Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Rekomendasi Drama Korea Bertema Kuliner, Penuh Makanan Lezat

Ramyeon, jjajangmyeon, toppoki, dan masih ada banyak lagi!

Mariana Politton

Industri hiburan Korea Selatan memiliki peran krusial dalam menghubungkan penduduk dunia dengan beragam budaya lokal, termasuk kuliner. Coba ingat kembali, pasti kamu tidak asing lagi dengan berbagai jenis makanan lezat khas Korea Selatan, bukan?

Tidak heran, sebagian besar drama Korea memang sengaja mempromosikan kuliner negaranya dengan menampilkan aneka ragam makanan dalam beberapa adegan. Mulai dari makan bersama keluarga, teman, hingga saat menyantapnya seorang diri.

Ingin tahu drama Korea apa saja yang sebagian besar menampilkan makanan-makanan lezat khas Korea? Mari kita langsung jelajahi wisata kuliner virtual melalui ulasan di bawah ini. Semoga kamu menikmatinya dan dapat menyantap makanan kesukaanmu!

1. Mr. Queen (2020)

viu.com

Kesuksesan Jang Bong Hwan (Choi Jin Hyuk) sebagai seorang koki papan atas di Korea Selatan harus terhenti ketika ia mengalami kecelakaan. Anehnya, ia mendapati dirinya terperangkap dalam tubuh Ratu Kim So Young (Shin Hye Sun) di zaman Kerajaan Joseon.

Dok.tvN

Kondisi tersebut membuat orang sekitar Ratu Kim So Young mendapati perubahan mendadak dalam dirinya, termasuk kemampuan memasak. Psst… Ratu Kim So Young sering menyajikan berbagai hidangan modern di istana, membuat banyak orang kagum.

  • Rating berdasarkan IMDb: 8,6/10
  • Jumlah episode: 20
  • Situs atau platform menonton: Netflix, Vidio, Viki

2. Eccentric! Chef Moon (2020)

YouTube.com/@amazingchannela4420

Sebuah insiden membawa perancang busana Yoo Yoo Jin (Go Won Hee) ke sebuah desa terpencil di Korea Selatan. Karena menderita amnesia dan tidak mengingat apapun, ia ditempatkan di sebuah rumah milik mantan koki Moon Seung Mo (Eric Moon).

hancinema.net

Semula, Moon Seung Mo tampak kesal dengan kehadiran tamu barunya tersebut. Namun, siapa sangka bahwa kehadiran Yoo Yoo Jin yang menyukai makanan buatannya justru menumbuhkan kembali hasrat memasak dalam hidup Moon Seung Mo.

  • Rating berdasarkan IMDb: 6,2/10
  • Jumlah episode: 12
  • Situs atau platform menonton: iQIYI

3. Itaewon Class (2020)

Dok. JTBC

Membangun bisnis kuliner adalah langkah baru yang dilakukan oleh mantan narapidana Park Sae Ro Yi (Park Seo Joon), untuk memulai kembali hidupnya dan memenuhi niatnya untuk balas dendam. Ia memilih lokasi di Itaewon, yang cukup terkenal di Korea Selatan.

Dok. JTBC

Bersama beberapa anggota tim, Park Sae Ro Yi bekerja keras dalam pemilihan menu makanan, penyajian, pelayanan kepada tamu, dan promosi bisnis kuliner tersebut. Namun, persaingan bisnis di bidang kuliner memang terbukti sengit dan tangguh.

  • Rating berdasarkan IMDb: 8,2/10
  • Jumlah episode: 16
  • Situs atau platform menonton: Netflix

4. Wok of Love (2018)

asianwiki.com

Naik dan turun adalah hal lumrah dalam kehidupan manusia, seperti yang dialami oleh koki Seo Poong (Lee Jun Ho). Setelah melewati masa kejayaannya, ia harus merelakan dirinya bekerja sebagai juru masak di restoran China yang sudah tidak populer.

สมัครด่วน.com

Sementara itu, seorang perempuan muda dan kaya bernama Sae Woo (Jung Ryeo Woon) terpesona oleh semangkuk jjajangmyeon yang dinikmatinya. Tidak main-main, makanan tersebut menginspirasinya untuk memulai kehidupan baru.

  • Rating berdasarkan IMDb: 7,5/10
  • Jumlah episode: 38
  • Situs atau platform menonton: Netflix, Viu

5. Temperature of Love (2017)

medium.com

Selalu ada rintangan dalam menjalani proses kehidupan dan mewujudkan cita-cita. Hal ini dialami oleh koki Oh Jun Sung (Yang Se Jong) yang memiliki keinginan kuat untuk membuka restoran sendiri, tetapi dihadapkan pada banyak tantangan.

soompi.com

Di sisi lain, Hyun Soo (Seo Hyun Jin) adalah seorang penulis yang berbakat dan ambisius. Sama seperti Oh Jung Sung, perempuan muda ini juga memiliki impian besar untuk menciptakan skenario untuk industri televisi, dan prosesnya pun tidaklah mudah.

  • Rating berdasarkan IMDb: 7,1
  • Jumlah episode: 40
  • Situs atau platform menonton: Viki

6. Late Night Restaurant (2015)

amazon.com

Reputasi yang unik membuat seorang koki dikenal dengan nama Master (Kim Seung Ho). Tidak heran, ia membuka restoran kecil miliknya di tengah malam, tanpa menu, dan bersedia menyediakan hidangan apapun yang dipesan oleh pelanggan.

kdramalove.com

Siapa sangka, ide unik tersebut berasal dari tujuan mulia, yakni menghibur kesengsaraan para pelanggan. Beberapa di antaranya adalah anggota geng, aktor yang putus asa, pekerja malam, petugas koran, perempuan kantoran, dan masih banyak lagi.

  • Rating berdasarkan IMDb: 7,8/10
  • Jumlah episode: 20
  • Situs atau platform menonton: Prime Video

7. Oh My Ghost (2015)

Dok. tvN

Pintar memasak dan tampan adalah dua kelebihan Kang Sun Woo (Jo Jung Suk), yang bekerja sebagai koki bintang lima. Sayangnya, dia cenderung bersikap sombong, terlalu percaya diri, dan suka menyembunyikan perasaannya yang sebenarnya.

asianwiki.com

Dampaknya, asisten di restoran tempatnya bekerja, Na Bong Sun (Park Bo Young), tidak menyadari bahwa Sun Woo menyukainya, bahkan merasakan jarak yang jauh dengan Sun Woo. Namun, keadaan tersebut berubah ketika tubuhnya dirasuki oleh hantu. 

  • Rating berdasarkan IMDb: 8,0/10
  • Jumlah episode: 16
  • Situs atau platform menonton: Netflix, Disney+ Hotstar

8. Let’s Eat (2011)

asianwiki.com

Bercerai di usia 20-an memberikan beban tersendiri bagi Lee Soo Kyung (Lee Soo Kyung), yang harus menjalani masa lajangnya hingga usia 30-an. Tanpa disadari, ia melampiaskan kesedihannya dengan terus menikmati aneka ragam makanan lezat.

hancinema.net

Sementara itu, ahli kuliner Koo Dae Young (Yoon Doo Joon) memiliki kemampuan luar biasa dalam menggambarkan cita rasa makanan. Kemampuan tersebut mungkin yang menarik perhatian Lee Soo Kyung hingga tercipta cerita yang menarik.

  • Rating berdasarkan IMDb: 7,6/10
  • Jumlah episode: 16
  • Situs atau platform menonton: Netflix

Sekarang, kamu pasti langsung lapar saat membaca sepenggal sinopsis dari drama-drama Korea di atas, bukan? Drama manakah yang akan kamu tonton lebih dulu, Bela? Lebih seru kalau kamu menonton sambil menyantap makanan lezat khas Korea.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration