Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Pengeluaran yang Perlu Dipersiapkan Jelang Lebaran

Sesuaikan dengan pemasukan juga ya!

Andina Rahayu

Lebaran memang masih beberapa minggu, tapi pasti kita sudah mikirin kapan nih Tunjangan Hari Raya (THR) muncul? Boleh sih nggak sabar menanti THR, tapi kamu harus lebih dulu memikirkan dan mempersiapkan alokasi dana jelang Lebaran. Tentu setiap tahunnya kamu sudah tahu dong apa saja pengeluaran rutin saat Idul Fitri?

Supaya nggak boros, berikut tujuh pengeluaran yang perlu dipersiapkan jelang lebaran. 

Tiket mudik

Pexels.com/rawpixel.com

Mudik sudah menjadi kegiatan 'khas' yang dilakukan saat lebaran. Pikirkan biaya transportasi dan makanan selama di perjalanan juga ya. Faktanya, mudik membuat pengeluaranmu meningkat tajam, apalagi harga transportasi mudik yang naik. Lakukan simulasi hitungan biaya apabila kamu mudik dengan mobil pribadi dan transportasi umum ya, kemudian bandingkan keduanya.

Zakat

Pexels.com/rawpixel.com

Karena zakat adalah kewajiban bagi umat Islam, sebaiknya pos ini kamu siapkan sebelum lebaran tiba. Alokasikan hitungan pos dana untuk zakat amal, zakat profesi dan tentu saja zakat fitrah. Lakukan setidaknya seminggu sebelum lebaran tiba, hitung berapa persen dari keuanganmu yang mau kamu alokasikan untuk zakat.

Kebutuhan lebaran (baju baru, bahan makanan)

Pexels.com/Artem Beliaikin

Kebutuhan lebaran masing-masing orang akan berbeda-beda. Kalau selama ini membeli baju baru bagimu sudah menjadi tradisi, tak ada salahnya kamu mengalokasikan dana untuk hal yang satu ini. Beri batasan berapa jatah maksimalnya ya. Kalau kamu tidak mudik, hidangan lebaran dan kue-kue perlu juga kamu pikirkan.

Amplop untuk keluarga

Pexels.com/Alexander Mils

Kalau pas lebaran nanti kamu mudik ke kampung halaman, maka kamu tidak perlu banyak membuat hidangan dan kue-kue di rumah. Tapi sebagai gantinya, kamu mesti mengalokasikan oleh-oleh dan menyiapkan amplop "salam tempel" untuk sanak saudara, khususnya yang masih kecil-kecil.

Dana Darurat

Pexels.com/Tookapic

Hal yang satu ini tidak kalah penting untuk dianggarkan, yaitu kebutuhan dana apabila terjadi kondisi darurat di jalan. Siapkan dana darurat dalam bentuk uang tunai agar tidak bingung ketika hal yang tidak diinginkan terjadi. Seperti kendaraan tiba-tiba mogok, atau ada anggota keluarga yang tiba-tiba sakit.

Kebutuhan selama di kampung halaman

Pexels.com/Pixabay

Nah, kadang kebutuhan selama di kampung halaman ini cukup besar dibanding biaya perjalanannya. Apa iya kamu selalu makan di rumah keluarga? Belum tentu. Kadang kita akan tergoda wisata kuliner saat berada di luar kota. Jadi, selalu siapkan anggaran makan di luar dan juga anggaran pergi ke tempat rekreasi ya.

Pulsa dan kuota internet

Pexels.com/Tyler Lastovich

Asal kamu tahu, saat lebaran ternyata penggunaan internet lebih tinggi lho. Selain karena tidak ada wifi seperti di rumah atau kantor, di kampung halaman juga orang cenderung banyak berfoto dan ingin segera mengunggahnya ke media sosial agar tidak kehilangan momen. Karena itulah anggaran yang satu ini juga perlu kamu pikirkan.

Selalu sesuaikan pengeluaran dengan kondisi keuanganmu ya, Bela. Jangan memaksa untuk terlihat hebat di mata keluarg, tapi ternyata banyak hutang. 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration