7 Alasan Kucing Liar Terus Mengikutimu

Bikin Hatimu Luluh, 7 Alasan Kucing Liar Terus Mengikutimu

Rasanya jadi tidak tega membiarkan anabul sendirian

Bikin Hatimu Luluh, 7 Alasan Kucing Liar Terus Mengikutimu

Siapa yang tidak tahu soal makhluk yang menggemaskan sekaligus misterius ini? Tak jarang, perilaku dari hewan peliharaan yang satu ini sulit dipahami lantaran memiliki kepribadian yang cukup unik. 

Mungkin kamu pernah berada di luar rumah dan melihat kucing yang berjalan ke arahmu sembari mengusapkan kepalanya di kakimu. Seketika kamu beranjak dari tempat tersebut, kucing itu malah mengikutimu sampai mengeong. Kalau kamu mengalami kejadian seperti ini, kamu jadi penasaran apa tujuan kucing ini mengikutimu dan sebaiknya, apa yang harus kamu lakukan?

Tak perlu ambil pusing lagi. Yuk, simak artikel selengkapnya berikut ini mengenai 7 alasan kucing liar terus mengikutimu.

1. Menginginkan perhatian

Bikin Hatimu Luluh, 7 Alasan Kucing Liar Terus Mengikutimupexels.com/Yan Krukov

Mengutip dari Excited Cats, nyatanya kucing juga menginginkan perhatian, lho! Jika mereka biasa mendapatkan perlakuan seperti itu, biasanya memiliki kepribadian ramah dan bersahabat. Mereka ingin mendekatimu untuk mendapatkan pelukan, usapan rasa hangat, atau justru mengajakmu bermain bersama.

2. Ingin meminta makanan

Bikin Hatimu Luluh, 7 Alasan Kucing Liar Terus Mengikutimupexels.com/Engin Akyurt

Menurut laman The Pet Rescue, pastinya kucing mendekati manusia karena ingin mendapatkan makanan dari mereka. Terlebih, jika kamu memegang sesuatu yang berbau tercium lezat bagi mereka, mereka yang kelaparan ini tak segan akan mengikutimu dan menatapmu dengan melas.

Rupanya, banyak makanan manusia bisa dimakan oleh kucing, seperti ikan, daging, telur, pisang, apel, melon, bayam, keju, oatmeal, dan roti. Namun, ada beberapa makanan manusia lainnya yang berbahaya jika dikonsumsi oleh kucing, seperti cokelat, alkohol, anggur, bawang, dan tomat. Hal ini dikarenakan kandungan dari makanan tersebut tidak cocok dengan pencernaan mereka.

3. Ingin tinggal di dalam rumah

Bikin Hatimu Luluh, 7 Alasan Kucing Liar Terus Mengikutimupexels.com/Gülşah PEHLİVAN

Berdasarkan laman Ask My Cats, kucing tahu bahwa manusia dapat memberikan perlindungan kepada mereka. Kucing liar yang sempat tinggal di dalam rumah, bahkan mengingat bagaimana rasanya berada di dalam ruangan yang hangat, mengerti bahwa hal tersebut jauh lebih aman ketimbang tinggal di jalanan.

Hal inilah menjadi salah satu alasan mengapa kamu mungkin lebih sering melihat kucing liar di dekat rumah pada saat cuaca sedang buruk, seperti musim hujan. Ketika suhu udara dingin, kucing liar berusaha keras untuk menemukan tempat perlindungan yang nyaman.

4. Kucing sedang sakit

Bikin Hatimu Luluh, 7 Alasan Kucing Liar Terus Mengikutimupexels.com/Nothing Ahead

Kalau kamu mendapati kucing lebih sering mengikuti hingga tidak mau merasa sendirian, bisa saja mereka sedang sakit dan meminta pertolonganmu. Memang, kucing yang sakit sering menampakkan perilaku yang berbeda dari biasanya. Tak heran, meskipun manusia kerap kali menjadi "babu" bagi kucing, mereka juga menganggap manusia sebagai induk yang selalu memberikan perlindungan.

5. Kucing mencium bau yang menarik darimu

Bikin Hatimu Luluh, 7 Alasan Kucing Liar Terus Mengikutimupexels.com/Yuliya kota

Dari Excited Cats, kucing tentunya memiliki indera penciuman yang tajam. Terkadang, bau orang yang lewat dapat menarik perhatian mereka. Bahkan, jika kamu memiliki kucing peliharaan di rumah, mereka akan tertarik dengan aroma tersebut dan bisa menjadi cara mereka mencoba memercayaimu.

Seekor kucing yang tertarik dengan baumu mungkin awalnya akan berhati-hati. Tetapi, itu tidak membuat mereka berhenti untuk penasaran. Jika kucing terus mengendusmu dengan kondisi waspada, jangan buru-buru untuk menggendongnya karena hal itu akan membuatnya kaget.

6. Penasaran

Bikin Hatimu Luluh, 7 Alasan Kucing Liar Terus MengikutimuUnsplash.com/Jennifer Uppendah

Walaupun bisa termasuk sebagai hewan pemalas, nyatanya kucing juga suka menjelajahi lingkungan sekitarnya untuk memuaskan rasa keingintahuan mereka. Menurut laman Ask My Cats, seekor kucing akan mendekatimu jika melihat sesuatu yang aneh, seperti mainan, bau, dan suara.

Kucing tentunya menyukai makanan. Kalau kamu memberikan, setidaknya dry food kucing di luar rumah, maka kamu bisa mendapatkan perhatian kucing dan membuat mereka mencoba mendekatimu. Namun, kucing liar hanya akan bertahan jika mereka menemukan tempat yang aman dan tenang di dekat rumahmu.

7. Sebagai pertanda kucing yang jinak dan penurut

Bikin Hatimu Luluh, 7 Alasan Kucing Liar Terus Mengikutimuunsplash.com/Paul Hanaoka

Kamu bisa mengetahui bahwa kucing liar yang kamu temui itu jinak dan penurut adalah dari kebiasaan mengikuti ke mana pun kamu pergi. Apalagi kucing yang pernah tinggal di rumah biasanya ingin selalu berada di dekat pemiliknya. Maka dari itu, pastikan kamu mencoba mengajaknya bermain, ya.

Itulah 7 alasan kucing liar terus mengikutimu. Kalau kamu berada di kondisi ini, jangan ragu untuk memulai pendekatan lebih dulu terhadap kucing, seperti menjulurkan tanganmu agar mereka mencium baumu—sebagai cara untuk memastikan bahwa kamu adalah manusia yang baik. Akan lebih baik jika kamu membawa makanan kucing dan memberikannya kepada mereka secukupnya.

Jika kamu melihat kucing tersebut dalam kondisi yang tidak nyaman, seperti sakit atau mempunyai luka di bagian tubuhnya, kamu harus mempertimbangkan baik-baik untuk membawa mereka ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: 10 Cara Agar Kucing Nurut dan Jinak dengan Mudah, Jadi Akrab Deh!

Baca Juga: 9 Rekomendasi Vitamin untuk Kucing, Bikin Anabulmu Makin Sehat

Baca Juga: 5 Manfaat Sterilisasi Kucing, Menjaga Kesehatan dan Cegah Overpopulasi

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

4 Cara Transfer Pulsa Telkomsel dengan Mudah dan Cepat

4 Cara Transfer Pulsa Telkomsel dengan Mudah dan Cepat

trending

Trending

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Inspiration

8 Contoh Proposal Pengajuan Dana untuk Pikat Calon Donatur

8 Contoh Proposal Pengajuan Dana untuk Pikat Calon Donatur