Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Kucing Termahal di Dunia 2022, Harganya Capai Rp1,9 Miliar

Tertarik untuk memeliharanya?

Nafi' Khoiriyah

Salah satu hewan peliharaan yang paling banyak digemari adalah kucing. Visualnya yang menggemaskan dan tingkahnya yang lucu membuat banyak orang menyukainya. 

Biasanya, jenis kucing yang sering dipelihara oleh orang Indonesia adalah kucing Anggora atau kucing Persia. Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis kucing langka yang dinobatkan sebagai ras kucing termahal di dunia? 

Lalu, ras kucing apa saja yang termasuk dalam kucing termahal di dunia 2022? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut Popbela.com sajikan daftar lengkapnya. 

1. Ashera

flickr.com

Kucing termahal di dunia 2022 yang pertama merupakan jenis Ashera yang berasal dari Los Angeles. Kucing jenis ini hanya melahirkan 5 anak kucing setiap tahunnya.

Secara penampilan, Ashera memiliki pola yang tampak seperti macan tutul. Namun, perilaku kucing jenis ini mirip dengan kucing Savannah. Sebab, Ashera berperilaku setia, penyayang, dan juga cerdas.

Penampilan eksotisnya ini berasal dari hibrida antara kucing macan tutul Asia, kucing rumahan domestik, dan Serval Afrika. 

Kucing ras Ashera memiliki harga sekitar Rp1,9 miliar. 

2. Savannah

thesprucepets.com

Selanjutnya, kucing Savannah menjadi kucing ras termahal berikutnya. Kucing ini merupakan hibrida dari kucing Serval Afrika dan Persia domestik. Hampir sama dengan Ashera, corak kucing ini adalah bintik-bintik hitam dan memiliki telinga tinggi dan runcing. 

Dikenal sangat setia, kucing Savannah juga memiliki rasa ingin tahu dan memiliki kemampuan melompat yang mengesankan. Namun, ras kucing ini memiliki naluri berburu yang kuat sehingga kamu perlu mengawasinya jika memelihara burung atau ikan. 

Savannah memiliki harga sekitar Rp778 juta. 

3. Bengal

dailypaws.com

Kucing Bengal merupakan kucing domestik yang termasuk dalam ras kucing termahal di dunia 2022. Ia memiliki tampilan liar dan eksotis dengan bulu berbintik dan tubuh yang berotot. 

Kucing ini berasal dari perkawinan antara kucing macan tutul Asia liar dengan kucing Asian Leopard di Asia Selatan. Kucing Bengal memiliki karakteristik yang energik dan cerdas.

Namun jika dipelihara di rumah, kamu perlu hati-hati karena mungkin akan melompat ke akuarium, bermain di sakelar, dan melakukan kejenakaan lainnya. 

Kucing ras Bengal ini bernilai sekitar Rp389 juta rupiah

4. Khao Manee

thediscerningcat.com

Dikenal dengan bulu snow white dan kemampuannya membawa keberuntungan untuk keluarga mereka, Khao Manee menjadi salah satu ras kucing termahal di dunia. 

Seperti penampilannya, kucing ini sangat lucu dan manis sehingga cocok dengan anak-anak. Namun, ras ini sangat langka di Barat dan dianggap istimewa di Thailand karena disebut sebagai kucing purba yang istimewa di sana. 

Ia memiliki karakteristik mata biru atau emas dengan bulu berwarna putih. Tidak liar seperti kucing lainnya, Khao Manee sangat mudah dirawat dan cocok menjadi hewan peliharaan keluarga. 

Namun karena kelangkaannya, Khao Manee ini bernilai sekitar Rp171 juta. 

5. Persian

thesprucepets.com

Kucing termahal di dunia 2022 yang memiliki karakteristik tenang dan mudah beradaptasi adalah kucing Persia. Memiliki bulu panjang, kucing jenis ini memiliki harga yang tinggi karena popularitasnya. 

Kucing Persia memiliki pipi yang bulat, tembem, dan hidung yang mungil. Ia suka bermain dan memiliki mata yang ekspresif. Namun, kamu perlu teliti dalam perawatannya karena bulu panjangnya rentan kusut dan rontok. 

Banyak yang mengatakan bahwa kucing ras ini berasal dari Iran. Namun, sejarah membuktikan bahwa kucing ini sudah ada sejak ratusan tahun sebelum Masehi. 

Harga kucing Persia tertentu bisa mencapai Rp85 juta. 

6. Peterbald

catster.com

Berasal dari Rusia, kucing ras Peterbald ini tidak berbulu dan kulitnya menyerupai buah persik. Kucing ini menjadi hewan peliharaan menyenangkan yang dikenal dengan tubuhnya yang berotot. 

Peterbald merupakan hasil perkawinan antara Donskoy Rusia dan Shorthair Oriental. Ia memiliki karakteristik cerdas dan penyayang, tetapi memiliki kulit yang sangat sensitif. 

Dengan karakteristik tersebut, Peterbald tidak bisa menghabiskan waktu lama di luar ruangan karena rentan dengan sengatan matahari. 

Kucing Peterbald memiliki harga sekitar Rp77 juta

7. Toyger

dailypaws.com

Jenis kucing termahal di dunia 2022 selanjutnya adalah kucing Toyger. Sebelumnya, kucing ini disebut dengan California Toyger. Nama tersebut berasal dari penampilannya yang seperti harimau tetapi memiliki sifat seperti kucing domestik. 

Ia memiliki karakteristik penuh kasih sayang dan mudah dekat dengan manusia. Toyger suka bermain, tetapi juga bisa menjadi sangat manja. Bulu mereka tampak seperti jenis kucing mahal dengan warna perpaduan antara hitam dan emas bermotif harimau. 

Sementara itu, tubuhnya ramping dengan ekor yang panjang, telinga kecil, dan warna mata kuning atau hijau. 

Hampir sama seperti sebelumnya, kucing Ras Toyger memiliki harga sampai Rp77 juta rupiah. 

8. Sphynx

dailypaws.com

Kucing tidak berbulu yang masuk ke dalam kucing termahal di dunia selanjutnya adalah Sphynx. Kucing ini memiliki karakteristik yang ramah dan suka bermain, terlepas dari penampilannya yang tampak keras. 

Ia juga menjadi kucing yang setia, penuh kasih, dan juga antusias. Namun, dengan karakteristik bulu seperti kulit buah persik tersebut, Sphynx rentan terhadap sengatan matahari dan mudah kedinginan. Hal itu membuatnya cocok untuk beraktivitas di dalam ruangan saja.

Sphynx juga memiliki harga yang mahal karena langka, yakni mencapai Rp46 juta. 

9. Scottish Fold

catsmart.com

Seperti namanya, Scottish Fold merupakan ras kucing dari Skotlandia yang memiliki ciri khas bisa melipat telinganya ke bawah. Penampilannya tampak seperti boneka beruang atau burung hantu yang sangat menarik bagi para pecinta kucing Amerika. 

Meskipun penampilannya tampak sedih, tetapi kucing ini sebenarnya memiliki kepribadian yang energik dan bahagia. Ia suka dengan perhatian dan gemar bersosialisasi. 

Namun, telinga berlipat tersebut merupakan salah satu jenis kelainan tulang rawan sehingga rentan terhadap tungau dan tuli.

Dengan penampilan lucunya, Scottish Fold bernilai hingga Rp46 juta. 

10. Russian Blue

rawznaturalpetfood.com

Kucing termahal di dunia 2022 yang terakhir adalah Russian Blue. Kucing ini memiliki mata yang hijau dengan bulu yang biru sehingga sangat menarik perhatian. Ia juga memiliki karakteristik cerdas dan menyenangkan, cocok sebagai hewan peliharaan. 

Meskipun sedikit malu-malu jika bertemu dengan orang asing, Russian Blue dikenal setia kepada tuannya. Kucing ini juga disebut dengan kucing Archangel karena berasal dari kota Archangel di Rusia. 

Selain mata yang hijau, Russian blue memiliki kaki yang panjang sehingga bisa berlari dengan cepat. Ia sangat senang bermain, tetapi juga menikmati istirahat di sudut yang tenang. 

Russian Blue memiliki harga sekitar Rp46 juta. 

Itulah 10 jenis ras kucing termahal di dunia 2022 yang harganya fantastis. Di antara 10 kucing tersebut, mana yang menurutmu paling menggemaskan, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration