Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Rekomendasi 10 Film Terlaris yang Diadaptasi dari Game

Ternyata, film adaptasi game tidak kalah seru dari game

Mariana Politton

Industri Hollywood telah cukup lama membawa franchise-franchise terbaik dari industri permainan. Hal tersebut dilakukan melalui berbagai pendekatan yang bersifat mengolah materi video game yang bersifat interaktif ke dalam tontonan satu arah yang menghibur.

Akan tetapi, sebagian film adaptasi video game tidak menunjukkan keberhasilan yang cukup signifikan berdasarkan respon atau antusiasme penonton. But don't worry! Popbela sengaja merangkum daftar film terlaris yang diadaptasi dari gameApa saja, ya?

10. Tomb Raider (2018)

IMDb: 6,3/10 | Pemain: Alicia Vikander, Walton Goggins, Dominic West, Daniel Wu

Total pendapatan yang berhasil diraih mencapai sekitar US$274 juta

Diadaptasi dari video game series berjudul sama yang sangat populer pada 1990-an hingga awal 2000, Tomb Raider (2018) mengisahkan seorang petarung tinju bernama Lara yang sangat andal di bidangnya, meskipun kesulitan hidup menghambat potensinya.

Namun, sebuah kesempatan membawa Lara masuk ke medan perang baru yang berputar pada hal-hal berbau pencarian benda purbakala atau seperti judulnya, seorang pemburu atau penjarah makam. Akankah ia mampu menghadapi petualangan baru? 

Komentar penonton di Google: "Lima bintang untuk film yang sangat mengesankan ini ... Setiap anak yang tumbuh besar di era tersebut dapat mengakui bahwa Lara Croft merupakan Bintang Paling Besar di dunia permainan," tulis Google user bernama Yogesh Adhikari.

9. Resident Evil: Afterlife (2010)

IMDb: 5,8/10 | Pemain: Milla Jovovich, Ali Larter, Wentworth Miller

Total pendapatan yang berhasil diraih mencapai sekitar US$296 juta

Sebagian besar orang pasti cukup familiar dengan video game series berjudul Resident Evil yang mengusung permainan seputar biological weapons dan viral incidens? Dengan konsep yang tidak jauh berbeda, film Resident Evil: Afterlife (2010) pun dipersembahkan. Meski secara rating biasa saja, namun total pendapatan membuktikan tingginya kepuasan penonton.

Disutradarai oleh Paul WS Anderson, film keempat dari serial Resident Evil ini mengisahkan perjuangan Alice dalam menemukan Arcadia, tempat yang dipercaya menjadi persembunyian manusia dari serangan virus T. Mampukan ia menemukannya?

Komentar penonton di Google: "Film ini merupakan film franchise yang sangat keren dilihat dari aspek manapun. Adegan aksi di bagian akhir sangat mengesankan dan tontonan terbaik. Cocok untuk siapapun yang menyukai film dengan genre horor dan action," tulis Google user bernama Paige Ward-Cenko.

8. Sonic The Hedgehog (2020)

IMDb: 6,5/10 | Pemain: Jim Carrey, Ben Schwartz, Tika Sumpter

Total pendapatan yang berhasil diraih mencapai sekitar US$306 juta

Diapdatasi dari video gim produksi Sega, Sonic The Hedgehog (2020) memperkenalkan karakter landak biru luar angkasa yang mampu berlari dengan kecepatan supersonic. Oleh karena itulah, karakter tersebut dikenal dengan nama Sonic yang sangat unik.

Dalam film ini, Sonic diceritakan sedang melakukan beragam upaya perjuangan untuk melarikan diri baik dari planetnya maupun Bumi. Pasalnya, Sonic mendapat masalah yang membuatnya menjadi buronan. Akankah ia memperoleh keadilan dan pertolongan?

Komentar penonton di Google: "Film ini memiliki alur cerita yang sangat menarik, membuat orang-orang merayakan hidup yang dipenuhi kebahagiaan dan kesedihan," tulis Google user bernama Andrew DiMaggio.

7. Battleship (2012)

IMDb: 6,6/10 | Pemain: Rihanna, Taylor Kitsch, Brooklyn Decker

Total pendapatan yang berhasil diraih mencapai sekitar US$314 juta

Diadaptasi dari permainan berjudul sama, Battleship (2012) memperkenalkan tontonan ber-genre fiksi petualangan yang menceritakan kisah mengenai serangan alien terhadap bumi. Hal itu bermula ketika benda asing menyerupai kapal alien muncul di beberapa negara.

Setiap kapal diketahui memiliki teknologi yang sangat canggih hingga mampu menghancurkan apapun yang mendekatinya. Namun, hal tersebut tidak menghentikan Armada Angkatan Laut Internasional untuk menyerang dan mempertahankan keselamatan bumi.

Komentar penonton di Google: "Saya menontonnya saat film ini pertama kali dirilis dan saya sangat menyukainya. Bahkan saya pun mengoleksi DVD fisiknya saat dirilis," tulis Google user bernama Prince Bryant.

6. Resident Evil: The Final Chapter (2016)

IMDb: 5,5/10 | Pemain: Milla Jovovich, Ali Larter, Wentworth Miller

Total pendapatan yang berhasil diraih mencapai sekitar US$315 juta 

Sebagaimana judulnya, Resident Evil: The Final Chapter (2016) merupakan film sekuel terakhir dari rangkaian seri Resident Evil. Itu artinya, perjaungan Milla sebagai karakter utama masih berputar pada permasalahan virus T yang telah menginfeksi manusia.

Namun, sesi akhir Resident Evil nyatanya menghadapi masalah yang cukup berat karena perusahaan Umbrella Corporation menyusun rencana untuk melepaskan anti-virus guna melenyapkan umat manusia. Mampukan Milla dan sekutunya mengantisipasinya?

Komentar penonton di Google: "Film yang menutup rangkaian Resident Evil ini memanjakan penggemar. Sekali lagi, adegan aksi yang dilakukan oleh Milla Jovovich melawan giant creatures, zombies and lainnya sangat mengesankan," tulis Google user bernama Prashast Singh.

5. Prince of Persia: The Sands of Time (2010)

IMDb: 6,6/10 | Pemain: Jake Gyllenhaal, Gemma Arterton, Ben Kingsley

Total pendapatan yang berhasil diraih mencapai sekitar US$336 juta 

Mengambil genre fantasi, Prince of Persia: The Sands of Time (2016) mengangkat kisah yang diadaptasi dari video game berjudul sama. Tepatnya, kisah seorang anak jalanan bernama Dastan yang diangkat menjadi seorang pangeran karena aksi heroiknya.

Namun, sebuah tuduhan tahu-tahu dilayakan kepadanya sehingga membuat Dastan kabur untuk mengungkapkan pengkhianatan di kerajaan melalui perjalanan waktu kembali ke masa lalu. Tentu, upaya tersebut tidak semudah membalikkan tangan.

Komentar penonton di Google: "Film yang bagus! Saya suka detail kecil yang mereka masukkan dan berasal dari permainan seperti jejak yang menyala di lengan saat menekan belati hingga penggunaan cambuk dari Two Thones," tulis Google user bernama Qiante Wagner.

4. The Angry Birds Movie (2016)

IMDb: 6,3/10 | Pengisi suara: Sean Penn, Jason Sudeikis, Josh Gad

Total pendapatan yang berhasil diraih mencapai sekitar US$353 juta 

Karakter si Burung Merah yang terkenal pemarah bisa dibilang cukup melekat di kehidupan game anak-anak, bukan? Sehingga tidak aneh apabila industri perfilman Hollywood mengadaptasinya ke dalam film berjudul The Angry Brids Movie pada 2016.

Film ini tetap menonjolkan karakter tersebut yang dinamai Red. Tidak lupa, beberapa karakter burung lainnya seperti Chuck dan Bomb yang akan bekerja sama dengan Red untuk menyelamatkan sebuah pulau dari para kumpulan babi yang membahayakan.

Komentar penonton di Google: "Akhirnya film yang bisa disukai semua ornag! Orang-orang tertawa menyaksikannya. Belum pernah aku melihat begitu banyak orang tertawa ... Suka humornya. Suka pemilihan musiknya termasuk bagian yang lucu," tulis Google user bernama Michelle Michelle.

3. Rampage (2018)

IMDb: 6,1/10 | Pemain: Dwayne Johnson, Naomie Harris, Malin Akerman

Total pendapatan yang berhasil diraih mencapai sekitar US$428 juta

Para pecinta game pasti sangat mengenal permainan legendaris yang sangat populer di era 80-an yaitu, Rampage. Atas dasar popularitasnya tersebut, game andalan Midway dan Warner Bros-pun diadaptasi ke dalam bentuk film dengan mengangkat judul yang sama.

Kisahnya fokus pada seorang ahli primatologi bernama David Okoye yang merawat seekor gorila albino yang cerdas bernama George. Keduanya memiliki ikatan batin yang kuat. Namun, sebuah eksperimen misterius membuatnya terinfeksi dan berubah menjadi ganas.

Komentar penonton di Google: "Ini adalah jenis film yang pada awalnya membuatmu bosan dan berpikir mungkin, ini hanya film yang biasa-biasa saja. Namun kemudian, tiba-tiba film ini berkembang menjadi jauh lebih baik setiap detiknya," tulis Google user bernama TheGuyWhoLovesAvocados.

2. Pokemon: Detective Pikachu (2019)

IMDb: 6,6/10 | Pemain: Ryan Reynolds, Justice Smith, Kathryn Newton

Total pendapatan yang berhasil diraih mencapai sekitar US$433 juta 

Karakter Pikachu cukup melekat di kehidupan para pecinta anime dan game yang dikenal dengan nama Pokemon. Sehingga industri perfilman Hollywood pun memutuskan untuk mengadaptasinya ke dalam bentuk film dan berhasil merilis pada 2019.

Secara garis besar, film ini memperlihatkan petulangan seorang pemuda bernama Tim Goodman yang secara kebetulan bertemu dengan karakter Pikachu. Keduanya sama-sama mencari misteri hilangnya ayah dari Tim yang penuh dengan misteri.

Komentar penonton di Google: "Film ini menyenangkan, masih bisa dipahami oleh mereka yang bukan penggemar berat Pokemon. Meski begitu, game ini lebih diperuntukkan bagi mereka yang mengikuti game atau anime agar dapat memahami pengetahuan dibalik kemunculan Pokemon," tulis Google user bernama Vo Tran.

1. Warcraft (2016)

IMDb: 6,8/10 | Pemain: Travis Fimmel, Paula Patton, Ben Foster

Total pendapatan yang berhasil diraih mencapai sekitar US$439 juta

Diadaptasi dari permainan berbentuk video game dengan judul yang sama, Warcraft (2016) mengisahkan peperangan antara manusia dan makhluk hidup yang disebut orc. Hal tersebut bermula dari isu kediaman bangsa Orc yang berada diambang kehancuran.

Akibatnya, bangsa Orc pun harus terpaksa pindah ke suatu tempat bernama Alzeroth. Sayangnya, kedatangan mereka justru menimbulkan bahaya berupa bencana mematikan bagi para penghuni di Alzeroth. Atas dasar itulah, pertempuran pun terjadi.

Komentar penonton di Google: "Pembuat film ini tahu betul apa yang diharapkan oleh penonton ketika mereka membawa Hrthik melawan Tiger dalam adegan aksi," tulis Google user bernama Abhisek Kumar Bhagat.

Bonus: Mortal Kombat (2021)

IMDb: 6,1/10 | Pemain: Joe Taslim, Lewis Tan, Jessica McNamee

Mortal Kombat merupakan permainan yang sangat populer hingga membuat Hollywood mengadaptasinya ke dalam bentuk film sebanyak dua kali. Berawal dari tahun 1995 hingga yang terbaru ada Mortal Kombat yang baru saja dirilis pada April 2021.

Cerita yang ikonik fokus pada seorang petarung bernama Cole Young, yang memiliki suatu tanda seperti luka bakar yang berbentuk naga di dadanya. Ia tidak mengetahui maksud dari tanda tersebut hingga akhirnya sebuah misteri pun membuka bencana baru.

Komentar penonton di Google: "Jadi saya sudah menonton film ini hingga dua kali. Saya membeli tiket pertama yang tersedia di bioskop Suncoast pada tanggal rilisnya. Dan harus saya akui bahwa meskipun tidak ada turnamen, film ini tetap merupaakn film MK terbaik sejauh ini. Ia memiliki cerita yang bersifat definitif, tidak seperti kebanyakan film," tulis Google user bernama Firstake Films.

Jadi, apakah kamu siap tenggelam ke dalam dunia game melalui keenam film di atas?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration