Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Mengetahui TV Digital atau Analog dengan Mudah dan Cepat

Ikuti langkah-langkah berikut ini

Nafi' Khoiriyah

Belum lama ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menjalankan program migrasi siaran TV analog ke TV digital atau analog switch off (ASO) di Indonesia. 

Siaran TV digital ini menurut Kominfo, masyarakat akan mendapatkan kualitas tayangan yang lebih jernih, bersih, dan teknologi yang lebih canggih. Namun, hal ini membuat banyak orang kebingungan. 

Sebab, masih banyak masyarakat yang tidak mengerti apakah TV miliknya sudah merupakan TV digital atau belum. Nah, untuk lebih jelasnya, terdapat beberapa cara mengetahui TV digital atau analog

Simak beberapa caranya dan ikuti langkah berikut ini ya, Bela!

1. Cara cek TV analog atau digital lewat laman Kominfo

pexels.com/Lisa Fotios

Cara mengetahui TV digital atau analog  yang pertama adalah dengan mengunjungi laman Kominfo. Dalam laman tersebut, kamu bisa mengetahui apakah TV yang kamu miliki bisa menangkap siaran digital atau belum.

Di dalamnya, kamu juga bisa mengecek perangkat tambahan lainnya yang bisa menangkap siaran digital dengan baik. 

Berikut adalah langkah pengecekan di laman Kominfo. 

  1. Buka laman resmi Kominfo di siarandigital.kominfo.go.id 
  2. Cari menu ‘Perangkat TV Digital’ di laman tersebut
  3. Pilih menu 'Pilih Kategori' kemudian klik 'Televisi'
  4. Masukkan merek TV dan tipenya pada kolom pencarian
  5. Tipe TV akan tertera jika sudah termasuk ke dalam siaran digital
  6. Jika belum terdaftar, akan muncul keterangan "Mohon maaf, perangkat yang anda cari tidak terdaftar pada database kami atau belum memiliki sertifikasi perangkat"
  7. Jika belum terdaftar, kamu perlu set top box untuk menerima sinyal TV digital. 

2. Cara cek TV analog atau digital di bagian TV

pexels.com/JESHOOTS.com

Selain mengecek di laman Kominfo, kamu juga bisa mengecek apakah TV milikmu termasuk digital atau analog dari bagian televisi. Bagian tersebut adalah sticker di belakang layar dan remote TV. 

Jika belakang layar TV milikmu bertuliskan DVB-T2, ATSC, DTV, Digital Ready, HD Ready, HDTV, Digital Tuner, Digital Tuner Built-In, Integrated Digital Tuner, atau Digital Receiver, maka TV tersebut sudah termasuk digital karena menangkap sinyal mandiri. 

Selain itu, kamu juga bisa melihat pada remote TV di rumahmu. Apabila pada remote bawaan tersebut terdapat tombol DTV, maka televisi tersebut termasuk TV digital karena menangkap sinyal digital. 

3. Cara cek TV analog atau digital di internet

pexels.com/Caio

Kalau kamu masih belum yakin dengan cara mengetahui TV digital atau analog di atas, lakukan pencarian di internet. Kamu bisa memasukkan kata kunci khusus dengan memasukkan kata kunci spesifik "TV (merek x) yang sudah digital". 

Setelah itu, kamu bisa menemukan daftar tipe TV mana saja yang sudah termasuk ke dalam TV digital. Jika tipe TV di rumahmu tidak tercantum di dalamnya, maka bisa jadi perangkat tersebut masih merupakan TV analog. 

4. Cara cek TV analog atau digital di buku manual

pexels.com/RF._.studio

Kemudian, kamu juga bisa memeriksa apakah TV tersebut merupakan TV analog atau digital dengan melihat buku manual yang diberikan saat pembelian. Kamu bisa memeriksa buku panduan tersebut yang berisi tentang berbagai macam informasi, termasuk informasi tentang TV digital atau analog.

Selain buku manual, kamu juga bisa mencermati kardus pembelian karena biasanya memuat informasi mengenai spesifikasi barang yang kamu beli. 

5. Cara cek TV analog atau digital dengan melihat daftar channel

pexels.com/Vidal Balielo Jr.

Melihat siaran yang ada di televisi juga bisa menjadi salah satu cara mengetahui TV digital atau analog. Caranya adalah dengan melihat apakah terdapat siaran bertuliskan HD di belakang atau depan stasiun TV. Jika ada, maka televisi tersebut sudah merupakan TV digital. 

Sebaliknya, jika TV tidak menangkap siaran HD, kemungkinan televisi tersebut belum mendukung siaran digital. TV yang belum menerima siaran digital juga bisa disebabkan karena perangkat pendukungnya seperti antena. 

6. Cara mengubah TV analog ke digital

freepik.com/drobotdean

Setelah memastikan cara mengetahui TV digital atau analog, kamu bisa mengubah TV analog menjadi digital dengan langkah berikut ini.

  1. Pastikan wilayah tempat tinggalmu sudah tersedia siaran TV digital. Cara memastikannya adalah dengan meng-install aplikasi Sinyal TV Digital dan cek sesuai dengan wilayah tempat tinggalmu.
  2. Cek apakah TV bisa mendukung siaran digital. Setelah itu, pastikan pula perangkat TV milikmu bisa mendukung siaran digital. Kamu bisa memastikannya dengan melakukan pencarian di internet.
  3. Memiliki antena UHF, baik antena luar ruangan ataupun dalam ruangan. Antena UHF ini biasa digunakan untuk menangkap siaran TV analog. 
  4. Cek apakah TV sudah dilengkapi set top box DBVT2 yang berfungsi untuk menerima sinyal digital. Jika belum, kamu perlu memasang dekoder Set Top Box (STB) yang berguna untuk menangkap dan menampilkan sinyal TV digital.
  5. Hidupkan perangkat TB dan ubah ke AV saat TV sudah terhubung ke set top box.
  6. Pilih opsi pengaturan, lalu pilih auto scan untuk memindai program siaran TV digital.

Itulah berbagai cara mengetahui TV digital atau analog. Apakah TV di rumahmu sudah termasuk ke dalam TV digital, Bela? Kalau belum, lakukan migrasi sekarang juga, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration