Memutuskan untuk melamar kerja di sebuah perusahaan tentu perlu mempertimbangkan banyak hal. Salah satu pertimbangan yang paling penting adalah bentuk perusahaannya. Nah, bentuk perusahaan yang banyak menjadi tujuan para pelamar adalah perseroan terbatas (PT). 

PT merupakan badan usaha yang mempunyai badan hukum yang berlaku di Indonesia, yang memiliki modal berupa saham-saham.

Pendirian PT harus dibuat dengan akta resmi yang harus disahkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Dengan begitu, perusahaan tersebut sudah terjamin legalisasinya dan tidak perlu diragukan lagi keberadaannya.

Kalau kamu tertarik untuk melamar kerja ke badan usaha tersebut, Popbela.com akan memberikan contoh surat lamaran kerja di PT. Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Contoh surat lamaran kerja di PT bagian marketing

10 Contoh Surat Lamaran Kerja di PT agar Lolos dan Diterimamakinmahir.id

Contoh surat lamaran kerja di PT yang pertama adalah lamaran untuk posisi marketing. Pertama, kamu perlu menuliskan tanggal surat dan tujuan surat lamaran kerja terlebih dahulu. 

Tujuan surat tersebut biasanya disampaikan kepada bagian HRD di perusahaan yang bertanggung jawab dengan rekrutmen karyawan. Setelah itu, barulah kamu bisa melanjutkannya dengan salam pembuka. 

2. Contoh surat lamaran kerja di PT sebagai staf admin

10 Contoh Surat Lamaran Kerja di PT agar Lolos dan Diterimalinovhr.com

Seperti surat lamaran kerja sebagai staf administrasi PT di atas, bagian pembuka surat lamaran berisi mengenai informasi lowongan kerja perusahaan tersebut. Lalu, jelaskan posisi pekerjaan apa yang akan kamu lamar. 

Kalau ingin lebih lengkap, kamu bisa menjelaskan secara singkat mengenai latar belakang pekerjaan dan juga pendidikanmu. Namun, jangan lupa kaitkan pengalaman tersebut dengan posisi yang kamu lamar. 

3. Contoh surat lamaran kerja di PT umum

10 Contoh Surat Lamaran Kerja di PT agar Lolos dan Diterimakosngosan.com

Contoh surat lamaran kerja di PT juga bisa dibuat secara umum jika kamu belum mengetahui posisi apa yang harus dilamar. Seperti di atas, kamu bisa mencantumkan data pribadi terlebih dahulu. 

Data pribadi tersebut berisi nama, tempat tanggal lahir, pendidikan, alamat, nomor handphone, email, dan juga status perkawinan. Setelah itu, tekankan bahwa kamu siap untuk menerima pekerjaan di PT yang bersangkutan untuk posisi apa pun. 

4. Contoh surat lamaran kerja di PT sebagai karyawan

10 Contoh Surat Lamaran Kerja di PT agar Lolos dan Diterimasuratresmi.net

Meskipun kamu bisa melamar kerja di perusahaan secara umum, tetapi lebih baik kamu melamar secara spesifik untuk posisi tertentu. Sebab, hal itu juga berpengaruh terhadap keputusan HRD untuk menerima atau menolak calon karyawan. 

Nah, untuk meyakinkan HRD di PT, kamu bisa menyebutkan kelebihan yang bisa membuatmu lebih layak untuk dipilih dibandingkan calon karyawan lainnya. Namun, hati-hati jangan sampai kamu justru terkesan sombong karenanya. 

5. Contoh surat lamaran kerja di PT sebagai sales

10 Contoh Surat Lamaran Kerja di PT agar Lolos dan Diterimatanpakoma.com

Untuk semakin meyakinkan rekruter bahwa kamu adalah calon karyawan yang baik, kamu bisa melihat contoh surat lamaran kerja di PT sebagai sales di atas. Dalam lamaran tersebut, kamu bisa melampirkan beberapa dokumen pendukung. 

Dokumen tersebut bisa disesuaikan dengan posisi yang akan kamu lamar. Jika sebagai sales, kamu bisa melampirkan daftar riwayat hidup, KTP, KK, ijazah, dan juga pas foto. Sebab, sales sangat mementingkan penampilan. 

6. Contoh surat lamaran kerja di PT yang baik dan benar

10 Contoh Surat Lamaran Kerja di PT agar Lolos dan Diterimatipkerja.com

Berbeda dari sebelumnya, kamu bisa melampirkan dokumen pendukung berupa bukti sertifikat keahlian tertentu jika mendaftar sebagai staf administrasi di PT. Sertifikat keahlian tersebut sangat penting untuk bisa membuatmu unggul dari kandidat lainnya. 

Lalu, bagian terakhir surat lamaran bisa kamu isi dengan harapan dan ucapan terima kasih kepada rekruter. Jangan lupa akhiri dengan membubuhkan tanda tangan pelamar. 

7. Contoh surat lamaran kerja di PT sebagai operator

10 Contoh Surat Lamaran Kerja di PT agar Lolos dan Diterimatipkerja.com

Contoh surat lamaran kerja di PT sebagai operator di atas bisa kamu sontek jika kamu melamar di posisi yang sama. Namun, jangan lupa untuk menambahkan dokumen yang bisa membuatmu diterima, seperti sertifikat kompetensi, surat praktik kerja, maupun surat sehat. 

Dokumen pendukung tersebut bisa membuatmu lebih unggul dari kandidat lainnya. Sebab, pelamar yang ingin mendapatkan pekerjaan di PT tentu banyak jumlahnya dan saling bersaing satu sama lain. 

8. Contoh surat lamaran kerja di PT bagian operator produksi

10 Contoh Surat Lamaran Kerja di PT agar Lolos dan Diterimalinovhr.com

Perlu diperhatikan, sebagian perusahaan masih meminta dokumen berupa SKCK untuk membuktikan bahwa calon karyawannya bersih dari kasus hukum. Jadi, kamu perlu menyiapkannya jauh-jauh hari sebelum melamar. 

SKCK merupakan singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang merupakan surat keterangan dari Polri berisi catatan riwayat kejahatan. SKCK kini tidak harus dibuat di kantor polisi seperti dulu. Kamu bisa membuatnya secara online dengan mendaftar di laman resmi skck.polri.go.id.

9. Contoh surat lamaran kerja PT di perusahaan kontraktor

10 Contoh Surat Lamaran Kerja di PT agar Lolos dan Diterimascribd.com

Setelah berhasil membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, kamu juga perlu memperhatikan tata letak surat tersebut. Seperti contoh lamaran di atas, kamu bisa mencontoh layout-nya supaya surat terlihat rapi dan enak untuk dibaca. 

Bagian biodata bisa dibuat sejajar, kemudian bagian dokumen pendukung bisa kamu sebutkan dalam format angka. Lalu, jangan lupa untuk menyisipkan satu spasi setiap paragraf supaya lebih nyaman dibaca. 

10. Contoh surat lamaran kerja di PT lengkap

10 Contoh Surat Lamaran Kerja di PT agar Lolos dan Diterimaacademia.edu

Terakhir, contoh surat lamaran kerja di PT juga harus memperhatikan kelengkapan, tata bahasa, dan juga pemilihan katanya. Pertama, pastikan kamu membuat surat lamaran lengkap, mulai dari pembuka, data diri, dokumen pendukung, penutup, dan juga tanda tangan. 

Lalu mengenai tata bahasa, pilihlah kata-kata yang formal dan baku untuk melamar kerja ke PT. Selain itu, perhatikan pula tanda baca dalam surat lamaran supaya tidak terjadi kesalahan yang membuat HRD mengurungkan niat untuk menerimamu. 

Itulah 10 contoh surat lamaran kerja di PT yang bisa dijadikan referensi. Semoga berhasil diterima di PT yang kamu inginkan ya, Bela!

Baca Juga: Struktur Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Beserta Contohnya

Baca Juga: 10 Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate yang Baik dan Benar 

Baca Juga: 8 Contoh Email Lamaran Kerja yang Benar Beserta Cara Membuatnya