Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar

Berisi ungkapan syukur dan terima kasih

Nafi' Khoiriyah

Setiap menulis karya ilmiah, seperti makalah, proposal, hingga skripsi, kamu biasanya perlu mengawalinya dengan menulis kata pengantar. Meskipun tampak sederhana, tetapi menulis kata pengantar tidak semudah kelihatannya. 

Biasanya, bagian ini berisi ungkapan syukur dan terima kasih dari penulis. Tak hanya itu saja, kata pengantar juga akan mengantarkan pembaca untuk membaca karya ilmiah tersebut lebih lanjut. 

Nah, supaya kamu memiliki gambaran, simak contoh kata pengantar makalah yang baik dan benar berikut ini. 

Apa itu kata pengantar?

pexels.com/ŠŠ»ŠµŠŗсŠ°Š½Š“Š°Ń€ Š¦Š²ŠµŃ‚Š°Š½Š¾Š²Šøћ

Sebelum melihat contoh kata pengantar makalah yang baik dan benar, kamu perlu mengetahui pengertian kata pengantar terlebih dahulu. Kata pengantar merupakan salah satu bagian dalam karya tulis yang berisi ungkapan rasa syukur dan terima kasih dari penulis. 

Ucapan terima kasih tersebut sebagian besar ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa, orang tua, sampai orang-orang yang berjasa dalam penulisan karya. Sementara itu, ungkapan syukur dituliskan karena telah berhasil menyelesaikan makalah tersebut. 

Di bagian kata pengantar ini, penulis juga akan meminta kritik dan saran dari pembaca untuk menyempurnakan karya tulisnya. Biasanya, kata pengantar diletakkan di bagian awal dan ditulis secara terpisah di halaman tersendiri.

Fungsi kata pengantar

unsplash.com/Gabrielle Henderson

Bukan hanya sebagai pelengkap saja, contoh kata pengantar yang baik dan benar memiliki beberapa fungsi penting pada karya tulis. Adapun fungsi atau manfaat kata pengantar adalah sebagai berikut. 

  1. Membuat pembaca penasaran untuk membaca keseluruhan karya tulis karena berisi gambaran mengenai keseluruhan karya.
  2. Mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada pihak-pihak yang turut berperan membantu menyelesaikan makalah. 
  3. Mendapatkan masukan dan kritik yang membangun dari pembaca untuk memperbaiki karya ilmiah selanjutnya.

Struktur kata pengantar

unsplash.com/Beatriz PĆ©rez Moya

Cara membuat contoh kata pengantar yang baik dan benar tidak bisa sembarangan. Terdapat struktur kata pengantar yang dibuat sesuai tujuan dan penggunaannya. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui struktur kata pengantar berikut ini sebelum melihat contoh kata pengantar makalah yang baik dan benar. 

  • Pembuka

Bagian pertama kata pengantar dibuka dengan kalimat pembuka yang berisi ungkapan syukur penulis karena telah menyelesaikan karya tulisnya.

Selain ungkapan syukur, bagian pembuka kata pengantar juga berisi ucapan terima kasih kepada pihak yang terlibat dalam penyelesaian makalah. Kamu bisa menuliskan nama atau jabatan pihak yang bersangkutan satu-persatu. 

  • Isi 

Kemudian, bagian inti kata pengantar adalah isi. Bagian ini akan menyajikan gambaran keseluruhan karya tulis yang telah kamu buat dalam bentuk uraian singkat.

Namun, alih-alih terlalu panjang, kamu bisa membuat gambaran tersebut singkat dan persuasif sehingga bisa menarik perhatian pembaca. 

  • Penutup

Bagian terakhir kata pengantar adalah penutup. Bagian ini berisi permohonan maaf serta permintaan kritik dan saran penulis kepada pembaca.

Sebab, dalam suatu karya pasti terdapat kesalahan, baik yang sengaja atapun tidak sengaja. Kritik dan saran tersebut bisa menjadi masukan untuk karya tulis penulis lainnya di kemudian hari. 

Contoh kata pengantar makalah yang baik dan benar

1. Contoh kata pengantar makalah singkat

unsplash.com/Arisa Chattasa

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat-Nya sehingga makalah ini dapat tersusun sampai dengan selesai. Tidak lupa, kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik pikiran maupun materinya.

Penulis sangat berharap semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi pembaca. Bahkan, kami berharap lebih jauh lagi agar makalah ini bisa pembaca praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Penyusun merasa bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman penulis. Untuk itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Yogyakarta, 24 Oktober 2022

Penulis

2. Contoh kata pengantar makalah yang baik dan benar

pexels.com/Cytonn Photography

Kata Pengantar

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul ‘’…….’’. Atas dukungan moral dan materi yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Bapak Sidiq, M.E., selaku kepala sekolah SMA N 88 Jakarta yang telah memberikan bimbingan, saran, ide, dan juga kesempatan untuk menggunakan fasilitas sekolah untuk menunjang pembuatan makalah.
  2. Ibu Rima, S.Pd., selaku guru pembimbing kami, yang memberikan dorongan, masukan kepada penulis.
  3. Ibu Sintha, S.S., selaku wali kelas kami, yang banyak memberikan materi pendukung, bimbingan, dan masukan kepada penulis.
  4. Orang tua penulis yang banyak memberikan dukungan baik moral maupun materi.
  5. Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu yang telah membantu dalam proses penyusunan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna dan masih terdapat beberapa kekurangan. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca untuk penyempurnaan makalah ini.

Semarang, 4 Juni 2022

Penulis

3. Contoh kata pengantar makalah mahasiswa

unsplash.com/Bruno Fernandes

Kata Pengantar 

Alhamdulillah, puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Ta’ala. Berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya, makalah yang berjudul, “...” dapat terselesaikan dengan baik.

Penulis berharap makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi pembaca tentang "...".

Begitu pula atas limpahan kesehatan dan kesempatan yang Allah SWT karuniai kepada kami sehingga makalah ini dapat kami susun melalui beberapa sumber, yakni melalui kajian pustaka maupun melalui media internet.

Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kami semangat dan motivasi dalam pembuatan tugas makalah ini. Kepada kedua orang tua kami yang telah memberikan banyak kontribusi bagi kami, dosen pembimbing kami, Bapak Pujiono, M.Hum. dan Ibu Tuti Widya Sari, S.S., M.A., serta kepada teman-teman seperjuangan yang membantu kami dalam berbagai hal.

Harapan kami, informasi dan materi yang terdapat dalam makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Tiada yang sempurna di dunia, melainkan Allah SWT. Oleh karena itu, kami memohon kritik dan saran yang membangun bagi perbaikan makalah kami selanjutnya.

Demikian makalah ini kami buat, apabila terdapat kesalahan dalam penulisan atau pun ketidaksesuaian materi yang kami angkat pada makalah ini, kami mohon maaf. Kami menerima kritik dan saran seluas-luasnya dari pembaca agar bisa membuat karya makalah yang lebih baik pada kesempatan berikutnya.

Bandung, 5 Januari 2022

Penulis

4. Contoh kata pengantar makalah karya ilmiah biologi

pexels.com/energepic.com

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas rahmat dan hidayah-Nya, penulis bisa menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul "Cara Mengatur Pola Makan untuk Menurunkan Berat Badan."

Tak lupa, penulis mengucapkan terima kasih kepada Ibu Eni selaku guru Mata Pelajaran Biologi yang telah membantu penulis dalam mengerjakan karya ilmiah ini. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah berkontribusi dalam pembuatan karya ilmiah ini.

Karya ilmiah ini memberikan panduan praktis dalam mengatur pola makan. Bagi orang-orang dengan berat badan berlebih, pengaturan pola makan yang tepat dibutuhkan agar diperoleh berat badan yang ideal.

Penulis menyadari ada kekurangan pada karya ilmiah ini. Oleh sebab itu, saran dan kritik senantiasa diharapkan demi perbaikan karya penulis. Penulis juga berharap semoga karya ilmiah ini mampu memberikan pengetahuan tentang pola makan dan berat badan yang sehat.

Surabaya, 6 April 2022

Penulis

5. Contoh kata pengantar skripsi

unsplash.com/freddie marriage

Kata Pengantar

Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah Ta’ala yang telah memberikan banyak nikmat, terutama nikmat kesehatan dan kesempatan sehingga proses pembuatan skripsi tentang kajian media ini dapat penulis laksanakan dengan baik.

Begitu juga atas rahmat Allah SWT, skripsi dengan judul "Pembangunan Kota Jakarta dalam Wacana Berita Media Daring Popbela.com: Kajian Analisis Wacana Kritis"  dapat penulis selesaikan dengan baik pula.

Penulis menyadari banyak pihak yang membantu dan berkontribusi dalam terselesaikannya skripsi ini. Segala bentuk bantuan, baik berupa dukungan moral dan materi sangat membantu penulis dalam mengumpulkan semangat dan keinginan untuk menyelesaikan studi.

Dengan demikian, penulis ucapkan terima kasih dengan ketulusan hati kepada pihak-pihak yang telah membantu dan membimbing penulis selama menyusun skripsi ini, yakni kepada:

  1. Prof. Dr. Mulyono, M.Hum., selaku Rektor Universitas Negeri Jakarta
  2. Dr. Widyasari, M.Hum., selaku Dekan Fakultas Bahasa dan Seni
  3. Dr. Anis Mulyani, M.Pd., selaku Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
  4. Dr. Humam Bakdi, M.Hum., selaku pembimbing skripsi penulis
  5. Bapak Suyatno dan Ibu Fitriyati yang tidak pernah lelah mendoakan dan memberi dukungan
  6. Narasumber dari Popbela.com yang berkenan membantu.

Semoga Allah Ta’ala memberikan pahala yang berlimpah atas segala bentuk bantuan yang telah diberikan kepada penulis. Selain itu, penulis juga berharap agar skripsi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dari berbagai kalangan.

Penulis juga mengucapkan permohonan maaf jika selama proses penyusunan skripsi banyak melakukan kesalahan, baik berbentuk lisan maupun tulisan, yang dilakukan secara disengaja maupun tidak disengaja. Salam.

Jakarta, 30 Desember 2021

Penulis

6. Contoh kata pengantar proposal

pexels.com/Moose Photos

Kata Pengantar 

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat rahmat-Nya penulis bisa menyelesaikan proposal penelitian yang berjudul "Analisis Manajemen Pasar PT Buana Nusantara" tepat pada waktunya. 

Tujuan dari penulisan proposal penelitian ini ialah untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonimi Jurusan Manajemen. 

Tak lupa, penulis hendak menyampaikan terima kasih bagi semua pihak yang telah memberikan dukungan baik dukungan secara moral maupun material hingga proposal penelitian dapat selesai. 

Ucapan terima kasih ini penulis tujukan kepada: 

  1. Bapak Busdiono, M. M., selaku dosen yang telah mendidik dan memberikan bimbingan selama perkuliahan. 
  2. Pimpinan PT Buana Nusantara dan seluruh staf atas kesempatan dan bantuan yang diberikan kepada penulis. 
  3. Ayah, Ibu, dan adikku yang telah memberikan doa dan semangat selama menyusun proposal penelitian ini. 

Meskipun telah berusaha menyelesaikan dengan sebaik mungkin, penulis menyadari masih ada kekurangan dalam proposal penelitian ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca sekalian. 

Akhir kata, semoga proposal penelitian ini berguna untuk pembaca dan pihak yang berkepentingan. 

Yogyakarta, Januari 2023

Penulis

7. Contoh kata pengantar laporan magang

Pexels.com/Christina Morillo

Kata Pengantar 

Kami ucapkan puji syukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat-Nya penulis bisa menyelesaikan kegiatan magang di PT Murah Sejahtera Bandung. 

Laporan ini dibuat untuk memenuhi persyaratan tugas mata kuliah magang di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Bandung. Adapun tujuan dibuatnya laporan berikut adalah untuk melaporkan segala sesuatu terkait dengan dunia kerja di PT Murah Sejahtera. 

Dalam penyusunan laporan magang ini, tak lepas dari pengarahan dan bimbingan dari berbagai pihak. Maka, penulis mengucapkan terima kasih dan hormat kepada semua pihak yang telah membantu. Pihak-pihak tersebut di antaranya: 

  1. Seluruh dosen di Fakultas Ilmu Budaya yang sudah memberikan informasi mengenai kegiatan magang. 
  2. Bapak Ari selaku Direktur PT Murah Sejahtera. 
  3. Karyawan dan karyawati PT Murah Sejahtera yang telah tulus memberikan arahan kepada penulis selama magang. 

Oleh karena kebaikan semua pihak yang telah disebutkan tadi, penulis bisa menyelesaikan laporan magang ini dengan sebaik-baiknya. Meskipun masih jauh dari kata sempurna, tetapi semoga laporan ini bisa bermanfaat untuk beragai pihak. 

Surabaya, Juni 2022

Penulis

8. Contoh kata pengantar makalah individu

unsplash.com/Windows

Kata Pengantar 

Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan makalah berjudul "Analisis Wilayah Rawan bencana di Kecamatan Kembang, Pacitan."

Makalah ini diajukan untuk memenuhi syarat perolehan gelar Sarjana Geografi di Fakultas Geografi Universitas Negeri Pacitan. Selain itu, penulisan makalah ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca dan masyarakat. 

Makalah ini dapat diselesaikan karena bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada: 

  1. Bapak Ketua Jurusan Geografi Universitas Negeri Pacitan yang telah memudahkan perizinan penelitian ini. Dorongan dan semangat beliau memotivasi penulis untuk segera menyelesaikan penelitian. 
  2. Ibu pembimbing yang selalu memberikan bimbingan, meluangkan waktu, dan memberikan masukan sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini.
  3. Bapak Kepala Laboratorium Geografi yang telah memudahkan penulis saat melakukan uji laboratorium.

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna karena keterbatasan ilmu dan pengalaman penulis. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun akan diterima dengan senang hati. Semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi semua pihak yang memerlukannya. 

Kediri, 8 Maret 2023

Penulis

9. Contoh kata pengantar praktikum

Pixabay.com/Luvqs

Kata Pengantar 

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah menganugerahkan nikmat sehingga penulis dalat menyusun laporan praktikum biologi ini. Laporan berikut berisi uraian hasil riset berkaitan dengan "Kandungan Asam pada Buah Durian". 

Laporan ini penulis susun dengan bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, yaitu Ibu Endar, M. SC selaku dosen mata kuliah biologi. Bapak Arya, M. Sc selaku kepala laboratorium biologi, serta Kak Nisa selaku asisten laboratorium. Oleh karena itu, kami sampaikan terima kasih atas waktu, tenaga, dan pikirannya yang telah diberikan. 

Dalam penyusunan laporan ini, kami menyadari bahwa hasil laporan praktikum ini masih jauh dari kata sempurna. Maka dari itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca. 

Akhir kata, semoga laporan praktikum ini bisa memberikan manfaat untuk kami dan seluruh pihak yang berkepentingan. 

Malang, Agustus 2021

Penulis

10. Contoh kata pengantar karya tulis

pexels.com/Polina Zimmerman

Kata Pengantar 

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan hidayah dan rahmat-Nya sehingga penulis bisa menyelesaikan karya tulis berjudul "Pengaruh Garam terhadap Stamina Tubuh." 

Adapun tujuan penulisan ini ialah untuk memenuhi tugas dari mata kuliah gizi kesehatan. Diharapkan, karya ini bisa menjadi penambah wawasan untuk pembaca dan penulis. 

Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Drs. Sugianto pada mata kuliah gizi kesehatan yang telah mempercayakan tugas ini kepada penulis. Dengan begitu, penulis bisa memperdalam pengetahuan tentang bidang studi yang ditekuni. 

Terima kasih juga penulis ucapkan kepada semua pihak yang telah membagikan pengetahuannya kepada penulis sehingga karya tulis ini bisa selesai tepat waktu. 

Meski begitu, penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Penulis mengharapkan kritik serta saran untuk kesempurnaan makalah ini. 

Yogyakarta, 16 Mei 2022 

Penulis

Itulah 10 contoh kata pengantar makalah yang baik dan benar beserta penjelasan lengkapnya. Semoga contoh dan penjelasan di atas membantu menjawab pertanyaanmu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration