Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Contoh Proposal Penelitian Lengkap Beserta Cara Penyusunannya

Berguna untuk penyusunan skripsi, thesis, dan semacamnya

Nafi' Khoiriyah

Membuat proposal penelitian menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya sebagai seorang mahasiswa. Pasalnya, mahasiswa dituntut untuk melakukan berbagai penelitian yang membutuhkan dukungan dari pihak lain, di antaranya adalah dosen dan lembaga pendukung. 

Proposal penelitian itu nantinya akan menentukan apakah penelitian yang diajukan bisa mendapatkan pendanaan atau mendapatkan bimbingan dari dosen atau pihak yang bersangkutan. 

Nah, untuk sampai pada tahap tersebut, kamu perlu menyusun proposal penelitian yang baik dan benar. Supaya kamu memiliki gambaran, berikut Popbela.com sajikan penjelasan lengkap dan contoh proposal penelitian

Pengertian proposal penelitan

pexels.com/Startup Stock Photos

Sebelum kamu melihat contoh proposal penelitian, terlebih dahulu kamu perlu memahami apa itu proposal penelitian.

Menurut KBBI, proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Sementara penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data secara sistematis dan objektif untuk memecahkan persoalan. 

Dilansir ugm.ac.id, proposal penelitian merupakan rencana kerja yang terdiri atas unsur-unsur pokok dalam proses penelitian. Selain itu, proposal penelitian juga memuat informasi secukupnya bagi pembaca untuk mengevaluasi penelitian yang diajukan. 

Artinya, proposal penelitian secara singkat dapat diartikan sebagai pedoman yang berisi berbagai informasi mengenai sebuah kegiatan penelitian yang disusun secara sistematis dan terstruktur. 

Biasanya, proposal penelitian dibuat oleh mahasiswa yang akan menempuh skripsi atau tugas akhir, dan juga para profesional yang akan mengajukan dukungan untuk penelitiannya. 

Fungsi dan tujuan proposal penelitian

pexels.com/ThisIsEngineering

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, proposal penelitian dibuat untuk menjelaskan rancangan penelitian yang akan kamu lakukan. Oleh karena itu, fungsi dari proposal tersebut adalah sebagai berikut. 

  1. Meyakinkan orang lain, seperti peneliti lain, lembaga pendidikan, atau pembimbing bahwa penelitian yang akan dilakukan layak untuk didukung. 
  2. Sebagai kontrak antara pribadi yang terlibat dalam penelitian. 
  3. Menjadi perangkat perencanaan untuk membuktikan adanya kegiatan penelitian. 

Jenis-jenis proposal penelitian

unsplash.com/Kaleidico

Sebelum masuk ke contoh proposal penelitian, perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa macam proposal penelitian. Macam-macam proposal penelitian itu di antaranya adalah proposal penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, penelitian pengembangan, dan penelitian kajian pustaka. 

  1. Proposal penelitian kualitatif adalah rancangan penelitian yang dibuat untuk mengungkap gejala kontekstual melalui pengumpulan data dari berbagai latar aslinya. Proposal ini bersifat deskriptif dan menggunakan pendekatan induktif. 
  2. Proposal penelitian kuantitatif proposal yang dibuat berdasarkan kerangka teori dan gagasan ahli dengan pendekatan deduktif-induktif. 
  3. Proposal penelitian pengembangan adalah proposal yang dibuat untuk menghasilkan rancangan produk untuk memecahkan masalah yang aktual. 
  4. Proposal penelitian kajian pustaka adalah telaah pustaka yang dibuat untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber pustaka dan disajikan untuk keperluan baru. 

Format proposal penelitian

unsplash.com/Glenn Carstens-Peters

Dalam membuat proposal penelitian, kamu perlu memperhatikan format yang akan ditulis. Jangan sampai proposal itu disusun secara sembarangan sehingga membuat proposalmu tertolak.

Berikut format proposal penelitian yang lengkap. 

  1. Identitas penelitian yang berisi judul penelitian. 
  2. Ringkasan yang berisi maksud dan tujuan dari penelitian. 
  3. Latar belakang yang berisi latar belakang dan masalah yang akan diteliti, tujuan, dan urgensi penelitian. 
  4. Tinjauan pustaka yang berisi road map atau gambaran bidang yang akan diteliti dan bersifat spesifik. 
  5. Metode penelitian yang sebaiknya dilengkapi dengan diagram dan waktu pelaksanaan penelitian. 
  6. Target capaian adalah luaran yang akan dicapai dari penelitian. 
  7. Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang menggambarkan sarana yang diperlukan dan biaya yang diminta jika ada secara rinci. 
  8. Jadwal penelitian yang perlu dibuat secara terstruktur. 
  9. Daftar pustaka, sebaiknya ditulis secara urut. 

Format proposal penelitian di atas bisa saja berbeda-beda disesuaikan dengan kepentingan penelitian. Jika menginginkan proposal yang lebih singkat, kamu bisa menggabungkan beberapa bagian menjadi satu. 

1. Contoh proposal penelitian tentang prestasi belajar

pexels.com/fauxels

Judul Penelitian

Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Memproses Perjalanan Dinas Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Bantul Semester Gasal Tahun Ajaran 2016/2017

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif.
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana untuk menjawab penelitian pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk menjawab pertanyaan penelitian ketiga

Latar Belakang

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu lembaga pendidikan kejuruan yang memiliki tugas mempersiapkan peserta didiknya dengan membekali pengetahuan dan keterampilan untuk dapat bekerja sesuai dengan kompetensi dan program keahlian, memiliki daya adaptasi dan daya saing yang tinggi untuk memasuki lapangan kerja. SMK tidak hanya mempersiapkan keterampilan saja, tetapi juga menyiapkan nilai-nilai kebiasaan yang ada di dunia kerja karena siswa akan diberi bekal tentang ilmu pengetahuan khusus yang disesuaikan dengan minat serta kemampuan siswa. Minat dan kemampuan siswa dikembangkan di SMK supaya siswa siap menghadapi dunia kerja  

Tinjauan pustaka

Menurut Oemar Hamalik, (2004: 30):―Prestasi Belajar adalah adanya perubahan tingkah laku pada orang tersebut, misal dari tidak tahu menjadi tahu dan tidak mengerti menjadi mengerti‖. Menurut Syaiful Bahri Djamarah, (2011: 24) ―Prestasi Belajar adalah hasil penilaian pendidikan tentang kemajuan siswa setelah melakukan aktivitas belajar‖.

Metode penelitian

Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto, artinya penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif yang artinya semua data diwujudkan dalam bentuk angka-angka dan analisisnya menggunakan analisis statistik

Daftar pustaka

Anas Sudijono. (2014). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Andrie Andhika Putra. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi: FE UNY
Dalyono M. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

2. Contoh proposal penelitian tentang strategi pembelajaran

pexels.com/Olya Kobruseva

Judul Proposal

Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Oleh Guru Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 3 Depok

Latar Belakang Masalah
Berdasarkan hasil observasi di kelas XI AP 1 dan 2 pada 1-2 April 2022, ditemukan beberapa permasalahan dalam kegiatan pembelajaran. Pertama, rendahnya motivasi belajar siswa ketika pembelajaran berlangsung. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang melakukan aktivitas lain, seperti mengobrol, bercanda, bermain gadget, dan bahkan ada yang tidur.

Pembatasan Masalah
Belum bervariasinya strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran.

Rumusan Masalah
Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran oleh guru kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 3 Depok?

Landasan Teori
Berdasarkan pada tema penelitian yang diambil, terdapat tiga landasan teori utama. Pertama, teori mengenai strategi pembelajaran meliputi pengertian, komponen, jenis, perencanaan, dan pelaksanaan. Kedua, teori metode pembelajaran yang terdiri dari pengertian, jenis, dan perencanaan. Ketiga, teori yang membahas mengenai guru kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran mulai dari pengertian, kompetensi, keterampilan mengajar, dan perannya dalam pembelajaran.

Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sehingga data yang dihasilkan bersifat deskriptif berupa kata dan kalimat.

Informan Penelitian
Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas XI kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 3 Depok tahun ajaran 2021/2022. Pemilihan subjek penelitian yaitu guru kompetensi Administrasi Perkantoran menggunakan teknik purposive sampling. Sementara itu, untuk siswa kelas XI kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran menggunakan teknik snowball sampling.

Instrumen Pengumpulan Data
Penelitian ini berjenis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Karenanya, instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Teknik Analisis Data
Dalam penelitian ini, teknik yang digunakan adalah analisis data interaktif, yang mana terdiri dari tiga tahap kegiatan yang harus dilakukan oleh peneliti, yaitu penyajian, reduksi, dan penarikan kesimpulan dari data.

3. Contoh proposal penelitian tentang game online

pexels.com/Yan Krukov

Judul Proposal Penelitian

Pengaruh Kegiatan Bermain Game Online pada Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Purwokerto.

Latar Belakang Masalah

Adanya game online memang sudah mulai mempengaruhi kegiatan keseharian di kalangan remaja usia sekolah. Keadaan seperti ini bisa dibuktikan dengan adanya kecenderungan dari para remaja terutama yang ada di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam menghabiskan waktunya untuk bermain game online.

Fakta ini sangat jelas memprihatinkan karena seharusnya remaja usia sekolah seperti mereka banyak menghabiskan waktunya dalam melakukan kegiatan yang positif.

Batasan Masalah

Rendahnya tingkat motivasi belajar siswa kelas X A-C SMA N 1 Purwokerto.
Tingginya intensitas bermain game online yang dikerjakan oleh siswa kelas X A-C SMA N 1 Purwokerto.

Rumusan Masalah

Adakah pengaruh kegiatan bermain game online pada motivasi belajar siswa kelas X SMA N 1 Purwokerto?

Kajian Teori

Dilihat dari permasalahan yang diambil, maka pada proposal penelitian ini perlu mencantumkan dua teori, yakni terkait motivasi belajar serta game online. Kajian teori terkait motivasi belajar terdiri atas pengertian, fungsi, jenis, ciri-ciri, faktor yang mempengaruhi, serta usaha untuk meningkatkannya. Sedangkan untuk kajian teori terkait game online mencangkup pengertian, jenis, serta dampaknya.

Hipotesis

Adanya pengaruh positif serta signifikan antara variabel kegiatan bermain game online dengan motivasi belajar siswa di kelas X A-C SMA N 1 Purwokerto.

Desain Penelitian

Penelitian ini memiliki desain ex-post facto, yang mana peneliti berupaya dalam meneliti sesuatu fakta yang sudah terjadi di lapangan. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini, yakni kuantitatif sehingga dapat menghasilkan data berwujud kumpulan angka.

Populasi dan Sampel

Populasi di dalam penelitian ini berupa semua siswa kelas X A-C SMA N 1 Purwokerto yang jumlahnya sebanyak 180 orang.
Sampel pada penelitian ini akan mengambil masing-masing 30 orang dari setiap kelas untuk dijadikan sebagai subjek. Pengambilan siswa dikerjakan dengan memakai teknik simple random sampling, yang mana responden dipilih oleh peneliti secara acak.

Instrumen Pengumpulan Data

Peneliti akan mengerjakan pengumpulan data dari para responden dengan memakai instrumen berwujud angket tertutup. Di dalam angket ini sudah disusun berbagai pertanyaan terkait variabel yang diteliti, yakni kegiatan game online serta motivasi belajar.

Validitas Data

Pengujian data hasil penelitian memakai empat validitas, yakni isi (content), konstruk (construct), konkuren (concurrent), serta prediksi (predictive). Alat ukur yang akan dipakai oleh peneliti dalam menguji validitas data penelitian, yakni Product Moment dari Karl Pearson.

4. Contoh proposal penelitian tentang limbah tebu

unsplash.com/Nick Morrison

Judul Penelitian

Analisis pasa Potensi Limbah Tebu Sebagai suatu Bahan Bakar Pembangkit Listrik Energi Biomassa di Pabrik Gula.

Latar Belakang

Ditadai dengan banyak terdapat industri, maka banyak juga menghasilkan limbah terutama limbah padat yang sangat membutuhkan tempat serta penampungan yang cukup besar. Aktifnya kegiatan perindustrian di Indonesia tidak akan berlangsung secara terus menerus tanpa adanya kegiatan atau proses yang dapat menekan berbagai dampak buruk yang telah menjadi akibat dari pembuatan produk di sebuah perindustrian.

Limbah yang dihasilkan ini dapat dikelola. Salah satunya dengan mengolah limbah sisa pembuatan dari gula menjadi kompos, batako dain sebagainya. Pemanfaatan limbah kini sangat penting untuk mengatasi masalah penumpukan sampah yang ada di kota-kota besar, limbah organik industri, serta bagaimana cara menanggulangi limbah pertanian dan perkebunan.

Rumusan Masalah

Potensi pada ampas tebu dalam sistem penyediaan energi listrik.
Analisis penerapan ampas tebu yang ada di pabrik gula.

Batasan Masalah

Pengambilan data hanya yang dilakukan Pabrik Gula Madukismo Yogyakarta.
Analisis dalam perhitungan daya serta beban hanya terpusat melalui Homer.

Tujuan Penelitian

Perhitungan dari potensi ampas tebu di dalam penyediaan energi listrik
Mengetahui sebuah hasil analisa energi biomasa tebu sebagai suatu sumber energi listrik yang akan ramah lingkungan di tengah masyarakat.

Manfaat Penelitian

Penulisan dalam tugas akhir akan memberikan manfaat, antara lain menambah wawasan untuk peneliti serta dapat dijadikan pedoman untuk dapat menghadapi masalah bahan bakar yang dimana saat ini sedang dalam kondisi yang mengkhawatirkan.

Metode Penelitian

Studi ini yang dilakukan dengan cara melihat kemudian mencari literatur yang ada untuk dapat memperoleh data yang berhubungan dengan sebuah analisis pada penulisan yang ada di tugas akhir.

Penelitian Lapangan (Field Research) Berupa kegiatan peninjauan ke lokasi dengan siskusi bersama pihak-pihak yang terkait yang bertujuan mendapatkan data yang dibutuhkan oleh penulis tugas akhir ini. Penyusunan dari Tugas Akhir Setelah dilakukan suatu pengujian, data-data serta analisis yang akan diperoleh serta disusun dalam laporan tertulis.

5. Contoh proposal penelitian tentang keputusan pembelian

unsplash.com/Scott Graham

Judul Penelitian

Pengaruh Brand Image dan Product Knowledge terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Holland Bakery Pandanaran Semarang)

Latar Belakang Masalah

Usaha roti menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, tetapi disertai juga dengan ketatnya persaingan antar penjual. Dalam upaya meningkatkan penjualan, sebuah bisnis perlu memiliki keunggulan agar pembeli tertarik. Variabel penentu yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen membeli, yaitu brand image dan product knowledge.

Holland Bakery adalah perusahaan roti yang sudah lama berbisnis usaha roti. Berdasarkan data Top Brand tahun 2017-2018 dan hasil pra-survei, ditemukan bahwa Holland Bakery perlu meningkatkan brand image serta product knowledge untuk meningkatkan penjualan.

Rumusan masalah

Brand image dan product knowledge mempunyai pengaruh pada keputusan konsumen untuk membeli produk di Holland Bakery Pandanaran Semarang.

Manfaat Penelitian 

Penelitian ini memiliki beberapa manfaat, yaitu diharapkan dapat menambah wawasan peneliti, dapat membantu perusahaan untuk merencanakan strategi pemasaran, dan diharapkan dapat memperluas pengetahuan pembaca.

Landasan Teori 

Penelitian ini memakai teori model perilaku konsumen, indikator keputusan pembelian konsumen, dan pengaruh brand image dan product knowledge. Pemakaian teori tersebut membantu untuk melihat hubungan variabel brand image dan product knowledge pada keputusan pembelian konsumen.

Hipotesis

Citra produk dan pengetahuan produk sama-sama memiliki pengaruh yang signifikan pada keputusan pembelian di Holland Bakery.

Metode penelitian 

Penelitian ini bertipe penelitian eksplanatori. Teknik pengambilan sampel memakai metode nonprobability sampling dengan mengambil 100 sampel konsumen Holland Bakery. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. 

Skala pengukuran menggunakan metode pengukuran skala likert dengan lima tingkatan skala. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan dua metode, yaitu regresi linear sederhana dan berganda.

6. Contoh proposal penelitian tentang minat baca

freepik.com/jcomp

Judul Penelitian

Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Kelas VA SD Negeri 146 Pekanbaru

Latar Belakang 

Fakta bahwa rendahnya minat baca anak menjadi permasalahan yang terjadi di lingkungan sekolah. Berangkat dari masalah tersebut, pemerintah meluncurkan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang diharapkan bisa meningkatkan minat baca anak. 

SD Negeri 146 Pekanbaru sudah melaksanakan program tersebut untuk meningkatkan minat baca anak pada kelas VA. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya terdapat berbagai kendala.

Masalah yang dijumpai tersebut meliputi kurangnya sarana buku, perilaku siswa yang tidak menunjukan ketertarikan untuk membaca, dan lainnya. 

Batasan Masalah

Rendahnya tingkat minat baca anak pada kelas VA, SD Negeri 146 Pekanbaru. Ada berbagai kendala yang menghambat jalannya kegiatan. 

Rumusan Masalah

Apa dampak program Gerakan Literasi Sekolah pada tingkat minat baca anak kelas VA?

Kajian Pustaka

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan usaha menyeluruh dengan mengikutkan banyak pihak dalam rangka mewujudkan sekolah sebagai institusi yang memiliki warga literat (Faizah, dkk dalam Azmi, 2019: 13).

Secara umum, gerakan ini bertujuan untuk membina budi pekerti siswa dengan menjadikannya sebagai pembelajar melalui membiasakan budaya literasi (Faizan, 2016: 2).

Hipotesis Penelitian

Terdapat dua hipotesis dalam penelitian ini, yaitu ada pengaruh GLS atau tidak ada pengaruh program tersebut terhadap minat baca anak.

Tempat dan Jangka Waktu Penelitian

Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 146 Pekanbaru dengan jangka waktu selama bulan April sampai Mei 2021.

Populasi dan Sampel

Peneliti mengambil populasi dari 40 siswa kelas VA, SD Negeri 146 Pekanbaru. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik total sampling dan mengambil sampel uji coba sebanyak 20 dari 35 siswa kelas VB.

Variabel Penelitian

Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yaitu variabel bebas dan terikat. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) menjadi variabel bebas pada penelitian ini. Variabel terikatnya adalah minat baca anak. 

Metode Penelitian

Pengumpulan data menggunakan teknik angket tertutup dari pengukuran skala dari nilai 1-4 (tidak pernah-selalu) dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul akan dianalisis menggunakan teknik uji prasyarat analisis dan analisis deskriptif. Hipotesis akan diuji menggunakan analisis linier sederhana pada dua variabel penelitian.

7. Contoh proposal penelitian tentang work-life balance

freepik.com/ senivpetro

Judul Penelitian

Pengaruh Work-Life Balance Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di PT ICHI TAN Indonesia

Latar Belakang Masalah

Dalam sebuah perusahaan, sumber daya manusia (SDM) memegang peranan penting dalam keberhasilan perusahaan. Produktivitas karyawan menjadi perhatian perusahaan, maka perlu adanya work-life balance untuk memenuhi kepuasaan kerja sehingga menciptakan suasana kerja yang menyenangkan.

PT ICHI TAN Indonesia merupakan perusahaan manufaktur yang sudah berdiri sekitar delapan tahun. Perusahaan ini tergolong perusahaan manufaktur yang belum terlalu besar. Peneliti memilih perusahaan ini untuk menggali hubungan antara work-life balance karyawan dengan kepuasan kerja di PT ICHI TAN Indonesia.

Rumusan Masalah

Penjelasan mengenai kepuasan kerja dan work-life balance dan pengaruh work-life balance pada kepuasan kerja karyawan di PT. ICHI TAN Indonesia.

Manfaat Penelitian 

Ada dua manfaat tugas akhir ini, yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis. Manfaat teoretis dari penelitian ini diharapkan hasil penelitian dapat memberikan manfaat pada memperkaya kajian mengenai ilmu manajemen sumber daya manusia. 

Manfaat praktisnya diharapkan bisa sebagai bahan referensi bagi perusahaan untuk mengelola kebijakan terkait pengelolaan sumber daya manusia. 

Objek Penelitian 

Tugas akhir ini mengambil objek dari karyawan di PT ICHI TAN Indonesia di Alfa Tower, Tangerang, Banten.

Populasi dan Sampel

Peneliti mengambil populasi dari 113 karyawan di PT ICHI TAN Indonesia dengan mengambil 53 sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan proportional sampling.

Metode Penelitian

Ada dua tahapan metode mulai dari pengumpulan data hingga analisis data. Metode pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner. Setelah data terkumpul, data akan dianalisis dari validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan SPPS versi 25.0. Analisis data juga menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.

Itulah 7 contoh proposal penelitian beserta cara penyusunan yang bisa kamu jadikan referensi agar berhasil menerima dukungan dari pihak terkait.

Jangan lupa untuk menyusun struktur proposal yang runtut dan rapi sehingga memberikan kesan yang baik untuk pembaca. Semoga bermanfaat, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration