Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tips Jitu Kelola Uang Selama Bulan Ramadan Buat yang Gaji Pas-Pasan

Agar uang untuk THR, belanja dan mudik aman!

Elni Novitasari

Bulan Ramadan adalah bulan suci yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Bulan penuh berkah ini selalu menjadi momen yang paling tepat untuk berbagi kebahagiaan dan keberkahan kepada sesama. Setelah 30 hari menjalankan ibadah puasa, seluruh umat islam di dunia akan merayakan Hari Raya Idulfitri untuk saling memaafkan semua kesalahan satu sama lain. 

Hari Raya Idulfitri juga jadi ajang silaturahmi keluarga besar serta kerabat dekat. Bagi-bagi THR dan makan-makan bersama sudah menjadi budaya yang biasa dilakukan saat lebaran. Namun, pengeluaran tak terkendali selama bulan Ramadan kerap menjadi masalah.

Bukannya jadi banyak uang, malah bikin dompet lebih luang. Akibatnya, uangmu pas-pasan untuk kasih THR, belanja dan mudik. Kalau kamu nggak mau seperti itu, berikut 5 tips jitu kelola uang selama bulan Ramadan yang wajib kamu terapkan. Check this out, Bela!

1. Kurangi acara bukber fancy

Pexels/Nicole Michalou

Setiap bulan puasa, wajib hukumnya ada acara buka bersama (bukber) di luar rumah. Acara bukber ini biasanya jadi ajang reuni dengan teman-teman semasa sekolah atau kuliah, sehingga sangat sayang untuk dilewatkan. Belum lagi acara bukber dengan circle terdekat dan juga keluarga. Wah, bisa setiap minggu nih ada acara bukber!

Tapi, jangan semua acara bukber kamu iya-in. Ada baiknya kamu memilih acara bukber yang akan kamu datangi. Kamu bisa pilih berdasarkan dengan siapa yang paling jarang bertemu, atau mana yang acaranya diselenggarakan di tempat yang nggak terlalu mahal.

Jangan sampai kamu datangi semua acara bukber, apalagi di tempat yang fancy. Paling banyak kamu bisa mengikuti 1 acara bukber setiap minggunya, ya! Dengan begitu, pengeluaranmu tak terlalu bengkak selama bulan puasa.

2. Tahan hasrat belanja online

Pexels/cottonbro studio

Tak afdol rasanya bila di hari lebaran nanti kalau tidak mengenakan pakaian baru. Ya, mengenakan pakaian yang baru dan bagus juga jadi budaya yang meriahkan hari raya Idulfitri. Dengan begitu, biasanya kita sudah mulai mencari-cari baju saat masih bulan puasa. Kalau kamu tidak ada waktu untuk ke pusat perbelanjaan, sekarang sudah mudah sekali belanja baju dan kebutuhan lain secara online.

Namun, selain menahan lapar dan haus, kamu juga harus kuat menahan hasrat untuk belanja online. Karena sudah pasti akan ada banyak diskon menggiurkan yang membuatmu kalap berbelanja.

Beli kebutuhan yang benar-benar penting saja. Pilih baju yang modelnya timeless, sehingga bisa dikenakan di segala acara. Begitu pula dengan kebutuhan rumah tangga dan kue lebaran. Beli secukupnya jangan sampai berlebihan!

3. Buat menu hemat untuk sahur

Pexels/RODNAE Productions

Tips selanjutnya untuk berhemat di bulan Ramadan, kamu bisa membuat menu hemat untuk sahur dan berbuka. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan makanan yang murah meriah, karena biasanya harga bahan makanan lain harganya melejit naik menjelang puasa dan lebaran. Kamu bisa baca dan ikuti resep berbagai menu yang mudah dan sederhana, namun tetap nikmat di Popbela, ya!

4. Sisihkan untuk sedekah dan zakat

Dok. Internet

Meski sedang berhemat agar biaya untuk THR, belanja dan mudik aman, tapi kamu jangan sampai lupa untuk sedekah dan berzakat, Bela. Sedekah dan zakat menjadi amalan yang wajib dilakukan selama bulan Ramadan. Untuk itu, ada baiknya kamu menyisihkan terlebih dahulu sebagian dari uangmu untuk bersedekah dan menunaikan zakat fitrah, agar tidak terpakai untuk kebutuhan lain. Kamu bisa memperkirakan biayanya sesuai budget.

5. Meminimalkan pengeluaran redecorate hunian

istockphoto.com/supersizer

Untuk menyambut para tamu di hari lebaran, biasanya kita melakukan dekor ulang hunian untuk memberikan kesan yang bersih dan segar. Tak jarang redecorate hunian yang dilakukan justru overbudget karena ternyata banyak bagian rumah yang harus diperbaiki. Entah harus cat ulang dinding rumah, mengganti gorden dengan yang baru atau membeli furnitur tambahan untuk mempercantik ruangan.

Untuk meminimalisir pengeluaran redecorate hunian, kamu harus teliti dalam memilih mana yang paling dibutuhkan. Misal, kamu bisa mengecat ulang dinding rumah, sedangkan untuk gorden kamu bisa mencucinya terlebih dahulu agar terlihat lebih bersih seperti baru. Lalu, kamu bisa membeli furnitur tambahan di lain hari.

Itu dia 5 tips jitu kelola uang selama bulan Ramadan yang bisa kamu lakukan agar uang untuk THR, belanja dan mudik aman. Tidak susah untuk dilakukan kan, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration