Mengapa Kita Harus Saling Menghargai Perbedaan? Ini Jawabannya

Setiap orang berhak dihargai

Mengapa Kita Harus Saling Menghargai Perbedaan? Ini Jawabannya

Hidup di negara dengan keberagaman suku, agama, dan budaya mengharuskan kita untuk terus merawat persatuan dan kesatuan. Salah satu sikap yang perlu kita miliki adalah sikap menghargai dan menghormati. 

Sikap menghargai perbedaan tersebut harus kita tanamkan dalam kehidupan bermasyarakat, mengingat kita hidup secara berdampingan dan berkelompok. Entah itu perbedaan suku, perbedaan budaya, atau perbedaan agama, semuanya berhak untuk dihargai. 

Namun, mengapa kita harus saling menghargai perbedaan? Ini jawabannya yang penting untuk diketahui. Simak ulasan berikut ini ya, Bela!

1. Setiap manusia berhak dihargai dan dihormati

Mengapa Kita Harus Saling Menghargai Perbedaan? Ini Jawabannya

Mengapa kita harus saling menghargai perbedaan? Ini jawabannya yang harus diketahui dan dipahami.

Hal ini karena setiap manusia berhak untuk dihargai dan dihormati. Terlebih, setiap orang memiliki hak-hak dasar yang disebut Hak Asasi  Manusia (HAM) seperti yang tertuang dalam Undang-Undang No.39 Tahun 1999. 

Dalam aturan tersebut, HAM merupakan anugerah yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh negara maupun setiap orang. Contoh HAM tersebut di antaranya adalah kebebasan untuk memeluk agama, menentukan kewarganegaraan, dan sebagainya. 

2. Menghindari perselisahan yang bisa memecah persatuan

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here