Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Artis Hollywood yang Dibesarkan dalam Kemiskinan, Inspiratif!

Sebuah perjuangan panjang untuk menjadi selebriti papan atas

Audia Natasha Putri

Sebelum menjadi idola yang terkenal, beberapa selebritis Hollywood lahir dalam kehidupan serba kekurangan dan bahkan masuk taraf kemiskinan. Karier panjang mereka sebagai superstar, dilalui dengan penuh keringat perjuangan dan kerikil kehidupan yang menghadang.

Lahir dari latar belakang ekonomi serba kekurangan, membuat mereka dibesarkan dalam keadaan hidup yang penuh cobaan. Mulai dari tak punya tempat tinggal, hingga kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Lantas, siapa sajakah selebritis Hollywood yang terlahir dari keluarga miskin? 

1. 50 Cent

eonline.com

Kilas balik perjalanan karier 50 Cent sebagai rapper tak semudah membalikkan tangan. Selebritis dengan nama asli Curtis James Jackson III ini pernah terlibat dalam jual-beli narkoba saat usianya masih sekolah dasar. Nestapa kehidupan yang dialami 50 Cent telah membuat ia harus bekerja lebih keras untuk lepas dari jeratan kemiskinan.

Ia lahir dari seorang ibu tunggal dalam keadaan serba kekurangan di Queens, New York. Untuk menafkahi putra kesayangannya, sang ibu rela berurusan dengan narkoba demi menghidupnya. Saat berusia 8 tahun, ibunda dari 50 Cent telah pergi mendahuluinya untuk selamanya.

Perjalanan hidup rapper tersebut untuk bangkit dari kemiskian menuju kekayaan, digambarkan dengan jelas dalam lagunya yang berjudul “Poor Lil' Rich” pada tahun 2003.

Variety

Saat menginjak remaja, 50 Cent pun mencoba peruntungan dengan bekerja sebagai penyanyi rap amatir, dengan harapan ia kelak akan bersinar di dunia musik hip hop. Nasibnya berubah saat ia bertemu dengan D.J. Jam Master Jay dari grup hip hop Run-DMC saat berusia 21 tahun.

Dengannya, 50 Cent belajar tentang cara menyusun lagu, menulis teks paduan suara, menghitung bar (frasa musik dalam lagu), dan membuat rekaman. Sejak itulah, ia rutin merilis lagu rap orisinilnya secara global. 50 Cent berturut-turut merilis album resmi mulai dari Get Rich Or Die Tryin (2003), The Massacre (2005), hingga Curtis (2007).

Kerja keras dan kegigihannya berbuah manis. Lagunya laku keras di pasaran dan masuk 20 besar dalam tangga musik. Membangun gurita kariernya,  Pada tahun 2003 50 Cent mendirikan label rekamannya, G-Unit Records, sesuai dengan nama grup rap-nya pada tahun 2003.

2. Shania Twain

Variety

Bagi generasi milenial, nama penyanyi country Shania Twain kurang familiar di telinga. Tapi bagi generasi era 90-an, ia adalah sosok Diva yang terkenal akan suara emasnya dalam melantunkan tembang legendaris, seperti "You're Still The One" dan "From This Moment On". 

Sebelum menginjak jejak kesuksesannya sebagai penyanyi, Shania Twain juga dibesarkan dalam kemiskinan dan pernah tinggal di penampungan tunawisma di Toronto. Saat umurnya 22 tahun, tepatnya 1987, ia harus kehilangan kedua orang tua untuk selamanya dalam sebuah kecelakaan mobil. Kisah hidupnya ini ia ceritakan dalam sebuah wawancara dengan Nightline.

Mengutip dari beberapa sumber, Twain pernah gagal merajut tangga pernikahannya dengan produser musik Robert John Lange. Setelah membangun rumah tangga selama 17 tahun, keduanya bercerai pada 2010. Satu tahun kemudian, Twain menikah lagi dengan Frédéric Thiébaud. 

