Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Rekomendasi Webtoon Indonesia yang Ceritanya Tidak Kalah Seru

Karya webtoon Indonesia tidak kalah keren, lho!

Mariana Politton

Masuk ke dunia komik, kamu sudah dapat menikmati berbagai cerita seru dalam bentuk webtoon. Mulai dari cerita bertemakan drama, komedi, horor, hingga fantasi, masing-masing menyuguhkan hiburan yang tidak akan mengecewakanmu.

No wonder, ada cukup banyak judul webtoon yang lebih lanjut diadaptasi ke dalam bentuk drama maupun film. Tapi bukan hanya webtoon Korea maupun negara lain saja yang menarik perhatian. Beberapa webtoon Indonesia tergolong cukup populer. Penasaran?

Berikut adalah delapan rekomendasi webtoon Indonesia yang ceritanya tidak kalah seru.

1. Terlalu Tampan

webtoons.com

Karya: Mas Okis / S.M.S

Apa yang akan kamu lakukan ketika melihat idolamu yang berwajah tampan? Besar kemungkinan, kamu akan berteriak histeris dan mengejarnya untuk berfoto, bukan? Itulah hidup seorang Mas Kulin karena wajahnya yang terlalu tampan. Sampai-sampai dia harus menutupinya dengan helm. Bisa dibilang, jadi orang tampan ternyata tidak mudah, ya!

Yup, komik dengan tema komedi ini akan membuatmu menggeleng-gelengkan kepala. Bukan hanya dengan cerita menggemaskan mengenai orang tampan, tetapi juga kelakuan keluarga Mas Kulin yang nyatanya semuanya pun tampan. Termasuk sang ibu.

2. Virgo and the Sparklings

kaorinusantara.or.id

Karya: Annisa Nisfihani / Ellie Goh

Kamu suka dengan konsep cerita seputar pahlawan perempuan yang catchy dan modern? Misalnya saja Power Puff Girls atau Totally Spies yang menjadi kesukaanmu di masa kecil. Itu artinya, Virgo and the Sparklings (2020) adalah webtoon terbaik khusus untukmu yang memperkenalkan seorang remaja perempuan dengan kemampuan unik.

Ia adalah Riani. Masuk ke dalam band beranggotakan tiga orang, Riani diam-diam menyimpan kemampuan, yaitu melihat warna dari setiap suara. Baik warna suara hujan, suara penyanyi, dan lainnya. Dari sinilah ia dapat menghentikan kekacauan dunia.

3. Gundala: Son Of Lightning

hot.detik.com

Karya: Bumi Langit Komik

Siapa bilang bahwa Indonesia tidak memiliki karakter pahlawan legendaris layaknya Spiderman, Superman dan lainnya? Bumi Langit Komik memperkenalkan tokoh pahlawan yang dikenal dengan nama Gundala. Ia digambarkan sebagai sosok pria dengan kekuatan langsung dari petir yang siap membasmi kejahatan.

Jadi, siap-siap untuk menjelajahi setiap pertarungan yang akan dihadapi oleh Gundala. Dalam waktu bersamaan, kamu pun akan mempelajari begitu banyak nilai kehidupan yang positif untuk menaklukkan kejahatan di kehidupan sehari-hari. Siap berpetualang?

4. Sri Asih

webtoons.com

Karya: Archie The RedCat / Devita Krisanti

Jika Amerika Serikat atau negara barat memiliki pahlawan perempuan bernama Black Widow atau Wonder Woman, Indonesia sangat berbangga dengan pahlawan perempuan bernama Sri Asih. Ia diperkenalkan dalam komik karya Bumi Langit Komik sebagai sosok perempuan yang memiliki kemampuan indigo alias melihat sosok gaib.

Eits, jangan takut ketika kamu membaca kata-kata sosok gaib. Siapa yang menyangka bahwa kekuatannya tersebut dapat membuatnya nyaris seperti seorang dewi sakti. Hal yang paling menarik adalah kisah cinta yang tak kalah seru. Penasaran?

5. Tahilalats

webtoons.com

Karya: Tahilalats Team

Perkembangan zaman yang semakin modern rasanya membuatmu cukup mustahil tidak pernah menggunakan media sosial, seperti Instagram? Nah, di tempat inilah, komik strip berjudul Tahilalats turut diperkenalkan. Namun, tahukah kamu? Ia merupakan komik webtoon yang mengangkat tema komedi.

Ditulis oleh Nurfadli Mursyid, Tahilalats memamerkan warna komedianya dengan selalu menyelipkan sarkasme did alam kekonyolan cerita yang mengundang tawa. Terlebih lagi penggambaran karakter yang penuh dengan ekspresi tidak realistis namun menghibur.

6. 90 Days

webtoons.com

Karya: Bekyu

Kamu cukup menikmati drama-drama kehidupan di masa kuliah? Itu berarti kamu sangat cocok dengan alur cerita yang dihadirkan dalam webtoon berjudul 90 Days. Sesuai namanya, ia menggambarkan kehidupan kuliah yang penuh lika-liku. Tepatnya, kehidupan seorang mahasiswi tingkat dua bernama Riri, yang memiliki sisa hidup selama 90 hari.

Yup, cerita yang diangkat terolong hearwarming dan dapat membuahkan pelajaran hidup yang cukup dalam. Salah satunya adalah menghargai setiap momen-momen yang ada di dalam kehidupan. Mungkinkah cerita ini akan berakhir baik atau justru sebaliknya?

7. BLUE

gensindo.sindonews.com

Karya: Kennsaty

Berbicara mengenai makhluk gaib atau arwah gentayangan, kamu pasti akan cukup ketakutan, bukan? Namun, pernahkah kamu menyaksikan  film Ghost (1990) yang menghadirkan karakter dalam bentuk arwah gentayangan ke dalam sebuah cerita romansa? Kurang lebih, BLUE menonjolkan vibes serupa!

Percintaan antara manusia dan makhluk halus terjadi dalam webtoon berjudul BLUE. Dominasi warna biru pun hadir dengan mengesankan pada setiap lembaran komik. Not to mention, perpaduan komedi dan suasana haru yang menyentuh hati hingga membawa cerita ke dalam ending yang di luar prediksi!

8. Romance Punch

Twitter.com/kosmiknetwork

Karya: Galang Larope

Kamu mendambakan sebuah webtoon yang penuh dengan adegan-adegan lucu hingga dapat membuatmu tertawa? Itu artinya, kamu harus memulai perjalanan cerita sekolah yang digambarkan di dunia webtoon berjudul Romance Punch karya komikus Galang Larope. Perpaduan komedi dan drama yang dihadirkan sangat menghibur, lho!

Cerita memang bermula dari seorang perempuan yang harus merelakan dirinya pindah ke sekolah baru. Namun, ada yang berbeda ketika dia nyatanya memiliki alergi yang sangat unik, yaitu bersin hingga mengeluarkan ingus, setiap kali melihat aksi kekerasan fisik. Nah lho, apa yang terjadi jika mayoritas murid di sana rentan terhadap aksi tersebut?

So, tunggu apa lagi? Baca dan ikuti cerita yang digambarkan oleh kedelepan webtoon karya anak bangsa di atas! Kira-kira, webtoon manakah yang menjadi kesukaanmu?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration