Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bikin Terharu, Ini 7 Cara Kucing Menunjukan Rasa Cintanya

Even cats have a heart too

Audia Natasha Putri

Sama seperti manusia, kucing juga memiliki perasaan. Meskipun tak bisa berbicara, mereka akan mengekspresikan kepedulian dan rasa sayangnya dengan cara berbeda, Bela.

Pernah melihat kucing tiba-tiba telentang atau mengeluskan kepalanya ketika bertemu denganmu? Nah, itu salah satu cara mereka mengekspresikan rasa cintanya lewat gestur tubuh tertentu dengan maksud menunjukan kedekatannya dengan pemilik.

Jika kucing melakukan hal itu kepadamu, kamu termasuk orang yang beruntung. Mengapa? Sebab, mereka sangatlah mempercayaimu dan tak mau kehilangan dirimu. Selain dua cara di atas, ternyata masih banyak cara kucing mengekspresikan rasa cinta kepada pemiliknya yang mungkin saja sering kamu lihat dalam keseharian.

Mengutip The Spruce Pets, inilah 7 cara kucing menunjukkan cinta kepada pemiliknya. Yuk, simak lebih lanjut!

1. Mendengkur

unsplash.com

Kucing yang mendengkur ketika sedang dielus seseorang merupakan hal yang wajar, terlebih jika kucingmu juga mengeluskan kepalanya di tubuhmu. Hal ini menandakan bahwa mereka nyaman berada di dekatmu sekaligus menunjukan kebahagiaan sekaligus rasa cintanya.

2. Bergulir

Catlogical.com

Apakah kamu pernah melihat kucing tiba-tiba bergulir di depanmu? Itu salah satu tanda mereka merasa senang akan kehadiranmu dan menginginkan perhatianmu, terutama jika sahabat bulu menunjukkan perutnya.

mengekspresikan rasa sayangnya dengan cara mengajakmu bermain. Dengan bergulir, mereka berharap kamu akan mengelus-elus perutnya atau bercanda dengan beberapa mainan stimulatif, seperti tali-talian.

3. Mengelus kepala di tubuhmu

dailymail.com

Kucing memiliki cara unik untuk "menandai"-mu sebagai orang tersayangnya. Mereka akan menggosokan kepalanya dengan dahi ke anggota tubuhmu, baik kaki, wajah, ataupun tangan.

Tingkah laku ini dilakukan kucing ketika mereka merasa aman terhadapmu. Dengan begitu, kucing akan meninggalkan aroma tubuhnya padamu. Jadi jangan heran kalau kucingmu tiba-tiba ngambek setelah kamu bermain dengan anabul lain, seperti anjing.

Mengapa? Mereka akan merasa tersaingi apabila mencium aroma hewan lain pada tubuhmu.

4. Mencakar

Cleavland.com

Meskipun agak ekstrem, kucing akan mencakar orang tersayangnya sebagai penanda visual sekaligus meninggalkan aroma. Terkesan posesif, kucing akan cemburu jika pemiliknya bermain dengan kucing lain. Maka tak heran, kucing akan mencakar area tubuh manusia yang menjadi favoritnya, seperti tangan atau kaki.

5. Berburu dan memberi hadiah mangsa

Trisha McCagh

Di masa lalu, kucing dikenal sebagai hewan liar yang senang berburu di alam bebas. Meskipun kucing sudah bertransfornasi menjadi hewan menggemaskan, naluri berburunya masih melekat hingga sekarang.

Karnivora kecil ini senang sekali berburu apa saja, dari mainan hingga tikus, dan sering berbagi hadiah mangsa tersebut kepada orang yang disayangi. Cara ini menjadi bentuk ekspresi kucing dalam menunjukkan cinta kepada pemiliknya. 

6. Mengajak bermain

Sebagai hewan yang playful dan manja, kucing senang sekali mengajak siapapun untuk bermain dengannya. Salah satunya adalah orang favoritnya yang sangat dipercaya dan dicintainya. Ragam cara yang dilakukan kucing untuk mencoba berinteraksi denganmu, mulai menggigit jarimu, bermain kejar-kejaran ataupun tiba-tiba menempelkan badannya di tubuhmu.

7. Tidur di pangkuan pemilik

Catster.com

Predikat kucing sebagai hewan pemalas ternyata bukan hanya omongan belaka saja. Menurut penelitian, kucing menghabiskan sepanjang waktunya untuk tidur hingga 16 jam. Sebagai hewan perasa, tentu kucing akan mencari lokasi yang aman dan nyaman untuk terlelap.

Sebuah kebanggan jika kucing menjadikan pangkuanmu sebagai tempat tidur, sekaligus menunjukkan rasa cinta kepadamu. Ini menandakan, bahwa kucing sangat mempercayaimu dan merasa kamu adalah "rumah" bagi mereka.

Demikian ketujuh cara kucing menunjukkan rasa cintanya kepadamu. Apakah kucingmu pernah melakukan hal itu, Bela? Tulis di kolom komentar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration