Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Inilah Perbedaan Pintar dan Cerdas, Jadilah Semakin Produktif!

Kalau kamu pintar atau cerdas?

Cynthia Claudia

Masih banyak yang belum tahu bahwa seseorang yang disebut "pintar" atau "cerdas" ternyata memiliki banyak perbedaan. Ada beberapa perbedaan antara orang cerdas dan pintar yang sangat menonjol.

Mulai dari keahlian, sifat, cara berpikir, hingga keterbukaan dalam membagikan ilmu. Biar nggak salah membedakan antara orang pintar dan cerdas, berikut ini telah Popbela rangkum perbedaan antara orang pintar dan cerdas.

1. Orang cerdas merupakan bawaan dari lahir

Pexels.com/Pavel Danilyuk

Perbedaan pertama antara orang pintar dan cerdas adalah pembawaannya. Kecerdasan merupakan bawaan yang dimiliki seseorang sejak lahir. Berbeda dengan kepintaran, yang diterima seseorang ketika kemampuannya terus diasah dengan pembelajaran. 

Itulah mengapa kepintaran sering dikaitkan dengan ilmu pengetahuan atau bidang lainnya yang perlu diasah terus menerus.

2. Perbedaan keahlian yang dimiliki

unsplash.com/Mailchimp

Perbedaan orang pintar dan cerdas yang selanjutnya juga dari keahlian yang dimiliki. Orang pintar biasanya akan fokus memelajari suatu bidang tertentu hingga mereka benar-benar menjadi ahli. Berbeda dengan orang cerdas, yang bisa ahli dalam beberapa bidang karena mereka menggunakan logika.

3. Perbedaan sifat

Pexels.com/George Pak

Perbedaan yang selanjutnya antara orang pintar dan cerdas adalah dari segi sifat yang dimiliki. Orang pintar memiliki sifat yang disiplin dan teratur. Berbeda dengan orang cerdas, yang memiliki sifat yang fleksibel, mereka lebih suka bekerja dengan membuat inovasi baru dari ide-ide yang mereka miliki.

Orang-orang cerdas juga fleksibel dalam arti mereka lebih mudah dalam menyesuaikan diri, dan mencari solusi yang lebih cepat dalam mengerjakan suatu hal.

4. Perbedaan dalam segi cara berpikir

pexels.com/Andrea Piacquadio

Orang cerdas dan pintar berbeda dalam segi cara berpikir. Orang pintar cenderung menanggapi pernyataan sesuai dengan hal-hal yang mereka telah pelajari. Mereka dikenal berpikir lebih panjang, agar bisa mengambil keputusan secara matang.

Berbeda dengan orang yang cerdas, karena mereka mampu berpikir kritis sesuai dengan pengalaman. Mereka juga cenderung menggunakan logika ketika menanggapi pernyataan. Sehingga, orang yang cerdas lebih singkat berpikir dibandingkan orang pintar, karena mereka lebih ingin menghabiskan waktu untuk bertindak dibandingkan berpikir.

5. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah

Pexels.com/Tima Miroshnichenko

Perbedaan yang selanjutnya antara orang yang pintar dan cerdas adalah dari segi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah masalah. Ketika menyelesaikan sebuah masalah, orang pintar akan menyelesaikannya dengan bergantung pada hal-hal yang diketahuinya saja, sehingga membutuhkan waktu yang lama.

Sementara orang cerdas akan berpikir kritis mengenai apakah masalah tersebut bisa diselesaikan dengan waktu yang lebih singkat. Sehingga, orang cerdas cenderung lebih kreatif karena pintar mencari solusi permasalahan dengan cepat dan tepat.

6. Keterbukaan dengan sesama

unsplash.com/Priscilla Du Preez

Ketika orang pintar dan cerdas sama-sama berilmu, keterbukaan mereka untuk membagikan ilmu juga berbeda. Orang pintar cenderung sukar membagikannya ke lingkungan sekitarnya, sehingga tidak disukai sesamanya. 

Jika dibandingkan dengan orang yang cerdas, mereka lebih terbuka dengan membagikan ilmu dan bisa menyesuaikan diri dengan sesamanya, sehingga lebih disukai orang lain.

Itulah perbedaan orang pintar dan cerdas yang wajib Bela ketahui agar bisa menjadi lebih baik di kehidupan. Dengan menjadi lebih cerdas dan pintar, maka kamu juga akan semakin produktif dalam bekerja.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration