Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Selain 'Twenty Five, Twenty One', Ini K-Drama Retro Buat Nostalgia

Ajang mengenang masa lalu

Cynthia Claudia

Drama Korea selalu menarik perhatian dengan temanya yang beragam. Salah satunya, tema retro tahun 80 hingga 90-an, yang berhasil membuat penonton 'tua' yang lahir di masa tersebut bernostalgia, sekaligus membuat penonton 'muda' memahami kehidupan di masa tersebut. 

Pastinya sangat menyenangkan bisa mengenang masa lalu yang indah, ketika hidup masih sangat sederhana. Mulai dari cara menghabiskan waktu bersama teman maupun kerabat, membangun hubungan romantis, hingga teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi, sangat berbeda dengan zaman sekarang.

berbagai sumber; edited on Canva

Selain bikin para penonton bernostalgia ke kehidupan beberapa tahun silam, drama-drama tersebut juga menyuguhkan karakter yang relatable dengan kehidupan nyata, dan tak jarang membuat penonton terbawa perasaan dengan kisahnya. 

Salah satu drama terbaru dengan vibes yang sama adalah Twenty Five, Twenty One. Bagi Bela yang menyukai drama dengan vibes yang serupa, berikut adalah deretan drama Korea dengan tema retro yang membuatmu kembali bernostalgia, yang sudah tayang melalui VIU atau Netflix.

1. Twenty Five, Twenty One (2022)

instagram.com/tvndrama.official

Twenty Five, Twenty One merupakan salah satu drama yang mampu menginspirasi penonton untuk mengejar impiannya. Berlatar tahun 1988, drama dengan genre coming-of-age ini kisahnya menyoroti berbagai aspek kehidupan; mulai dari keluarga, persahabatan, kisah cinta, dan perjalanan karier seseorang. 

Kim Tae Ri memerankan pemain anggar Na Hee Do yang penuh semangat, sementara Nam Joo Hyuk memerankan seorang mahasiswa universitas bernama Baek Yi Jin. Ketika krisis moneter terjadi di Korea Selatan, mereka terpaksa harus berjuang, beradaptasi dengan perubahan besar untuk memulai hidup yang baru dan meraih cita-cita mereka.

Drama tersebut menyuguhkan atmosfer tahun 90-an yag sangat kental. Mulai dari bangunannya, suasana, hingga penampilan para pemerannya. Salah satu bangunan yang ditekankan pada awal kisah adalah tempat persewaan komik, dimana Baek Yi Jin bekerja paruh waktu untuk mencari nafkah. 

2. Snowdrop (2021)

kpoppost.com

Meskipun sempat mengundang kontroversi, namun Snowdrop bisa dibilang sukses mencuri perhatian. Snowdrop mengangkat kisah cinta dan konflik pemberontakan yang kental dengan nuansa tahun 80-an. Mulai dari latarnya hingga busana para pemerannya, lantas mengikuti gaya retro.

Berlatar tahun 1989, Snowdrop menampilkan negara Korea Selatan yang sedang dalam masa penting dalam sejarah Korea Selatan, ketika terlihat para mahasiswa berdemonstrasi agar pemilihan umum dijalankan secara adil.

Pergolakan politik ini juga dibalut kisah cinta Im Soo Ho (Jung Hae In) dan Yeong Ro (Jisoo BLACKPINK). Im Soo Ho, yang merupakan mata-mata Korea Utara sempat terluka, kemudian diselamatkan dan disembunyikan oleh Yeong Ro, seorang mahasiswi di Universitas Wanita Hosu.

3. Reply 1997, 1994, dan 1988 (2012, 2013, 2016)

Allkpop.com

Serial slice-of-life populer berjudul Reply, merupakan garapan penulis skenario terkenal Lee Woo Jung dan sutradara Shin Won Ho. Jika Hospital Playlist merupakan salah satu drama favoritmu, maka serial televisi antologi berjudul Reply ini wajib masuk watchlist-mu, Bela, karena digarap oleh sutradara dan penulis yang sama.

Serial Reply menceritakan kehidupan sekelompok sahabat di tahun 90-an, yang akan membuatmu mengenang masa muda. Pertama, Reply 1997 mengangkat kisah Shin Won (Eunji Apink) dan sahabatnya yang bertemu kembali dalam acara reuni di tahun 2012. Mereka kembali mengenang masa-masa SMA di Busan pada tahun 1997 silam. 

Sementara Reply 1994 juga mengangkat tema tentang kehidupan di perguruan tinggi, karakter utamanya terdiri dari enam mahasiswa dari berbagai provinsi di Korea Selatan yang tinggal di asrama yang sama.

Masih mengangkat tema yang sama, Reply 1988 juga akan mengingatkanmu pada sahabat karibmu di zaman sekolah. Kisahnya berpusat pada lima sahabat (Hyeri, Park Bo Gum, Ryu Jun Yeol, Go Kyung Pyo, Lee Dong Hwi) yang tumbuh bersama karena keluarga mereka saling mengenal.

4. Youth of May (2021)

ultimagz.com

Youth of May masuk dalam daftar drama yang akan membuat para penontonnya tersentuh dengan kisah emosionalnya. Sebagai drama romansa, kisah cintanya berpusat pada seorang mahasiswa kedokteran bernama Hwang Hee Tae (Lee Do Hyun) yang bertemu seorang perawat bernama Kim Myung Hee (Go Min Si).

Youtuh of May kisahnya berlatar pada Mei 1980, selama Pemberontakan Gwangju ketika Korea Selatan sedang mementingkan gerakan demokrasi. Karakter utamanya lantas menghadapi berbagai rintangan kehidupan ketika berusaha membangun hubungan romansa.

Para penonton akan tersentuh dengan pengorbanan berbagai karakter dalam drama ini, sekaligus disuguhken dengan fakta bagaimana rasanya hidup di lingkungan yang sangat berbahaya. 

5. Mr. Sunshine (2018)

Allkpop.com

Mr. Sunshine merupakan salah satu drama yang menampilkan kisah perjuangan kemerdekaan negara Korea Selatan. Mr. Sunshine  dibawakan dengan alur ceritanya yang kerap membuat para penonton penasaran dengan kisah selanjutnya, sekaligus dibalut dengan sinematografi yang menarik.

Perkembangan karakter setiap aktor juga dibawakan dengan sangat apik. Begitu pula dengan kostum periode dan props yang mendukung latarnya, tak heran jika Mr. Sunshine mampu mencapai rating dua digit. Para penonton dapat melihat sekilas tentang masa lalu kehidupan Korea yang gemilang sekaligus kelam melalui drama Mr. Sunshine.

6. Go Back Couple (2017)

lendyagasshi.com/

Apa yang terjadi jika suatu hari kamu bangun kembali sebagai dirimu yang masih berusia 20 tahun, Bela? Ini yang terjadi pada karakter utama Go Back Couple. 

Choi Ban Do (Son Ho Jun) dan Ma Jin Joo (Jang Nara) adalah pasutri berumur 38 tahun yang sudah memiliki anak. Namun, sebagai pasutri, mereka tidak pernah bahagia, dan mengalami kehidupan yang suram. 

Suatu hari, mereka bangun kembali sebagai sebagai mahasiswa yang masih muda. Ini memungkinkan mereka untuk mengubah keputusan mereka sebelumnya, yang dapat mengubah kehidupan mereka di masa yang akan datang.

Go Back Couple menggambarkan kisah kehidupan yang menyentuh hati, mulai dari cinta tanya syarat yang ditunjukkan orang tua pada umunya, dan  menunjukkan bagaimana persahabatan memang ditakdirkan untuk terjalin seumur hidup.

7. Chicago Typewriter (2017)

thekatcafe.com/

Chicago Typewriter merupakan drama yang mengangkat latar belakang tahun 1930an sekaligus di masa depan. Kisahnya berpusat pada seorang penulis, penulis bayangan, dan penggemarnya ketika mereka membangun hubungan persahabatan, romansa, dan mengalami pengkhianatan yang berlangsung selama 80 tahun.

Seorang penulis terkenal bernama Han Se Joo (Yoo Ah In), mengalami hambatan dalam menulis. Namun, dirinya bertemu dengan seorang penggemar berat (Im Soo Kyung) dan seorang penulis bayangan (Go Kyung Pyo), yang membantunya menemukan solusi dari hambatan menulis. 

Kisah perjalanan yang berlangsung selama bertahun-tahun dalam drama ini memberikan para penonton gambaran mengenai perjuangan bangsa Korea yang dibangun di era kolonial Jepang.

8. Love Rain (2012)

Love Rain berlatar belakang tahun 70-an hingga abad 21. Drama ini menyuguhkan kisah cinta yang menumbuhkan perasaan sukar untuk melupakan cinta pertama.

Dibintangi YoonA dan Jang Geun Suk, drama ini menceritakan kisah "seseorang yang terlupakan" pada 40 tahun yang lalu. Kisahnya berawal dari Seo In Ha (Jang Geun Suk) dan Kim Yoon Hee (Im Yoon Ah) yang pertama kali bertemu ketika berkuliah bersama di tahun 70-an.

Mereka yang saling jatuh cinta bertemu lagi di masa sekarang, dengan kehadiran seorang putra dan putrinya yang akan menjalani takdir yang menghambat hubungan romansa mereka.

Kisah cinta Seo In Ha dan Kim Yoon Hee memang tidak berjalan mulus, karena mereka akhirnya harus putus dan berpisah.

Itulah drama Korea dengan vibes yang akan membuat para penontonnya kembali bernostalgia ke masa mudanya, Bela. Dari sederetan drama di atas, mana yang menarik perhatianmu?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration