Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bergelimang Kekayaan, 15 Figur Publik Ini Jalani Hidup Sederhana

Bahkan Britney Spears, lho!

Nabila Damaan

Bagi sebagian orang, memiliki jet pribadi, rumah megah, mobil mewah, dan pakaian dari desainer ternama mungkin adalahimpian. Namun tidak dengan 15 sosok figur publik berikut ini.

Memiliki ketenaran dan sejumlah kekayaan tidak membuat orang terkenal ini menghabiskan kekayaannya hanya dalam satu malam. Mereka merasa nyaman dengan lebih memilih berhemat untuk hidup yang sederhana. Siapa saja ke-15 tokoh terkenal tersebut? Seberapa sederhananya mereka? Daripada penasaran, simak terus artikel berikut ya!

1. Ratu Elizabeth II

oprahdaily.com

Melansir Express, mendiang Ratu Elizabeth II memiliki kekayaan lebih dari USD$530 juta, itu bukan berarti ratu Inggris yang satu ini suka membuang-buang uang. Seperti yang diungkapkan oleh Kate Williams, penulis buku Young Elizabeth: The Making Of Our Queen.

Di dalam buku tersebut Kate menulis bahwa mendiang Ratu akan mengumpulkan kertas kado dan pita yang diterima untuk disimpan. "After Christmas, Elizabeth would collect up the wrapping paper and ribbons and would smooth them out to be saved.” Sebuah tradisi yang dilaporkan masih terus dilanjutkan.

Contoh kesederhanaan lainnya, yakni Ratu Elizabeth II melarang penggunaan bohlam lampu dengan daya lebih dari 40 watt di Istana Buckingham, dan selalu mengolah koran bekas untuk diserut dan digunakan untuk alas kuda

2. T. Boone Pickens

nytimes.com

Jumlah kekayaan yang dimiliki T. Boone Pickens sampai akhir hayatnya mencapai lebih dari USD$1 miliar. Pria yang meninggal di tahun 2019 ini menghabiskan sebagian besar kariernya sebagai pengusaha minyak merupakan pendiri BP Capital Management, ia menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Melansir dari Politico, terlepas dari kekayaannya dia selalu mengenakan sepasang sepatu yang sama yang dia beli lebih dari 50 tahun yang lalu, lho, Bela. Padahal dengan uang kekayaan bisa saja Pickens membeli bahkan mengoleksi sepatu dari merek-merek ternama.

3. Jennifer Lawrence

cnbc.com

Pernah menyandang predikat sebagai salah satu aktris dengan bayaran tertinggi pada tahun 2015 hingga tahun 2016, tidak membuat pameran Katniss Everdeen ini membuang-buang uang hanya untuk bersenang-senang. Melansir Cheapism, Jennifer meragukan membayar kemewahan sederhana seperti membayar jasa valet. 

Perempuan yang memenangkan penghargaan Oscar sebagai aktris terbaik ini masih mau menggunakan mobil VW lama yang ia miliki atau mengendarai Chevy Volt. Bahkan menurut HotCars, mobil "mewah" miliknya tidak banyak yang bisa dilihat, Tesla Model S, Cadillac CTS Coupe, dan Audi Q7. 

4. Tobey Maguire

stylecaster.com

Bintang Spider-man, Tobey Maguire tercatat memiliki kekayaan bersih sebesar US$75 juta. Namun, alih-alih menggunakan baju-maju mewah, Tobey lebih nyaman menggunakan pakaian santai dan menghemat uangnya.

Tobey mengakui bahwa hidupnya lebih nyaman dan tenang karena tidak merasakan tekanan untuk melakukan pekerjaan sebagai aktor hanya untuk sekadar mendapatkan gaji.

Dalam sebuah wawancara majalah Parade dia berkata, "Kamu tahu para pemenang lotre yang menang besar dan kemudian menghabiskan semua uangnya? Itu tidak akan pernah terjadi pada saya."

5. Katie Couric

npr.org

Bertahun-tahun menjadi seorang pembawa acara, menjadikan Katie Couric memiliki kekayaan hingga puluhan juta dolar, namun itu bukan berarti ia harus melupakan pelajaran menghemat yang diajari oleh sang ibu.  

