Proposal pengajuan dana penting untuk menentukan keputusan calon donatur. Proposal yang tidak tepat akan berujung pada kegagalan dalam memikat calon donatur. Maka itu harus dibuat secara cermat dan sesuai dengan tujuannya. Terdapat beberapa jenis proposal pengajuan bantuan dana sesuai dengan kepentingannya. Berikut ada tips dan contohnya!

Tips Membuat Proposal Pengajuan Dana

Tips dan Contoh Proposal Pengajuan Dana untuk Pikat Calon Donatur canva.com

Penulisan proposal pengajuan dana harus disampaikan secara realistis, jelas dan terperinci serta tidak bertele-tele. Ada 3 hal yang diperhatikan dalam membuat proposal:

  1. Informatif, isi proposal harus memberikan informasi sedetail mungkin terkait dengan maksud pengajuan dana tersebut. Bila isi proposal mencerminkan sesuatu hal yang baik, seperti, untuk modal usaha atau kegiatan positif lainnya maka donatur pun tak akan sungkan.
  2. Profesional, logika dan profesionalitas harus dikedepankan dalam mengajukan permohonan dana. Jangan terlibat emosi atau perasaan, yang berarti jangan berharap lebih dan memaksa jika sang donatur terlihat tidak tertarik.
  3. Transparasi, hal ini sangat perlu diterapkan. Berikanlah laporan yang jelas dan lengkap sejak awal. Kalian dapat menyebutkan berapa total dana yang diperlukan untuk suatu kegiatan atau kepentingan tersebut, untuk apa saja pengeluarannya dan dari mana saja pemasukannya.

1. Contoh Proposal Pengajuan Dana Usaha

Tips dan Contoh Proposal Pengajuan Dana untuk Pikat Calon Donatur pexels.com/karolinagrabowska

I. LATAR BELAKANG

Secara geografis Desa Ciganitri terletak di pesisir pantai yang lautnya memiliki beragam biota laut baik ikan hias maupun ikan konsumsi. Mata pencaharian penduduknya banyak yang lebih terfokus pada pembudidayaan ikan hias skala rumah tangga selain juga ada yang menekuni pekerjaan lain seperti berkebun, beternak dan lainnya.

Adapun khusus masyarakat/penduduk yang menekuni bidang pembudidayaan ikan hias, satu permasalahan kerap terjadi adalah tatkala harga bibit terjun bebas sehingga perbandingan antara tenaga dan biaya operasional yang dikeluarkan sangat tidak berimbang.

Hal ini terjadi disebabkan beberapa faktor antara lain karena over produksi, faktor alam, dan faktor-faktor lainnya. Akibat dari permasalahan tersebut banyak para pekerja dan pemilik dari usaha budidaya tersebut beralih profesi bahkan eksodus ke daerah lain untuk mencari sumber penghasilan baru.

II. TUJUAN

Secara singkat dapat kami paparkan tujuan dibentuknya kelompok nelayan (Nama Kelompok Usaha) Desa Ciganitri sebagai berikut:

1.      Meningkatkan hasil penangkapan ikan konsumsi, dengan tersedianya fasilitas serta alat-alat penangkapan yang memadai;

2.      Merubah pola pikir setiap anggota, dari menangkap ikan sebagai pekerjaan sambilan menjadi profesi yang menjanjikan dan menghasilkan;

3.      Sebagai media informasi dan bertukar pikiran dengan terbentuknya kelompok nelayan serta dibangunnya balai kelompok nelayan yang refresentatif, dimana sebelumnya masing-masing anggota berjalan sendiri-sendiri;

4.      Memupuk rasa kerja sama dan solidaritas sesama nelayan

III. KENDALA

Dari kegiatan penangkapan ikan konsumsi yang telah maupun akan dilaksanakan, ada beberapa kendala yang dirasakan sehingga keinginan untuk lebih memaksimalkan hasil tangkapan masih jauh dari harapan.

Kendala-kendala tersebut antara lain:

1.      Tidak tersedianya fasilitas penunjang yang semestinya dimiliki antara lain: Jaring penangkap ikan, perahu viber, genset, maupun mesin dorong;

2.      Tidak adanya modal untuk pengadaan fasilitas penunjang tersebut di atas, oleh karena seluruh anggota kelompok adalah masyarakat yang penghasilannya pas-pasan.

IV. DAFTAR KEBUTUHAN FASILITAS KELOMPOK NELAYAN

Terlampir

V. PENUTUP

Sebuah keinginan besar ingin dicapai lewat terbentuknya kelompok nelayan (Nama Kelompok Usaha) Desa Ciganitri serta dengan adanya fasilitas dan alat-alat penunjang penangkapan ikan konsumsi, yakni agar bagaimana kesejahteraan anggota kelompok khususnya serta masyarakat pada umumnya bisa meningkat.

2. Contoh Proposal Pengajuan Dana UMKM

Tips dan Contoh Proposal Pengajuan Dana untuk Pikat Calon Donatur pexels.com/rfstudio

I. PENDAHULUAN

Produk dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di desa (nama desa/daerah) saat ini mampu bersaing dengan produk impor. Bahkan, produk yang ditawarkan kualitasnya tak kalah jika dibandingkan dengan produk lain yang serupa.

Kami membuat kerajinan tangan yang terbuat dari bambu lantaran kualitas bambu dari desa (nama desa) cukup terkenal. Banyaknya pelaku UMKM dengan modal usaha sendiri membuat kami kerap kesulitan memenuhi permintaan dari luar negeri.

Maka dari itu, melalui proposal ini kami (nama UMKM) mengajukan permohonan bantuan dana supaya pelaku usaha tetap bertahan.

II. LATAR BELAKANG

Melejitnya produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) karena dibukanya keran impor oleh pemerintah membuat permintaan kerajinan (nama UMKM) kebanjiran peminat dari luar negeri. Permintaan datang dari China, Vietnam, Thailand, hingga Eropa

Sayangnya, beberapa pelaku UMKM tidak dapat memenuhi permintaan tersebut lantaran terbatasnya fasilitas usaha.

III. MAKSUD DAN TUJUAN

Pengajuan permohonan bantuan dana untuk pelaku UMKM seiring permintaan yang besar dari luar negeri terhadap produk di desa (nama desa).

IV. USAHA

Jenis usaha yang dijalankan bervariasi mulai dari kerajinan tangan, suvenir, sepatu bambu, hingga tas bambu.

V. ANGGARAN DANA YANG DIAJUKAN

Terlampir

VI. PENUTUP

Besar harapan kami sebagai pelaku UMKM untuk terus memberikan kontribusi pada negara melalui produk yang dipasarkan ke luar negeri. Dengan demikian, kami berharap supaya permohonan pengajuan proposal dana ini dapat dipertimbangkan. Alhasil, para pelaku UMKM tetap bertahan serta dapat memenuhi permintaan dari luar negeri.

3. Contoh Proposal Pengajuan Dana Pembangunan Yayasan

Tips dan Contoh Proposal Pengajuan Dana untuk Pikat Calon Donatur pexels.com/fauxels

A. LATAR BELAKANG

Tujuan Pendidikan Nasional adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa serta menjadikan manusia seutuhnya yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan berbudi luhur. Pendidikan bisa berjalan lancar apabila ada kerja sama dari semua pihak, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat dan tersedianya sarana prasarana yang cukup memadai dalam proses pembelajarannya berlangsung.

Namun, di Desa Sukacita, pembangunan Yayasan Berdikari yang dibangun atas azas gotong royong belum sepenuhnya bisa terlaksana. Ini karena keadaan orang tua siswa dalam kondisi ekonomi menengah ke bawah yang rata-rata berprofesi sebagai petani, guru, dan buruh. Kami selaku pengurus tidak meminta bayaran sepeser pun karena tidak ingin memberikan beban tambahan bagi mereka.

Jika dilihat dari permasalahan seperti ini, kami bermaksud mengajukan permohonan bantuan dana pembangunan gedung Yayasan Berdikari kepada para donatur dalam rangka memenuhi kebutuhan yang ada.

B. TUJUAN

Untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana yang bisa memadai sehingga bisa memberikan rasa nyaman dan aman bagi para guru dan pelajar. Terselenggaranya sistem pembelajaran yang baik sehingga bisa tercapai kompetensi pembelajaran yang pas standar pendidikan nasional. Demi mewujudkan lingkungan sekolah yang memadai dan memberikan rasa nyaman.

C. SASARAN PEMBANGUNAN

Pembangunan gedung Yayasan Berdikari beralamat di Desa Sukacita.

D. RENCANA ANGGARAN

Terlampir

E. SUMBER DANA

Untuk merealisasikan pengadaan pembangunan gedung, membutuhkan dana setidaknya sebesar Rp357.000.000,- (tigaratus limapuluh tujuh juta rupiah) yang bersumber dari bantuan para donatur, baik secara instansi ataupun perorangan.

F. SUSUNAN PENGURUS

Penanggung jawab       : (nama Ketua Yayasan)

Sekretaris                       : ……….

Bendahara                     : …………

G. PENUTUP

Demikian proposal ini kamu ajukan, semoga menjadi bahan pertimbangan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

4. Contoh Proposal Dana Kegiatan Sekolah

Tips dan Contoh Proposal Pengajuan Dana untuk Pikat Calon Donatur 

A. JUDUL PROPOSAL

Gelar Seni dan Budaya Siswa-Siswi SMA N 2 Wonosari dalam Rangka Acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

B. LATAR BELAKANG

Pentas seni merupakan ajang yang tepat untuk menggali kreativitas siswa-siswi di luar potensi akademik. Melalui pagelaran pentas seni, siswa-siswi dapat menunjukkan bakat yang dimilikinya kepada publik. Kondisi ini tentu sangat bagus untuk perkembangan siswa-siswi yang bersangkutan maupun pihak sekolah.

C. TEMA

Dalam kegiatan ini, kami selaku panitia telah sepakat untuk mengangkat tema "Menjadi Pemuda Produktif, Kreatif, dan Berdikari dalam Meraih Masa Depan". Melalui tema ini diharapkan seluruh siswa-siswi SMA N 2 Wonosari menyadari pentingnya memanfaatkan waktu secara produktif, caranya yaitu dengan melakukan berbagai kegiatan kreatif untuk meraih masa depan sesuai cita-cita.

D. MAKSUD DAN TUJUAN

Pengajuan permohonan bantuan dana untuk pelaksaan kegiatan yang akan dilakukan di SMA N 2 Wonosari.

E. MACAM KEGIATAN

  • Teater
  • Pagelaran music band
  • Sendra tari
  • Drama kolosal
  • Seni islami
  • Pertunjukan pencak silat
  • Stand up comedy

F. PESERTA

Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa-siswi perwakilan dari setiap kelas X, XI, dan XII SMA N 2 Wonosari.

G. WAKTU DAN TEMPAT

1. Pentas drama kolosal dan teater

Hari/tanggal: Kamis, 28Oktober 2017. Pukul: 17.00-20.00 WIB. Tempat: Lapangan upacara SMA N 2 Wonosari.

2. Pentas sendra tari, seni islami, pencak silat

Hari/tanggal: Jumat, 29 Oktober 2017. Pukul: 17.00-20.00 WIB. Tempat: Lapangan upacara SMA N Wonosari.

3. Pentas stand up comedy dan music band

Hari/tanggal: Sabtu, 30 Oktober 2017. Pukul: 08.00-15.00 WIB. Tempat: Aula SMA N Wonosari.

H. SUSUNAN PANITIA

Terlampir

I. ANGGARAN DANA

Terlampir

Nah, itu dia tips dan contoh proposal pengajuan dana yang tepat. Semoga berhasil!

Baca Juga: Mudah Dipahami, Ini 7 Contoh Surat Penawaran Barang

Baca Juga: Mempermudah Izin dan Kegiatanmu, Ini Kumpulan Contoh Surat Dinas

Baca Juga: Diperlukan Saat Bekerja, Ini Struktur dan Contoh Surat Tugas