Ingin mulai berkebun di rumah? Tak perlu repot-repot membeli benih, kamu bisa memanfaatkan sisa sayuran yang telah kamu gunakan untuk memasak untuk di tanam kembali. Kegiatan ini sangatlah mudah dan ekonomis. Kuncinya kamu cukup menyediakan pot, tanah, air dan lokasi yang terpapar sinar matahari agar tanamanmu bisa tumbuh subur di sana. Mau tahu apa sajakah jenis sayuran yang bisa ditanam dan dimanfaatkan kembali? Ini 8 diantaranya yang bisa langsung kamu praktekkan di rumah, Bela.

1. Selada

Belajar Berkebun Yuk! Sisa 8 Sayuran Ini Bisa Ditanam Lagipinterest.com

Usai menikmati selada untuk salad jangan buru-buru buang bonggolnya. Tempatkan bonggol tersebut yang terletak di bagian bawah selada ke dalam mangkok berisi air. Dalam kurun waktu 3-5 hari akan tumbuh tunas daun selada baru.  Setelah muncul, baru kemudian pindahkan ke dalam pot dan tanah. Hanya dalam waktu kurang lebih 2 minggu daun selada sudah bisa kamu panen di rumah. 

2. Bokchoy

Belajar Berkebun Yuk! Sisa 8 Sayuran Ini Bisa Ditanam Lagigardeningknowhow.com

Tak jauh berbeda dengan selada, manfaatkan potongan bonggol bokchoy untuk ditanam kembali. Caranya potong bagian paling bawah bokchoy dan kemudian rendam bagian bawah di dalam gelas yang berisi air. Ganti air tersebut setiap 2 hari sekali. Kemudian setelah bagian tengah bonggol tersebut mulai tumbuh daun, baru pindahkan ke dalam pot. 

3. Wortel

Belajar Berkebun Yuk! Sisa 8 Sayuran Ini Bisa Ditanam Lagigardeningknowhow.com

Untuk menanam kembali wortel, caranya potong bagian ujung paling atasnya. Kemudian isi semangkuk air yang berisi wortel tersebut, tunggu hingga mulai tumbuh batang dan daun diatasnya. Langkah selanjutnya, kamu tinggal memindahkannya dalam sebuah pot, maka tak lama wortel pun akan segera tumbuh dengan sempurna. 

4. Daun bawang

Belajar Berkebun Yuk! Sisa 8 Sayuran Ini Bisa Ditanam Lagipinterest.com

Potong bagian atas daun bawang sisakan bagian akarnya. Saat akan menanamnya usahakan untuk mendapat sisa bagian akar yang cukup banyak. Kemudian letakkan daun bawang tersebut di dalam gelas berisi air, namun fokuskan hanya sampai setinggi akarnya saja. Simpan di tempat yang terpapar sinar matahari. Gantilah secara rutin setiap 2 hari sekali. Daun bawang akan mulai tumbuh akar setelah 5-7 hari, kemudian baru pindahkan ke dalam pot dan tanah. Nantinya jika tumbuh dengan subur, saat menggunakannya kamu cukup memotong bagian atasnya saja agar ia bisa tumbuh lagi. 

5. Bawang putih

Belajar Berkebun Yuk! Sisa 8 Sayuran Ini Bisa Ditanam Lagipinterest.com

Menanam bawang sangat mudah, caranya perhatikan jika ada kecambah yang muncul dari siung itu tandanya kamu cukup menaruhnya di dalam wadah yang berisi sedikit air. Atau jika belum ada, kamu bisa melakukan langkah yang sama sampai tunas tersebut tumbuh. Setelahnya kamu bisa memindahkannya ke media pot dan tanah.

6. Cabai

Belajar Berkebun Yuk! Sisa 8 Sayuran Ini Bisa Ditanam LagiUnsplash.com / Nick Artman

Cabai memiliki aneka varian.Pilihlah jenis cabai yang paling sering kamu konsumsi, misalnya cabai rawit atau cabai keriting. Kemudian kupas cabai tersebut dan ambil bijinya saja, kemudian jemur di bawah sinar matahari sampai bijinya dalam kondisi kering. Setelahnya, kamu tanam di dalam pot dan simpan di bawah matahari langsung. Saat mulai tumbuh besar, kamu bisa memindahkannya ke area tamanmu. 

7. Jahe

Belajar Berkebun Yuk! Sisa 8 Sayuran Ini Bisa Ditanam Lagiyoutube.com

Akar jahe sangat mudah tumbuh, sehingga membantu persediaan jahemu tetap ada di rumah. Caranya, hanya perlu menanam sepotong jahe di tanah dengan posisi kuncupnya yang menghadap ke atas, kemudian akan tumbuh tunas dan akar baru dalam kurun waktu kurang lebih satu minggu. Selanjutnya kamu dapat mempergunakannya kembali. Maka siapkan selalu untuk menyimpan sepotong rimpang untuk ditanam kembali. 

8. Tanaman daun seledri, kemangi dan ketumbar

Belajar Berkebun Yuk! Sisa 8 Sayuran Ini Bisa Ditanam Lagipinterest.com

Tiga jenis daun berikut merupakan daun yang seringkali digunakan untuk bumbu masak ataupun sebagai tambahan lalapan. Kamu bisa menanamnya dengan mudah. 

  • Pertama, untuk daun ketumbar kamu cukup merendam biji ketumbar dalam air hangat selama 2 - 12 jam untuk mengaktifkan bijinya. Selanjutnya tabur biji tersebut di dalam tanah dengan kedalaman 1-2 cm saja. Ia akan tumbuh dalam waktu 7-10 hari.
  • Kedua, daun seledri. Caranya ambil pangkalnya, kemudian letakkan di wadah berisi air yang mendapatkan paparan sinar matahari. Setelah daunnya tumbuh baru pindahkan ke media tanah.
  • Terakhir, daun kemangi. Kamu dapat menanam tangkai pangkal kemangi sepanjang 7-10 cm, kemudian berikan air dengan sinar matahari yang cukup. Setelah mulai tumbuh akar baru pindahkan ke tanah. Jangan lupa untuk rutin menyiramnya, ya. 

Itulah beberapa jenis sayuran yang bisa ditanam lagi. Selamat berkebun, Bela! 

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Hias yang Populer dan Cocok Untuk Mempercantik Rumahmu

Baca Juga: Ingin Berkebun Sayur di Rumah? Ini 8 Inspirasinya

Baca Juga: Kreatif! Ini 7 Inspirasi Taman Mungil untuk Rumah Minimalis