Rollingstone.com

Terlepas dari karier musiknya yang melejit, Shania Twain adalah sosok inspiratif yang menyimpan kisah hidup dan masa lalu yang tragis. Setelah kedua orang tuanya pergi untuk selamanya, Shania pun mengais rezeki dengan menjadi penyanyi di sebuah resort yang terletak di kawasan Huntsville, Ontario. Sebagai kakak tertua, ia bertanggung jawab untuk menghidupi ketiga adiknya.

Motivasi inilah yang menjadi bekal dirinya dalam meniti kesuksesan dalam bernyanyi dan menulis lagu. Ia tergabung dalam sebuah label dan nengubah namanya dari Eilleen Twain menjadi Shania Twain.  

Sepanjang kariernya, Shania telah  melahirkan karya musik yang legendaris. Lagunya penuh makna, dengan ketukan melodi yang indah. Bak berkekuatan magis, lagu indah miliknyaberhasil  memikat jutaan pasang telinga dan sukses merajai berbagai chart hingga penjualan albumnya laku keras.

3. Leonardo DiCaprio

Pinterest.com

Berkat perannya sebagai Jack dalam film Titanic, Aktor berparas rupawan ini sukses mencuri jutaan hati perempuan pada era 90-an. Namun tahukah kamu, bahwa dulunya Leonardo DiCaprio dibesarkan oleh ibu tunggal di Los Angeles? Hidup serba kekurangan membuat ia dan ibunya harus menjalani banyak pekerjaan berbeda untuk menyambung kebutuhan sehari-hari.

Glamour.com

DiCaprio memulai karier profesionalnya sebagai aktor sampingan di beberapa judul sitkom pada akhir tahun 1980-an. Barulah pada 1991, ia mendapat tawaran perdana sebagai bintang film layar lebar dalam film Critters 3. 

Aktingnya mulai mendapat atensi publik saat ia berperan sebagai anak laki-laki pengidap tuna daksa dalam film What's Eating Gilbert Grape. Di usianya yang ke-19, DiCaprio berhasil mendapat nominasi dalam penghargaan Academy Awards dan Golden Globe Awards.

Namanya semakin semerbak di dunia akting Hollywood saat dirinya dipercaya untuk bermain sebagai pemeran utama dalam di film Romeo + Juliet dan Titanic. Lakon totalitasnya yang ikonik sebagai Jack dalam Titanic membawanya berhasil  memenangkan Piala Oscar baik untuk kategori Aktor Pria Terbaik.

4. Mike Tyson

Foxnews.com

Berkat keahliannya dalam bertinju, Mike Tyson yang tumbuh dalam kemiskinan, kini mendulang gelar sebagai atlet terkaya di dunia dengan harta mencapai 322 juta Poundsterling. Saat petinju bernama asli Mike Gerald Tyson ini berusia 2 tahun, ayahnya menelantarkannya dan kedua adiknya. Merosotnya tangga ekonomi keluarga Tyson membuat sang ibu terpaksa harus pindah ke Brownsville, Brooklyn yang terkenal akan kriminalitasnya.

Inside Sport

Mike Tyson memulai debut profesional sebagai petinju saat ia berumur 18 tahun, tepatnya pada 6 Maret 1985. Lawan pertamanya pada saat itu adalah Hector Mercedes dan berhasil menang telak setelah ia meninju KO Mercedes dalam satu ronde.

Gaya tinjunya yang luar biasa gahar dengan pukulan cepat dan kemampuan resistensinya yang luar biasa, membuat takut lawan mainnya. Sering kali Tyson memenangkan banyak pertandingan hanya dalam satu ronde. Ia kemudian mendapat julukan "Iron Mike".

Sebelum pensiun dan mengganti karier sebagai aktor pada 2005, Tyson berhasil mencetak 50 kemenangan (44 di antaranya melalui KO) dengan 6 kekalahan. Sebuah catatan tinju profesional yang mengesankan sepanjang sejarah dunia pertinjuan.

5. Tom Cruise

Instagram.com/tomcruise

Aktor laga satu ini pernah menjadi korban kekerasan oleh ayahnya yang kejam. Tom Cruise lahir dari keluarga miskin dan tak berpenghasilan, yang membuat dirinya sulit untuk mendapat akses pendidikan yang layak. Kesulitan inilah, membuatnya berpindah sekolah sebanyak 15 kali selama 14 tahun.

IndiaToday

Karier Tom Cruise sebagai aktor laga sukses melambung tinggi di dunia blockbuster Hollywood. Puluhan film aksi dan penuh bahaya yang ia lakoni, hampir semuanya sukses besar di box office.

Garis hidupnya sebagai aktor bermula pada 1983 dengan melakoni film komedi Risky Business. Tiga tahun berselang, namanya semakin bersinar setelah membintangi film "Top Gun" pada 1986. Penghargaan film pertamanya ia kantongi setelah membintangi Born on the Fourth of July (1990)

Berkat aktingnya yang memukau dalam film itu, ia mengantongi penghargaan aktor terbaik Golden Globe Award 1990. Namanya semakin berjaya dan undangan bermain film untuknya tak pernah berhenti mengalir. 

6. Oprah Winfrey

CNN

Lahir dari seorang ibu muda yang tidak menikah, masa kecil Oprah Winfrey hidup dalam kukungan kemiskinan parah di keluarga nenek dari pihak ibu. Perjuangan Oprah dalam memperbaiki taraf hidupnya, membuat ia harus bekerja sekeras mungkin untuk meraih pendidikan tinggi demi menyelematkannya dari nestapa hidup.

Beruntungnya, kakek dan nenek Oprah berperan besar dalam pendidikannya dengan memberinya banyak buku untuk dibaca. Oprah kecil sudah diajari untuk membaca dan menulis. Kebiasaannya membaca buku membuat ia tumbuh menjadi sosok cerdas dan kritis.

Variety.com

Kebiasaan membaca buku yang dilakukannya sejak belia telah membentuk karakter Oprah yang kritis, haus pengetahuan, dan punya public speaking yang bagus. Ketertarikannya pada dunia media telah diembannya sejak ia masih kuliah di Tennessee State University.

Pekerjaan pertamanya dimulai tahun 1970 sebagai pembawa acara di stasiun radio dan televisi lokal di Nashville, Tennessee. Pembawaannya yang seru dan berbobot saat menenteng topik pembicaraan membuat ia disukai banyak pendengar.

Kariernya semakin melangit setelah Oprah bekerja di stasiun televisi WLS-TV pada tahun 1983. Di sinilah, ia memulai acara talk show-nya sendiri bernama The Oprah Winfrey Show. Sejak tayangan perdananya pada 1986, acara ini menjadi sangat populer di Amerika Serikat dan juga berhasil mendapat penghargaan Emmy.

7. Selena Gomez

instagram.com/connarfranklin

Sahabat Taylor Swift ini juga pernah mengalami pahitnya kehidupan, sebelum sukses menjadi penyanyi papan atas. Ibunya, Mandy Teefey, berusia 16 tahun saat mengandung dirinya. Demi membesarkan Selena, ibunya harus melakukan 3 pekerjaan sekaligus.

Dalam sebuah wawancara, Selena bercerita bagaimana perjuangan ibunya yang telah berkorban banyak untuk membesarkannya. Ia bahkan masih ingat bagaimana ibunya memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan membeli bensin hingga beli makanan murah seperti Kraft Dinner.

twitter.com/pagesix

Selena memulai kariernya di dunia hiburan dengan berlakon sebagai aktris cilik. Saat usianya 10 tahun, Perempuan bernama lengkap Selena Marie Gomez ini tampil dalam serial televisi anak-anak Barney & Friends sebagai Gianna, bersanding dengan Demi Lovato. 

Tak ingin terjebak dalam zona nyaman, pelantun "Kill Them With Kindness" memulai peruntungan di dunia musik dengan menyanyikan soundtrack untuk film Another Cinderella Story yang berjudul "Tell Me Something I Don't Know".

Tahun 2008 menjadi masa kejayaan Selena. ia menandatangani kontrak dengan Hollywood Records dan membentuk band pop remajanya sendiri, selena gomez & The Scene. Sejak itu, Selena semakin dikenal luas dan lagu dan album miliknya selalu berhasil menduduki peringkat atas di tangga lagu internasional.

8. Justin Bieber

billboard.com

Sebelum sukses menjadi penyanyi pop ikonik, Justin Bieber lahir di sebuah kota kecil di Kanada bernama Stratford. Dia hidup di bawah garis kemiskinan, terutama karena orang tuanya bercerai beberapa saat setelah dia lahir. Setelah itu, ayahnya meninggalkan ibunya sendirian untuk membesarkan Justin.

Mantan dari Selena Gomez ini bahkan pernah tidur di sofa tarik di rumahnya yang dipenuhi oleh tikus. Jauh dari kata layak, kediamannya sangat kotor dan tak ada makanan di dalam kulkas.

Tempat itu sangat kotor. Kami memiliki perangkap tikus di mana-mana karena ada tikus,(atau) banyak tikus di rumah. Aku tidak memiliki tempat tidur yang sebenarnya. Aku tidur di sofa tarik biru di kamarku,” kata Justin Bieber melansir dari CTV News.

instagram.com/justinbieber

Masa kecil Justin Bieber dipenuhi dengan kecintaannya terhadap musik dan dunia olah suara. Kepiawaiannya dalam bernyanyi semakin dikenal setelah ia menyabet juara kedua kompetisi menyanyi regional di Stratford, Kanada

Memanfaatkan internet, sang ibu Pattie Malette pun menyiarkan rekaman penampilan anak semata wayangnya ke YouTube. Dengan harapan, Justin semakin dikenal banyak orang.

Rezeki tak pernah salah alamat, kerja keras Justin dan ibunya pun membuahkan hasil. Ia mendapat tawaran kontrak oleh Island Records sebagai penyanyi muda dan memulai debut singlenya dengan lagu "One Time"

Tak butuh waktu lama, tembang pertama Justin sebagai penyanyi profesional pun langsung memikat banyak pendengar. "One Time" berhasil menduduki peringkat 17 di tangga lagu Billboard Hot 100 dan menjadi salah satu single terlaris di blantika musik internasional era 2009.

9. Joaquin Phoenix

nme.com

Siapa sangka, pemeran Arthur Fleck dalam Joker, Joaquin Phoenix lahir dari orang tua penganut aliran sesat Children of God pada awal kehidupannya. Masa kecilnya sangat memilukan karena ia pernah tinggal di gubuk penuh dengan tikus di Caracas. Sekte sesat yang diikuti orang tuanya telah membuatnya tumbuh dalam lingkungan yang sulit dan penuh kemalangan. Phoenix dan kakaknya pun harus mengamen di setiap sudut jalan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

indiewire.com

Sepak terjang karier aktor Amerika bermula dengan membintangi beberapa judul drama televisi sejak tahun 1982. Joaquin kecil yang saat itu berusia 8 tahun mendapat peran kecil dalam drama The Fall Guy, Hill Street Blues, dan Murder, She Wrote.

Ia mulai dikenal luas saat pindah ke Florida dan berlakon sampingan sebagai remaja rebel dalam film garapan Ron Howard, Parenthood pada tahun 1989. Kesuksesan ini ia petik saat berusia 15 tahun. Sejak itu, aktor kelahiran 1974 ini mendapat banyak tawaran film dan namanya semakin bersinar di kancah sinematik Hollywood.

Itu tadi 9 selebriti Hollywood yang dibesarkan dalam kemiskinan. Lahir tanpa privilege dan hidup penuh kemalangan, membuat mereka berjuang ekstra keras demi memperbaiki taraf hidup mereka. Semoga kisah hidup mereka bisa menjadi inspirasi untukmu, ya.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration