Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Daftar Negara yang Merayakan Hari Kemerdekaan di Bulan Agustus

Sama seperti Indonesia, nih!

Cynthia Claudia

Sebentar lagi Republik Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaannya, tepat pada tanggal 17 Agustus. Sama seperti Indonesia, ternyata banyak juga nergara lainnya yang merayakan Hari Kemerdekaan setiap bulan Agutus.

Negara mana saja yang juga merayakan Hari Kemerdekaan di bulan Agustus? Simak daftarnya berikut ini, yuk!

1. Singapura

pexels.com/Kin Pastor

Salah satu negara yang merayakan Hari Kemerdekannya di bulan Agustus adalah Singapura. Negara yang merdeka pada tahun 1965 ini, merayakan kemerdekaannya pada 9 Agustus.

Menurut situs resmi pemerintah, negara Singapura merayakan kemerdekaan mereka dengan Parade Hari Nasional, yang dipenuhi dengan acara militer, lagu kebudayaan, dan pertunjukkan tari. Beberapa dari acara ini bahkan bisa terlihat di jalanan. 

2. Pakistan

Pinterest.com

Merdeka pada tahun 1947, Pakistan merayakan hari kemerdekaan negaranya pada tanggal 14 Agustus. Salah satu perayaan kemerdekaan negara Pakistan tahun lalu dilaksanakan di makam Muhammad Ali Jinnah, yang merupakan bapak bangsa.

Menurut Al Jazeera, Menteri Kepala Provinsi Sindh, Muhammad Ali Jinnah, juga menghadiri makam Jinnah saat upacara kemerdekaan tahun lalu, yang jatuh pada hari Minggu (14/8/2022).

3. India

india-briefing.com

India merayakan Hari Kemerdekaan negaranya pada tanggal 14 Agustus. Menurut Britannica, India dikuasai negara Inggris selama 190 tahun, dan merdeka dari penjajahan Inggris pada tahun 1947.

Melansir Reuters, Perdana Menteri Narendra Modi membagikan pidato kemerdekaannya tahun lalu. Ia menyebutkan bahwwa India akan menjadi negara maju dalam kurun waktu 25 tahun.

4. Ukraina

archive.kyivpost.com

Negara Ukraina eraih kemerdekaannya pada 24 Agustus 1991. Ukraina berhasil merdeka dari penjajahan Uni Soviet. Melansir Tempo, parlemen Ukraina menyebutkan bahwa hukum dari Uni Soviet sudah tidak lagi berlaku di Ukraina, dan hanya hukum Soviet Ukraina yang berlaku sejak saat itu.

Ini terjadi tepat pada 32 tahun yang lalu, tahun 1991, ketika negara Ukraina merdeka dari Uni Soviet. Saat itu, Leonid Kravchuk pun terpilih oleh Warga Ukraina sebagai presiden pertama Ukraina.

5. Moldova

vallis.group.com

Sama seperti Ukraina, Moldova menjadi salah satu negara yang dijajah Uni Soviet, sehingga sempat menjadi bagian dari negara Uni Soviet. Negara ini kemudian merayakan Hari Kemerdekaannya setiap tanggal 27 Agustus.

Menurut Radio Free Europe, perayaan kemerdekaan negara Moldova biasanya dipenuhi dengan parade kostum rakyat, acara konser, dan pidato pemimpin negara.

Acara-acara ini pun biasanya diadakan di ibu kota negara Moldova, Chisinau.

6. Malaysia

nld.com.vn/

Negara Malaysia merayakan hari kemerdekaannya pada tanggal 31 Agustus. Malaysia berhasil merdeka dari penjajahan Inggris pada tahun 1957. Menurut The Straits Times, perayaan kemerdekaan negara ini biasanya dipenuhi dengan parade militer.

Itulah daftar negara yang juga merayakan Hari Kemerdekaan di bulan Agustus, sama seperti Indonesia. Apakah kamu pernah mengunjungi salah satu negara yang telah disebutkan di atas, Bela?

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com  dengan judul "6 Negara yang Merayakan Kemerdekaan di Bulan Agustus seperti Indonesia" ditulis oleh M Fair

IDN Media Channels

Latest from Inspiration