Dalam wawancaranya dalam majalah Woman’s Day, Katie mengatakan, "Matt Lauer pernah mengatakan kepada saya bahwa ketika saya membuka dompet saya, ngengatlah yang akan terbang keluar. Itu lucu tetapi tidak 100% benar. Lelucon itu menyiratkan bahwa saya pelit, tapi sebenarnya saya hemat saja."

Katie Couric mengatakan ia selalu menyiapkan bekal makan siang yang ia kemas dalam tas makan siang cokelat miliknya, untuk ia bawa saat bekerja. Bahkan kebanyakan baju dan perhiasan mewah yang ia gunakan kebanyakan ia sewa.

Selain berhemat, Katie Couric juga sosok yang dermawan, ia nggak segan meminjamkan uang untuk teman-temannya, dan nggak ragu mengeluarkan uang untuk kegiatan amal.

6. Keanu Reeves

eatthis.com

Keanu Reeves tampaknya lebih peduli dengan kru filmnya daripada dirinya sendiri. Kekayaannya diperkirakan bernilai sebesar USD$380 juta. Sebuah kabar terhembus ketika dirinya memberikan uang sebesar USD$75 juta dari potongan sekuel Matrix ke tim efek khusus dan bakat di belakang layar.

Bahkan beredar kabar bahwa bintang John Wick ini pernah memberikan uang sebesar USD$20 ribu kepada salah satu kru ketika ia mengetahui orang tersebut mengalami kesulitan ekonomi. 

Keanu pun nggak segan berkenalan dengan kru-kru film agar ia bisa menyapanya dan berbincang dengan mereka ketika sedang berada di dalam set. Wah, selain sudah sukses Keanu juga sangat ramah, ya Bela?

7. Tyra Banks

health.com

Dibesar oleh seorang ibu tunggal, dan pengalaman hidup yang sudah ia jalani membuat mantan model Victoria's Secret ini menjalani hidup yang sederhana.

Ia sangat bijak mengatur keuangannya ia pun menghemat begitu banyak uang sampa-sampai akuntan pribadinya menyuruh untuk membelanjakan uangnya lebih banyak lagi.

Menurut kabar, Tyra bahkan membawa pulang sabun setelah menginap di hotel, dan diketahui kekayaan bersih yang dimilikinya mencapai USD$90 juta bahkan lebih dari itu.

8. Dave Grohl

npr.org

Vokalis Foo Fighters, Dave Grohl memulai kariernya sebagai bagian dari band Nirvana di awal 1990-an. Sejak membentuk Foo Fighters, dia menghasilkan banyak album dan bekerja bersama beberapa nama besar dalam musik maupun film, termasuk Paul McCartney dan John Paul Jones dari Led Zeppelin. Dilaporkan kekayaan bersih yang bisa ia kantongi, yakni bernilai lebih dari USD$320 juta.

Ketika diwawancarai dalam The Red Bulletin, dan ditanyai apa yang ia lakukan pada uang tersebut, mantan drummer Nirvana ini mengatakan uang tersebut langsung ia masukkan ke rekening banknya. 

Grohl berkata, “Itu langsung masuk ke rekening bank saya, di mana semuanya berubah menjadi berjamur dan bau.” Bahkan, hingga saat ini Dave Grohl masih memakai jenis mobil keluarga, lho

Saya mengendarai mobil keluarga — bukan SUV monster, tapi mobil keluarga yang muat untuk lima orang,” katanya.

9. Halle Berry

popsugar.com

Bintang Catwomen yang satu ini lebih mementingkan memiliki kehidupan yang nyaman dalam jangka panjang daripada kehidupan yang sangat mewah sekarang. Halle Berry menjaga keuangannya dengan ketat. 

Aktris peraih Oscar ini dikabarkan memiliki kekayaan bernilai USD$90 juta. Ia mengatakan kepada Daily Record, bahwa dirinya cukup berhemat dan menabung uang sebanyak yang ia bisa. Hal tersebut ia lakukan untuk berjaga-jaga ketika dunia yang membesarkan namanya akan berakhir, dan ia tak punya apapun untuk dipertahankan. 

10. Paul McCartney

billboard.com

Meskipun memiliki kekayaan bersih lebih dari USD$1,2 miliar, Sir Paul McCartney pernah disebut “pelit” oleh putrinya Stella–seorang perancang busana, karena tidak ingin mengirimnya ke sekolah swasta. 

Stella kemudian mengatakan dia menghargai langkah ayahnya dan mengatakan dia akan mengeluarkan anak-anaknya dari sekolah swasta jika mereka menjadi "terlalu mewah." 

Juga patut diperhatikan, mantan Lead vocal The Beatles ini dikatakan masih lebih memilih penerbangan ekonomi dan pakaian non-desainer, dan masih tetap melakukan tur saat mendekati ulang tahunnya yang ke-80.

11. Britney Spears

lacarteleramx.com

Pelantun lagu “Baby One More Time", Britney Spears, memiliki pendapatan bersih sebesar US$60 juta atau setara dengan Rp867 miliar menurut laporan majalah Forbes. Jumlah yang terbilang nggak sebanding dengan kerja kerasnya dan popularitasnya sebagai penyanyi yang berhasil menduduki tangga-tangga lagu hits pada masanya.

Hal tersebut terjadi karena dirinya harus menyerahkan semua keuangannya kepada sang ayah berdasarkan putusan pengadilan. Di samping itu, mantan kekasih Justin Timberlake ini dikenal sebagai aktris yang cukup sederhana, lho, Bela. Dikabarkan Britney nggak malu nih untuk berbelanja di toko Pay 99 Cents Or Less, dan nggak segan untuk menawar harga.

12. Jay Leno

cnbc.com

Ada yang unik dari cara Jay Leno dalam menghemat keuangannya. Komedian yang satu ini selama kariernya selalu memiliki dua pekerjaan sekaligus. Sebelum menjadi terkenal, Jay Leno pernah bekerja sebagai pemotong kentang di restoran cepat saji McDonald’s sekaligus bekerja sebagai “lot boy” di dealer Ford.

Uniknya, ia selalu menyimpan uang yang lebih besar dan hidup dari yang lebih kecil. Ketika ia pertama kali memulai, itu berarti menabung uang yang dihasilkan dari bekerja di dealer dan membelanjakan apa yang dihasilkan sebagai komedian. 

13. Zooey Deschanel

graziamagazine.com

Aktris dan penyanyi Zooey Deschanel dikenal lewat beberapa film yang dibintanginya, seperti All the Real Girls, Elf, Winter Passing, Failure to Launch, dan Bridge to Terabithia.

Ada sumber yang mengatakan bahwa ia berhasil mendapatkan gaji sebesar USD$125 ribu hanya untuk satu episode, dan memiliki kekayaan mencapai USD$25 juta. Namun, alih-alih membelanjakan barang-barang mewah Zooey lebih memilih tetap pada anggaran sederhana. 

Seperti yang dia katakan kepada majalah InStyle , "Gaya bukanlah saat kamu membeli sendiri barang-barang yang paling mahal. Ini menjadi kreatif dan mampu mengumpulkan apa yang telah kamu kumpulkan."

14. Shailene Woodley

teenvogue.com

Saat dalam tur promo untuk film Divergent, Shailene Woodley mengatakan sulit untuk berpakaian pada sesi pemotretan, karena dia hanya memiliki tiga kaos dan tiga pasang jeans.

Aktris yang memiliki kekayaan bersih mencapai USD$12 juta ini lebih memilih membelikan neneknya sebuah rumah dan tinggal di sofa rumah temannya sebagai gantinya, lho, Bela.

15. Sarah Michelle Gellar dan Freddie Prinze Jr.

parade.com

Untuk sekelas aktris dan pengusaha Sarah Michelle Gellar, makan dengan benar berarti pergi ke Whole Foods bersama suaminya, Freddie Prinze Jr., di mana mereka menanyakan ikan mana yang dijual, meskipun mereka memiliki kekayaan bersih gabungan mencapai USD$60 juta. "Dijual tidak berarti buruk! Mungkin hanya berarti sudah terlalu banyak," ujar mereka dalam wawancara dengan Self.

Wah, nggak semua orang yang kita kenal kaya ternyata menghabiskan uangnya demi kenyaman dalam kemewahan, ya Bela. Mereka lebih memilih hidup sederhana untuk kenyamanan di masa yang lebih panjang. Patut ditiru, nih!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration