusan-keputusan besar dalam berbisnis. 

6. Konsultan keuangan

unsplash.com/Scott Graham

Prospek kerja manajemen lainnya bisa menjadi seorang konsultan keuangan. Konsultan keuangan merupakan tenaga profesional yang membantu seseorang dalam kegiatan ekonomi. 

Hal itu ditunjukkan dengan pemberian nasihat, solusi, dan mendampingi dalam pengambilan keputusan terkait finansial. Tugas utama dari konsultan keuangan juga memberikan gambaran metode penyelesaian masalah dan risiko yang mungkin terjadi. 

7. Account Executive

pexels.com/Jopwell

Seiring berjalannya waktu, profesi account executive makin banyak dicari sehingga menjadi peluang untukmu para lulusan manajemen. Profesi ini memiliki tanggung jawab mengelola, menumbuhkan, dan memperbarui akun klien perusahaan. 

Kini, hampir semua perusahaan membutuhkan seorang account executive. Sebab, mereka bisa menjembatani antara perusahaan dan klien sehingga bisnis bisa berjalan dengan lancar. 

8. Sales Manager

unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions

Sales manager juga termasuk salah satu prospek kerja manajemen. Seperti namanya, sales manager bisa mengatur para sales untuk mencapai target tertentu. Dengan peran mereka, pendapatan perusahaan bisa meningkat. 

Sales manager memiliki tugas mengatur kuota dan target serta membuat rencana penjualan. Mereka juga menganalisis data dan bertanggung jawab untuk proses pelatihan tim penjualan. Tanpa seorang sales manager, maka target penjualan akan sulit tercapai. 

9. Data Analyst

pexels.com/Linkedin Sales Navigator

Dalam dunia bisnis, kini semuanya harus memanfaatkan teknologi digital. Nah, data analyst adalah seorang yang bertanggung jawab untuk menganalisis dan meriset data dengan tools tertentu. 

Hal itu dilakukan untuk kepentingan marketing dan juga pengembangan produk. Mereka juga bertanggung jawab untuk membuat laporan hasil analisis dan mengumpulkan data.

Selain harus memiliki ilmu bisnis, hal lain yang perlu dipelajari seorang yang akan menekuni profesi ini adalah terkait dengan IT. 

10. Business Development

pexels.com/fauxels

Nah, prospek kerja manajemen yang terakhir adalah business development. Berbeda dengan sales, business development memiliki tanggung jawab untuk menciptakan nilai jangka panjang untuk sebuah perusahaan melalui pasar, pelanggan, dan relasi bisnis. 

Mereka akan melakukan riset pasar, mencari peluang pelanggan baru, dan menjaga relasi dengan para klien. Bukan hanya berinteraksi dengan pihak luar saja, business development juga perlu bekerja sama dengan tim lain untuk memenuhi kebutuhan pasar. 

Itulah 10 prospek kerja manajemen yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan passion kamu. Namun, jangan lupa siapkan sejak sekarang ilmu dan pengalaman yang dibutuhkan untuk meraih pekerjaan di atas, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration