Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Suka Lihat Orang Tua Berkebun? Ternyata ini Manfaat dari Melakukannya

olah raga dan olah memori bagi lansia

Emillia Wardhani

Hobi berkebun memiliki banyak hal yang ditawarkan dalam soal terapi, terlebih untuk mereka yang sudah lanjut usia. Berkebun dapat meningkatkan keterampilan seseorang. Banyak sekali manfaat yang akan dipetik dari para orang tua ketika mereka melakukan kebiasaan ini. 

Sebenarnya, kegiataan ini tidak hanya untuk orangtua di rumah, kamupun juga bisa menikmatinya. Hanya saja, orang muda tidak begitu terlalu suka repot-repot untuk hal yang kotor dan melelahkan. Langsung saja, simak, yuk, manfaat dari berkebun bagi para orang tua!

1. Olah raga dan membakar kalori

myhealthbynature.com

Menanam dan mencabut gulma (tumbuhan liar) dapat membantu orang tua membakar 200-400 kalori dalam waktu satu jam. Berkebun membuat tubuh bergerak dengan membungkuk, jongkok, meregangkan dan menarik sendi-sendi pada tulang. Hal ini juga membuat otot mereka menjadi semakin lebih kuat karena terbiasa untuk meregang dan menegang.

2. Melatih untuk mandiri

homecareassistancefortmyers.com

Lansia akan mulai mengalami keterbatasan dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Sering kali mereka mulai bergantung oleh salah satu anggota keluarga di rumah. Dengan melakukan hobi ini, mereka akan terlatih untuk mandiri dalam mengerjakan sesuatu tanpa membutuhkan bantuan orang lain sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

3. Memperkaya Vitamin D dan Kalsium untuk tulang

123RF.com

Kamu sering melihat beberapa orang berjemur saat matahari mulai muncul. Paparan sinar matahari pagi selama beberapa jam (pukul 8-10) akan memberi para orang tua lebih banyak vitamin D daripada segelas susu setiap malam. Hal ini menjadikan vitamin D sebagai senyawa yang alami dibuat tanpa tambahan buatan apapun.

4. Mengurangi stres

gardentech.com

Berkebun meningkatkan koordinasi antara tangan dengan mata, yang membantu otak dan tubuh selaras. Ini juga menurunkan tingkat hormon kortisol dalam menghasilkan stres dan meningkatkan serotonin, yaitu hormon yang membuat tenang keadaan otak untuk membuat suasana hati yang baik. Jadi, kebanyakan orang tua yang hobi berkebun, cenderung tidak mudah marah dan sensitif, Bela.

5. Menurunkan risiko penyakit daya ingat

greenthumbleague.com

Tuntutan fisik berkebun dan keterampilan berpikir kritis mengenai apa yang akan ditanam dan bagaimana cara merawatnya mengurangi kemungkinan para orang tua dalam mengidap penyakit daya ingat seperti Alzheimer. Bermanfaat sekali, ya!

Itulah lima manfaat dari hobi berkebun bagi orang tua. Jika kamu melihat orangtuamu mulai menggemari hobi yang satu ini, kamu lebih baik mendukungnya. Namun, kamu juga jangan lupa untuk mengingatkan mereka beristirahat setelah lelah beraktivitas.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration