Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Daftar Drama Korea Bertema Hukum Selain 'Extraordinary Attorney Woo'

Ada 'Big Mouth', ini drama bertema hukum yang paling seru

Cynthia Claudia

Salah satu genre yang sering diangkat dalam drama Korea adalah yang bertema hukum. Dalam drama hukum, para penonton akan disuguhkan kasus-kasus yang harus ditangani berbagai pelaku di dunia hukum seperti pengacara, jaksa, hakim ataupun para kriminal. 

Para penonton jadi belajar seklias mengenai bagaimana sistem hukum bekerja di Korea Selatan. Proses yang terjadi di ruang persidangan juga digambarkan dengan sangat mendalam di berbagai drama Korea bertema hukum. 

Berikut adalah daftar drama Korea bertema hukum terbaru yang wajib kamu ikuti. Apa saja ya kumpulan dramanya?

1. Law School (2021)

Law School berkisah tentang para mahasiswa dan profesor di Fakultas Hukum Universitas Hankuk, yang terjebak dalam sebuah kasus pembunuhan. Kasus ini melibatkan Profesor Seo Byung Ju (An Nae Sang) yang menjadi korban pembunuhan ketika para mahasiswa sedang melakukan uji coba sidang.

Seorang mahasiswa baru, Kang Sol Ah (Ryu Hye Young) bersama Han joon Hwi (Kim Bum) dan teman-temanya akhirnya berjuang untuk mengungkapkan kebenaran di balik kasus tersebut. Sebuah sajian drama memikat dengan dialog dan penyampaian cerita yang cerdas, patut masuk dalam daftar tontonan kamu.

2. The Devil's Judge

Dalam drama misteri ini, Korea Selatan digambarkan sebagai negara distopian yang dikuasai oleh pejabat pemerintah yang korup. Banyak warga yang resah, dan amarah mereka disampaikan melalui acara televisi yang melibatkan acara persidangan. Siapa saja dapat menyampaikan pendapat mereka melalui persidangan tersebut. 

Pemimpin acara tersebut adalah Hakim Ketua Kang Yo Han (Ji Sung), seorang pria misterius yang tidak ragu untuk mengambil keputusan yang kejam. Ia tidak percaya dengan yang namanya keadilan. 

Ia bermusuhan dengan Jung Sun A (Kim Min Jung), seroang direktur eksekutif Yayasan Tanggung Jawa Sosial yung teribat dengan pihak penting di berbagai kalangan sosial. 

3. One Ordinary Day (2021)

One Ordinary Day menggambarkan sistem peradilan di Korea Selatan yang membuat para penontonnya menebak-nebak kisahnya sampai akhir! Kisahnya berpusat pada Kim Hyun Soo (Kim Soo Hyun) yang menemukan dirinya  menjadi tersangka utama dalam pembunuhan, ketika tiba-tiba terbangun di samping perempuan yang sudah terbunuh. 

Kim Hyun Soo dibantu oleh pengacaranya yang bernama Shin Joong Han (Cha Seung Won) yang memiliki reputasi buruk. Apakah Shin Joong Han mampu menyelamatkan Hyun Soo sebelum terlambat?

4. Juvenile Justice (2022)

Hakim Shim Eun Seok (Kim Hye Soo) merupakan hakim yang ditugaskan ke Pengadilan Remaja. Ia meyimpan kebencian terhadap kalangan remaja karena memiliki pengalaman yang buruk dengan mereka. 

Hakim Cha Tae Joo (Kim Mu Yeol) belajar banyak hal dari Eun Seok yang menangani berbagai kasus yang berhubundan dengan kenakalan remaja. Ia mulai bertanya-tanya apakah cara Eun Seok adalah yang paling benar.

Serial ini sangat seru untuk diikuti karena setiap episode menjelaskan kasus yang berbeda-beda. 

5. Why Her (2022)

Drama bertema hukum ini membawakan kisah yang mengacu pada misteri, romansa, dan melodrama. Kisahnya berpusat pada Oh Soo Jae (Seo Hyun Jin), pengacara yang cerdas di TK Law Firm.

Sebuah kasus yang tak terduga membuat dirinya harus turun jabatan seketika. Ia akhirnya menjabat sebagai profesor di sebuah sekolah hukum. Ketika menjabat sebagai seorang profesor, Oh Soo Jae  bertemu dengan Gong Chan (Hwang In Yeop), seorang siswa yang jatuh cinta padanya. Gong Chan menjadi pendukung Soo Jae yang berusaha merebut posisinya kembali di TK Law Firm.

6. Doctor Lawyer (2022)

So Ji Sub akhirnya kembali ke layar kaca lagi melalui drama Doctor Lawyer! Ia berperan sebagai seorang ahli bedah lulusan terbaik di bidang kedokteran. Satu kegiatan operasi yang gagal mengubah seluruh hidupnya, dan ia terpaksa kehilangan jabatannya dan dicabut izin praktiknya.

Ia akhirnya beralih profesi sebagai pengacara untuk mengungkapkan kebenaran di balik berbagai kasus kriminal. Ia bekerja dengan jaksa Geum Seok Yeong (Im Soo Hyang) untuk memastikan orang jahat membayar kejahatan mereka, sambil berusaha mengungkapkan kebenaran di balik tuduhan kegagalan yang dialami dirinya. 

7. Extraordinary Attorney Woo (2022)

Woo Young Woo (Park Eun Bin) merupakan seorang pengacara di Hanbada Law Firm yang mengalami gangguan spektrum autisme. Selama menjadi seorang pengacara, ia belajar lebih banyak tentang dirinya sendiri dan menemukan apa artinya jatuh cinta.

Meskipun awalnya menentang merekrut Young Woo, pengacara senior Jung Myung Seok (Kang Ki Young) menjadi mentor setianya di perusahaan. Young Woo juga sering didukung dan dibantu oleh Lee Joon Ho (Kang Tae Oh) selama bekerja menjadi pengacara.

8. Big Mouth (2022)

Big Mouth merupakan salah satu drama comeback Lee Jong Suk setelah selesai wamil. Ia berperan sebagai Park Chang Ho, seorang pengacara yang kemampuannya masih diragukan karena berada di bawah rata-rata. 

Dari sejumlah 10 kasus, ia hanya mampu memenangkan 1 kasus. Mengikuti judulnya, Chang Ho dianggap sebagai "Big Mouth", yang artinya cenderung banyak bicara namun realisasinya tak pernah ada. 

Hidupnya berubah ketika dugaan fitnah akan sosok penjahat kelas kakap, menempel di dirinya. Orang-orang di sekitarnya semua mengira bahwa ia adalah sosok di balik seorang penipu yang menjadi tersangka. Istrinya, Go Mi Ho (Yoona), juga terlibat dalam kasus ini ketika ia berusaha membantu suaminya. 

Itulah 8 daftar drama Korea bertema hukum yang paling menarik. Dari daftar drama Korea di atas, mana yang sudah kamu tonton? 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration