Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Habis Nonton Film Horor? 7 Tips Usir Takut agar Bisa Tidur Nyenyak

Takut, tapi pengen nonton, tapi takut :(

Dina Lathifa

Di dunia ini, ada orang yang sangat pemberani untuk menonton film horor, juga ada yang takut dan menghindari genre tayangan itu. Di antara keduanya, ada sekelompok orang yang berada tepat di tengah-tengahnya, yaitu takut namun menyukai film hantu sehingga bersikukuh ingin menontonnya. Dari ketiga kelompok ini, di manakah dirimu berada, Bela?

Baik suka maupun nggak suka, terkadang kamu memaksakan diri untuk menonton film horor karena beberapa alasan. Entah karena filmnya memiliki alur cerita yang menarik, aktor yang kamu sukai menjadi peran utama, entah karena nggak ingin ketinggalan pembicaraan dengan teman-teman lain yang menontonnya. Namun efek samping setelahnya, kamu jadi merasa cemas dan takut. Bahkan, sulit untuk tidur di malam hari atau tidur sendiri. Jika hal ini kamu alami, jangan khawatir! Melansir dari Bustle, ada beberapa cara menghilangkan takut sehabis nonton film horor.

1. Ingat kalau semua itu hanya ada di film

pexels.com/Pixabay

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah reality check. Pisahkan fakta dan fiksi dalam pikiranmu. Pejamkan mata dan ingatkan dirimu sendiri walau seberapa realistisnya film horor yang baru saja kamu tonton itu, semuanya hanya ada di balik layar. Nggak ada monster, drakula, zombie, roh jahat, atau bahkan badut pembunuh. Semua hanya ada di film, bukan di sekelilingmu saat ini. Semua karakter itu pun dimainkan oleh aktor dan aktris profesional, dengan sutradara di balik kamera, dan peralatan studio yang mendukung jalannya syuting.

2. Menonton sesuatu yang mengundang tawa

pexels.com/Rafael Guajardo

Kapan pun saat merasa takut di malam hari, atau mendadak cemas dan nggak bisa tidur, coba hibur dirimu sendiri dengan melihat sesuatu yang mengundang tawa. Entah itu video di YouTube, komik-komik singkat di unggahan Instagram, atau kumpulan memes di internet. Dengan melihat sesuatu yang menghibur, rasa takutmu perlahan menghilang dan kamu bisa lebih tenang sejenak.

3. Meditasi dan bersihkan pikiranmu

pexels.com/rawpixel.com

Setelah menonton film horor, tentu ada sebagian adegan yang benar-benar melekat di kepalamu. Adegan menyeramkan itu bagai kaset rusak, selalu terputar ulang di kepala meski kamu nggak menginginkannya. Itu membuatmu merasa semakin takut. Ada kalanya, kamu perlu mengosongkan pikiranmu untuk menenangkan dirimu, Bela. Duduk dan bermeditasi adalah alternatif yang tepat. Singkirkan ingatan di kepalamu yang berhubungan dengan film horor sampai itu nggak lagi mengganggu dirimu.

4. Lakukan sesuatu untuk mengalihkan pikiranmu

pexels.com/Pixabay

Rasa takut akibat menonton film horor membuatmu sulit tidur? Lakukan sesuatu yang dapat mengalihkan pikiranmu. Hal itu bisa berupa membaca buku seru, scrolling media sosial, atau berburu diskon murah di toko online. Fokuskan pikiranmu pada hal yang sedang kamu lakukan. Dengan begitu, kamu nggak berfokus lagi pada rasa takut atau dengan film horor yang baru saja ditonton.

5. Menghubungi seseorang

pexels.com/Tookapic

Menghubungi orang terdekat bisa membantu mengalihkan pikiranmu dari film horor dan memudarkan rasa takut dalam hatimu. Kamu bisa mengajak keluarga, teman, atau bahkan pasangan untuk sekadar mengobrol dan membicarakan film yang baru saja ditonton. Terkadang, mengeluarkan perasaan yang mengganjal seperti rasa takut itu dapat membuat hati menjadi lebih lega dan ringan. Namun kalau nggak ingin membicarakan film, kamu bisa mengganti topik dengan menanyakan kabar lawan bicaramu. Percakapan yang baik dapat menghilangkan rasa takut secara perlahan.

6. Berolahraga

Rasa takut dan cemas datang beriringan. Jadi ketika merasa takut, kamu pun akan merasa cemas, dan saat itu pula adrenalin dalam dirimu akan terpacu. Alternatifnya, kamu bisa menyalurkan adrenalin itu ke luar tubuh dengan cara berolahraga. Aktivitas fisik yang baik ini nggak hanya membuat rasa takutmu berkurang, tetapi juga dapat menyehatkan tubuh.

7. Tidur dengan lampu menyala

pexels.com/OVAN

Tenang, kamu nggak perlu bersikap pura-pura berani walau sebenarnya nggak. Kamu nggak perlu memaksakan diri untuk tidur dengan keadaan lampu mati jika gelap membuatmu merasa nggak nyaman, terlebih setelah menonton film horor. Biarkan lampu tetap menyala dan tidurlah. Saat bangun nanti, kamu akan merasa lebih baik dan lupa kalau film horor itu hanya sebuah film yang nggak akan kamu tonton lagi.

Nggak ada yang salah jika kamu bukan orang yang pemberani namun senang dengan film horor. Itulah cara menghilangkan takut sehabis nonton film horor. Jika ketakutanmu muncul setelah menontonnya, usir perasaan itu dengan melakukan beberapa tips ini ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration