Selain dikenal dengan negara kepulauan, Indonesia juga terkenal dengan negara yang memiliki keberagaman flora atau tanaman yang sangat beragam. Menurut buku Atlas Flora dan Fauna, terdapat sekitar 37.000 jenis tanaman tinggi yang tumbuh di Indonesia. Bahkan, dari 37.000 tanaman tersebut, terdapat 14.800-18.500 tanaman endemik atau tanaman yang hanya ada di Indonesia. 

Namun, di balik jumlahnya yang sangat tinggi, terdapat satu hal yang tidak mengenakkan, nih. Hal ini berkaitan dengan keberadaan beberapa jenis tanaman yang terancam mulai punah. Ancaman kepunahan beberapa tanaman ini disebabkan oleh banyak hal. Salah satu penyebab utama kepunahan tersebut ialah adanya alih fungsi lahan yang menyebabkan beberapa jenis tanaman tersebut kehilangan habitatnya.  

Nah, agar kamu megetahui jenis tanaman apa saja yang keberadaanya mulai punah, berikut Popbela rangkum 7 jenis tanaman yang mulai langka di Indonesia.

1. Bunga Padma Raksasa

Terancam Punah, Ini 7 Tumbuhan Langka di IndonesiaPinterest.com/Indefenspfplants

Tanaman yang mempunyai nama ilmiah Rafflesia Arnoldii ini menjadi salah satu tanaman yang keberadaanya terancam punah. Tanaman yang bunganya termasuk ke dalam bunga terbesar di dunia ini ternacam punah lantaran masifnya penebangan hutan dan perburuan hewan yang menjadi penyebar bibit bunga itu.

2. Edelweiis Jawa

Terancam Punah, Ini 7 Tumbuhan Langka di IndonesiaPinterest.com/Industrycoid

Terkenal dengan nama Bunga Senduru, tanaman yang berhabitat di sekitar pegunungan ini juga termasuk ke dalam tanaman yang keberadaanya mulai hilang. Mulai punahnya bunga yang memiliki nama ilmiah Anaphalis javanic ini disebabkan oleh perilaku tak bertanggung jawab yang biasanya dilakukan oleh para pendaki. Mereka biasanya memetik dan menjadikannya bunga ini sebagai hadiah. Sampai saat ini, jenis tanaman ini hanya tersisa di Gunung Papandayan, Gunung Gede, Gunung Pangrango, dan Gunung Rinjani. 

3. Kantong semar

Terancam Punah, Ini 7 Tumbuhan Langka di IndonesiaPinterest.com/SSuryawan

Tanaman karnivor yang memangsa serangga ini juga masuk ke daftar tanaman yang mulai langka, lho. Keunikannya yang bisa menutup dan membuka membuat tanaman ini menjadi primadona sehingga banyak yang memburu dan mengoleksinya. Hal tersebutlah yang membuat keberadaan tanaman ini menjadi langka. 

4. Anggrek tebu

Terancam Punah, Ini 7 Tumbuhan Langka di IndonesiaPinterest.com/SSuryawan

Dikategorikan sebagai anggrek terbesar di dunia dan tercatat di Guinness World Records juga membuat jenis tanaman yang satu ini terancam eksistensinya. Hal ini terjadi lantaran tanaman yang daunnya memiliki corak seperti harimau ini banyak diburu oleh orang. Padahal, waktu tumbuh dari anggrek yang satu ini sangatlah lama. Hal ini lah yang menyebabkan tanaman yang satu ini menjadi langka dan terancam punah. 

5. Pohon Damar

Terancam Punah, Ini 7 Tumbuhan Langka di IndonesiaTropical.theferns.info

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Agathis dammara ini terancam punah lantaran terus dieksploitasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Banyak dari mereka yang mengeksploitasi tanaman ini untuk kepentingan sendiri dengan memanfaatkan batang pohon damar sebagai kayu dan getahnya sebagai bahan pembuatan kopal.

6. Pohon Ulin

Terancam Punah, Ini 7 Tumbuhan Langka di Indonesiaflickr.com/Aditya Darmasurya

Tanaman endemik Kalimantan ini terkenal dengan batangnya yang sangat kuat. Sama seperti pohon damar, pohon yang satu ini juga semakin langka lantaran banyak ditebang untuk keperluan bisnis kontruksi bangunan, seperti rumah, jembatan dan kapal.  

7. Pohon Tengkawan

Terancam Punah, Ini 7 Tumbuhan Langka di IndonesiaWikimedia.org

Sama seperti dua pohon sebelumnya, pohon yang memiliki nama ilmiah Shorea ini juga langka akibat diekspolitasi. Banyak orang yang memanfaatkan pohon ini dengan cara mengambil biji yang dihasilkan dari tanaman asal Kalimantan ini. Hal ini didasari dari keunikan biji pohon Tengkawan yang mampu memproduksi minyak.

Nah, itu dia 7 tanaman khas Indonesia yang keberadaya mulai ternacam punah. Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk tetap menjaga keberadaan tanaman-tanaman tersebut, lho. Dari banyaknya cara tersebut, salah satu cara termudah yang bisa kita lakukan ialah dengan mengampanyekan larangan merusak tanaman langka kepada masyarakat di sekitar kita. 

Baca Juga: Jenis-jenis Tanaman Rambat untuk Menghiasi Pagar Rumah

Baca Juga: Paling Indah! Ini 9 Jenis Tanaman Bunga Untuk Mempercantik Rumahmu

Baca Juga: Ini 8 Langkah Mudah Tanam Bawang Putih Hingga Panen di Rumah