Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini Tanaman Rumah yang Cocok dengan Zodiakmu

Siapa yang paling cocok dengan Monstera?

Dina Lathifa

Kamu senang bertanam di rumah? Mungkin, baru mulai mencoba hobi menanam tanaman saat menjalani karantina selama pandemi COVID-19? Ada banyak jenis tanaman rumah yang cantik dan memiliki sejumlah manfaat, serta kondisi tumbuh dan perawatannya. Kamu tinggal memilih sesuai seleramu atau kondisi rumah.

Bingung memilihnya? Jangan khawatir, kamu dapat menyesuaikannya dengan karakter zodiakmu. Melansir dari Bustle, ini tanaman rumah yang harus kamu tanam berdasarkan kata zodiakmu. Apa saja?

1. Aries: Bamboo Palm

Instagram.com/_.colored._

Sebagai zodiak berelemen api, kamu sangat menyukai matahari. Maka, tanaman yang cocok denganmu adalah Bamboo Palm yang merupakan tanaman tropis. Tanaman ini dapat bertahan dengan cahaya matahari yang sedikit. Namun, bamboo palm akan tumbuh tinggi jika mereka berada di tempat yang cerah tapi bukan cahaya matahari langsung. Jadi jika merawatnya dengan baik, kamu akan mendapatkan tanaman Palem Bambu yang eksotis.

2. Taurus: Heart-Leaf Philodendron

Instagram.com/_fikaliving

Tanaman dengan daun berbentuk hati ini cocok sebagai pilihanmu, Taurus. Sebagai zodiak yang senang kenyamanan, kamu nggak akan merasa kerepotan saat menanam dan mengurus tanaman ini. Heart-leaf Philodendron atau juga dikenal dengan nama Sweetheart Philodendron, nggak membutuhkan perawatan yang banyak. Kamu dapat menanamnya di dalam maupun di luar rumah. Nantinya, daun akan merambat atau menggantung di dinding.

3. Gemini: Snake Plant

Instagram.com/Renee_hallman

Gemini memiliki kepribadian yang senang mencari kesenangan, maka tanaman rumah yang cocok untukmu adalah Snake Plant. Tanaman yang memiliki daun yang tebal dan bercorak seperti loreng, serta tumbuh mengarah ke atas ini dapat menjadi dekorasi rumah yang menawan. Perawatannya pun mudah sehingga kamu nggak akan kesulitan untuk menanamnya. Snake plant juga memiliki manfaat membersihkan udara rumah, cocok untuk kamu yang memiliki elemen udara pada zodiakmu.

4. Cancer: Sword Fern

Instagram.com/Thearchwayplanter

Ada sekitar 12 ribu lebih jenis fern di luar sana, dan banyak di antaranya—termasuk Sword Fern yang berdaun tipis serta berbentuk seperti pedang ini—dapat tumbuh dengan cantik di dalam rumah tanpa membutuhkan banyak cahaya. Faktanya, tumbuhan Fern membutuhkan kelembapan yang tinggi. Jadi, kamu harus menyemprotkan air secara rutin atau menempatkan dalam ruangan yang lembap, seperti kamar mandi. Tanaman yang membutuhkan agak banyak perhatian ini cocok untuk kamu, si Cancer yang senang merawat sesuatu (atau seseorang).

5. Leo: Monstera

Instagram.com/Plantsbybenny

Jadi tanaman yang paling dicari belakangan ini, Monstera merupakan tanaman rumah yang cocok untuk zodial Leo. Monstera diyakini sebagai tanaman ruman yang paling instagrammable karena memiliki daun yang lebar dan beberapa di antaranya memiliki lubang, yang menjadikannya juga terlihat menarik. Tanaman ini membutuhkan cahaya matahari yang cukup untuk tumbuh dengan baik. Namun perawatan seperti ini tentu bukan masalah untuk kamu karena sebagai zodiak yang diatur oleh matahari. Rumahmu memiliki banyak spot yang menerima banyak cahaya matahari.

6. Virgo: Pothos

Instagram.com/Plantandonape

Sebagai zodiak dengan elemen tanah, kamu merupakan orang yang paling mengerti tanaman rumah. Selain itu, zodiak Virgo umumnya menyukai kebersihan. Jadi, tanaman rumah yang cocok untukmu adalah Pothos karena memiliki manfaat yang dapat membersihkan udara. Badan NASA pun menempatkan Pothos sebagai tanaman teratas dalam Interios Landscape Plants For Indoor Air Pollution Abatement. Di samping manfaatnya yang baik untuk udara rumah, tanaman ini tumbuh dengan cepat dan dapat mempercantik rumah jika kamu gantung.

7. Libra: Peace Lily

Instagram.com/Aminaminax

Peace Lily sebenarnya bukan tanaman Lili, melainkan tanaman dengan bunga warna putih yang menyerupainya, bukan begitu? Tanaman ini sangat cocok untuk kamu yang berzodiak Libra. Sebab sebagai zodiak yang menyukai kedamaian dan keharmonisan, kamu akan menyukai energi yang dipancarkan dari tanaman ini. Bunga putih yang mekar dari tanaman ini akan bersemi sepanjang tahun. Jadi, kamu akan selalu memiliki aroma bunga yang harum dalam rumah. Tanaman Peace Lily dapat tumbuh hingga 1 meter tingginya, menjadikannya cocok untuk ditanam di dalam rumah sebagai dekorasi yang cantik.

8. Scorpio: Spider Plant

Instagram.com/Tara_plants

Dikenal juga dengan nama Fellow Arachnid, spider plant memiliki daun panjang dan tipis menyerupai kaki laba-laba. Menurut NASA, tanaman ini sangat membantu menyerap senyawa racun dari udara. Tanaman ini pun dapat tumbuh di ruangan dengan cahaya yang minim, menjadikannya sebagai pilihan yang tepat untuk kamu yang tinggal dalam hunian yang kurang terbuka atau nggak menerima cahaya matahari dari luar.

9. Sagittarius: Lucky Bamboo

Instagram.com/Nurturinggreen

Kamu diatur oleh planet Jupiter dan Sagitarius. Jadi, tanaman rumah yang cocok untukmu adalah tanaman yang memiliki keberuntungan sama denganmu, yaitu Lucky Bamboo. Tanaman ini sebenarnya tumbuhan dracaena dan sama sekali bukan bambu. Hanya batangnya yang terlihat menyerupai bambu sehingga mendapatkan nama itu. Kalau memiliki lahan tanah sedikit, kamu bahkan dapat menanam Lucky Bamboo dalam air, selama akarnya terendam di dalam.

10. Capricorn: English Ivy

Instagram.com/Sheas_plants

Jika ingin menambah pancaran nuansa bumi dalam rumah, pilih tanaman English Ivy. Tanaman ini terlihat cantik sebagai pajangan di tepi jendela atau menggantung di atas, pilih posisi yang kamu suka, Capricorn. Tanaman ini membutuhkan banyak cahaya matahari. Jadi, kamu harus siap-siap merawatnya, seperti menjaga suhu rumah, memeriksa cahaya dan air yang diterimanya. Terdengar merepotkan. Namun sebagai zodiak yang penuh tanggung jawab, perawatan seperti ini mudah bagimu, Bela.

11. Aquarius: Aloe Vera

Instagram.com/Ferbi_shop

Kamu senang menolong orang lain, Aquarius. Jadi, tanaman rumah seperti Aloe Vera atau Lidah Buaya sangat cocok untukmu karena memiliki banyak manfaat. Tanaman cantik ini mudah dirawat namun nggak mudah mati. Gel di dalam daunnya dapat kamu manfaatkan untuk berbagai hal, sebagai pelembap kulit atau untuk meredakan iritasi.

12. Pisces: Chinese Evergreen

Instagram.com/I_love_tanum

Akui saja, kamu senang rebahan dan malas mengerjakan tugas yang rumit, bukan? Karena itu, tanaman rumah yang cocok untukmu adalah Chinese Evergreen. Tanaman rumah ini nggak membutuhkan perawatan yang rumit, serta nggak memerlukan cahaya matahari yang banyak. Selain itu, Chinese Evergreen ini dapat menjernihkan udara, menjadikannya cocok untuk kamu taruh di meja samping tempat tidurmu.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu tanaman rumah yang harus kamu pilih, kan? Kalau tertarik dengan tanaman rumah zodiak lain juga nggak masalah, kok, Bela. Hal terpenting adalah kamu mengetahui perawatannya dan siap merawatnya sampai tumbuh cantik.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration