Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Bank Digital Terbaik di Indonesia yang Terdaftar di OJK

Mana yang kamu pilih?

Nafi' Khoiriyah

Di era teknologi seperti sekarang, masyarakat menginginkan semua hal serba praktis, termasuk yang berkaitan dengan layanan perbankan. Menjawab keinginan tersebut, kini telah tersedia layanan usaha perbankan yang dioperasikan dengan metode daring, yakni bank digital. 

Pengertian bank digital menurut Peraturan OJK no.12/PJOK.03/2021 ialah lembaga perbankan yang masuk ke dalam bank berbadan hukum Indonesia. Layanan ini berfungsi menyediakan dan menjalankan kegiatan usaha perbankan melalui saluran elektronik tanpa kantor fisik atau menggunakan kantor fisik terbatas.

Layanan perbankan semacam itu bisa diberikan oleh bank baru ataupun bank lama yang bertransformasi menjadi bank digital. Dengan demikian, semua kegiatan nasabah yang dulu harus dilakukan di kantor cabang, seperti membuka rekening tabungan, pengajuan kredit, dan sebagainya bisa dilakukan secara daring tanpa harus tatap muka secara langsung. 

Namun, banyaknya kemunculan bank digital membuat kamu perlu berhati-hati. Sebab, kini banyak beredar layanan fintech yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Oleh karena itu, Popbela.com akan memberikan rekomendasi bank digital terbaik di Indonesia yang terdaftar di OJK.

Simak ulasan ini ya, Bela!

1. blu by BCA

bcadigital.co.id

Bank digital terbaik di Indonesia yang terdaftar di OJK pertama datang dari Bank Central Asia (BCA). BCA meluncurkan bank digital terbaik di Indonesia yang terdaftar di OJK bernama blu. Blu menjadi bank digital usai berhasil mengakuisisi Bank Royal. 

Seperti bank digital pada umumnya, blu didirikan tanpa kantor cabang sehingga bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Meski demikian, kamu tidak perlu khawatir karena blu telah memiliki fitur keamanan yang canggih dan terdaftar di OJK. 

2. Bank Jago

wikimedia.org

Bank digital terbaik di Indonesia yang terdaftar di OJK selanjutnya adalah Bank Jago. Bank digital ini merupakan aplikasi keuangan yang berfokus untuk membuat pengelolaan uang menjadi sederhana, kolaboratif, dan inovatif. 

Bank Jago sebelumnya bernama Bank Artos, tetapi pada tahun 2020 berubah nama menjadi PT Bank Jago Tbk. Mereka memiliki tujuan untuk menjadi bank berbasis teknologi guna memenuhi segmen pasar menengah dan massal, termasuk usaha kecil menengah. 

3. Jenius by BTPN

jenius.com

Jenius merupakan layanan perbankan terbaru dari BTPN yang berkomitmen untuk memberi pelayanan yang istimewa bagi para nasabahnya. Dengan bank digital ini, kamu bisa mengatur keuangan melalui smartphone dengan aman dan mudah. 

Tak hanya bisa membuka tabungan saja, Jenius juga menyajikan berbagai fitur untuk mengatur finansial lainnya, di antaranya eCard, Split Bill, Send It, Save It, dan Pay Me. Dengan begitu, kamu tidak perlu kesulitan mengelola keuangan. 

4. Nyala by OCBC NISP

ocbc-nisp.com

Nyala dari OCBC NISP merupakan bank digital terbaik di Indonesia yang terdaftar di OJK selanjutnya. Nyala merupakan layanan perbankan yang memberikan manfaat terbaik berdasarkan saldo gabungan dari berbagai produk yang kamu miliki di OCBC NISP. 

Produk tersebut di antaranya adalah tabungan, deposito, rekening giro, tabungan berjangka, maupun produk investasi. Untuk bisa memanfaatkan bank digital ini, kamu perlu menyetujui syarat dan ketentuan yang ditetapkan. 

5. Digibank by Bank DBS Indonesia

dbs.id

Untuk mempermudah semua kebutuhan banking, kamu bisa memanfaatkan bank digital dari Bank DBS Indonesia, yakni Digibank. Digibank bisa digunakan untuk membuka rekening tabungan, deposito, investasi, pengaturan kartu kredit, sampai pengajuan KTA instan. 

Dengan memanfaatkan bank digital ini, kamu akan lebih menghemat waktu dan mengelola uang dengan lebih mudah. Tak hanya itu, Digibank juga menawarkan beragam promo menarik dari para partner. 

6. LINE Bank

linecorp.com

LINE bank merupakan salah satu bank digital terbaik di Indonesia yang terdaftar di OJK. Bank digital ini mempunyai berbagai fitur yang cukup lengkap, di antaranya adalah tabungan, debit, dan deposito. Untuk membuka rekening di LINE Bank, nasabah tidak perlu datang ke kantor, cukup dengan melakukannya secara daring.

Tak hanya itu, kamu juga bisa membuat sampai delapan subrekening dalam satu akun rekening yang bisa kamu manfaatkan untuk berbagai tujuan, seperti dana darurat, belanja bulanan, tabungan menikah, dan sebagainya. 

7. SeaBank

seamoney.com

Bank digital Seabank akan membantu kamu untuk melakukan aktivitas finansial lewat aplikasi. Aktivitas itu mulai dari menabung ataupun transaksi lainnya. Namun, tidak seperti cara lama yang harus datang ke kantor cabang terdekat, kamu cukup melakukan transaksi lewat smartphone. 

Produk perdana dari Seabank adalah rekening tabungan. Rekening tabungan tersebut bisa mempermudah kamu mengelola aktivitas keuangan harian dan menyediakan tabungan dalam satu rekening dengan bunga tinggi.

8. TMRW by UOB Indonesia

tmrwbyuob.com

TMRW merupakan solusi banking berbasis mobile yang ditujukan khusus untuk para generasi digital dari Bank UOB Indonesia. Bank digital yang cukup populer ini menawarkan fitur-fitur yang modern dan tentunya berbasis digital, sehingga bisa memudahkan para nasabah untuk melakukan transaksi. 

Hal yang menarik, tabungan dalam bank digital TMRW terdapat tiga jenis, yakni TMRW Everyday Account, TMRW City of Tomorrow, dan TMRW Savings Account. Masing-masing jenis rekening tersebut dilengkapi dengan kartu debit atau kartu ATM. 

9. Neo Bank

kr-asia.com

Terakhir, bank digital terbaik di Indonesia yang terdaftar di OJK adalah Neobank. Kebanyakan bank digital yang hadir dari bank konvensional yang sudah besar. Namun, Neobank merupakan bank digital yang hadir tanpa ada bank lebih besar yang menjadi support-nya. 

Bank digital ini menawarkan bunga tinggi dan biaya administrasi cukup rendah sehingga membuatnya banyak dilirik oleh kaum muda. Hal yang terpenting, Neobank terjamin transaksinya dan menawarkan berbagai promo yang menarik. 

Itulah 9 bank digital terbaik di Indonesia yang terdaftar di OJK. Kini, kamu tak perlu khawatir lagi untuk menggunakan layanan dari bank digital tersebut.

Semoga bermanfaat ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration