Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Hampir Mustahil Ditemukan, Ini 11 Hewan Paling Langka di Dunia

Keserakahan manusia jadi penyebab punahnya hewan-hewan ini

Firly Fenti

Keserakahan manusia tak hanya menyebabkan rusaknya lingkungan alam saja, tapi turut berkontribusi mengurangi dan bahkan menghilangkan keberadaan populasi makhluk hidup yang ada di dalamnya. Salah satu populasi yang keberadaannya terkena dampak dari sifat buruk manusia ini ialah populasi hewan. Banyak jenis hewan yang keberadannya mulai sulit ditemukan akibat ulah manusia yang merusak habitat hidup para hewan.

Rusaknya habitat para hewan tersebut membuat mereka tidak bisa mempertahankan eksistensinya. Hal inilah yang membuat keberadaan jenis hewan tertentu menjadi sedikit populasinya. Bahkan, tak sedikit pula jenis hewan yang hampir mustahil ditemukan. Lalu, kira-kira, apa saja jenis hewan tersebut? Berikut Popbela berikan daftar 11 hewan paling langka yang hampir mustahil ditemukan di dunia.

1. California Condor

Pinterest.com/Andykerr

Burung terbesar endemik Amerika Utara ini pernah hampir punah, Bela. Keberadaanya benar-benar tidak ditemukan sama sekali. Namun, kemudian, terdapat 27 burung yang memiliki lebar sayap sebesar 3 meter ini. Sisa burung California condor ini kemudian dimasukkan ke dalam program pengembagnbiakan, agar bisa memperbanyak populasinya.

2. Kodok Dusky Gopher

Pinterest.com/WashingtonPost

Spesies hewan langka yang berikutnya ialah kodok Dusky Gopher yang berasal dari belahan Selatan Amerika Serikat. Sangat miris, keberadaan jenis spesies yang hanya dapat ditemukan di dua kolam kecil di Mississippi ini hanya tersisa kurang dari 250 ekor saja.

3. Gajah Tikus

Dok. Google

Hewan terlangka selanjutnya ialah Gajah tikus. Mamalia kecil asal Afrika ini sangat unik karena bergerak seperti kelinci dengan kemampuan pendengaran dan penciuman yang sangat tajam. Jenis hewan yang satu ini sempat hilang selama 50 tahun dan untuk pertama kalinya ditemukan kembali pada 2019 lalu di daerah di Djibouti, sebuah negara di Tanduk Afrika. 

4. Udang Mantis

Pinterest.com/Flickr

Disebut sebagai mahluk hidup yang penuh dengan warna, Udang Mantis juga termasuk ke dalam daftar hewan terlangka. Banyak orang yang menangkapnya untuk keperluan konsumsi atau untuk diperjualbelikan kembali. Keindahan dari tubuh udang Mantis yang menampilkan warna oranye, hijau, merah dan biru yang cantik tersebut yang membuat jenis udang ini banyak diburu. 

5. Glasswinged Butterfly

Daniel CR

Super cantik, hewan dengan sayap yang transparan ini juga masuk ke dalam daftar hewan langka yang sangat sulit ditemukan. Habitat dari jenis kupu-kupu yang memukau ini ialah di hutan lembap dan kebun yang berlokasi di Amerika Tengah.

6. Araripe Manaik

Dok.internet

Hewan langka selanjutnya yang sangat sulit ditemukan ialah burung endemik Brazil. Rusaknya habitat burung Araripe Manaik ini menyebabkan jumlah populasi burung ini hanya tersisa sebanyak 800 ekor. 

7. Nicobar Pigeon

Pinterest.com/Flickr

Menjadi merpati dengan warna yang paling menarik di dunia, burung jenis ini juga menjadi salah satu hewan yang mustahil ditemukan. Setiap tahunnya, populasi jenis burung yang satu ini semakin menurun.  

8. Serigala Meksiko

Dok. Google

Sempat mengalami pembantaian oleh oknum di Amerika Serikat pada tahun 1970-an, jenis hewan yang satu ini keberadaannya sungguh memperhatinkan. Di tiap tahunnya, jumlah populasinya sangat menurun yang menyebabkan keberadannya sangat sulit ditemukan. 

9. Madagascan Fish Eagle

Pinterest.com/Mount salvation salton sea

Hancurnya habitat burung asal Madagaskar ini juga diikuti dengan menurunya jumlah populasi penghuninya, yaitu Madagascan Fish Eagle. Hingga saat ini, jumlah burung yang satu ini hanya ada sekitar 120 pasang. 

10. Angonoka Tortoise

Pinterest.com/Readersdigest

Selain Elang Madagaskar, jenis kura-kura asal Madagaskar yang satu ini juga terancam punah. Melansir dari berbagai sumber, sampai saat ini jumlah populasi kura-kura jenis ini hanya ada sekitar 200 ekor.

11. Badak Jawa

Pinterest.com/Widya

Menjadi mamalia terbesar di dunia, Badak Jawa menjadi salah satu spesies yang termasuk ke dalam daftar hewan langka. Hingga kini, keberadannya hanya tersisa sebanyak 60-70 ekor. 

Kira-kira, apakah kamu apa yang ingin kamu lakukan agar kelak keturunanmu masih bisa mengenali hewan langka di dunia ini, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration