Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Daftar Pemenang Golden Disc Awards 2023, IVE dan BTS Sabet Daesang!

Selamat kepada para pemenang

Ajenk Rama

Awal tahun, industri hiburan Korea Selatan dibuka dengan beberapa ajang penghargaan seperti Golden Disc Awards yang digelar meriah pada 7 Januari 2023. Acara berlangsung di Rajamangala National Stadium, Bangkok, Thailand.

Sejumlah grup pendatang baru dan senior membawa pulang beberapa piala, antara lain BTS dan IVE yang kembali menyabet trofi Daesang. Selain mereka, ada pula SEVENTEEN yang meraih lebih dari satu piala.

Siapa saja grup pendatang baru dan senior yang meraih trofi di Golden Disc Awards 2023? Simak daftar lengkapnya di bawah ini, mungkin ada grup favoritmu yang menang.

Sekilas mengenai Golden Disc Awards

Soompi.com

Sebelum melangkah ke daftar pemenang, kita kilas balik dulu apa sih Golden Disc Awards itu? Golden Disc Awards merupakan acara penghargaan yang digelar pertama kali pada 1986.

Acara ini dilaksanakan setiap tahun oleh Asosiasi Industri Musik Korea Selatan untuk mengapreasiasi pencapaian luar biasa para pegiat seni. Trofi yang diberikan ke pemenang didesain oleh profesor Kim Soo Hyun.

Berbeda dari tahun sebelumnya, Thailand terpilih sebagai tempat berlangsungnya Golden Disc Awards 2023 dan dipandu oleh Nichkhun '2PM', Lee Da Hee, hingga Park So Dam.

BTS dan IVE kembali menyabet trofi Daesang

Berbagai sumber

Tampaknya, BTS dan IVE masih memuncaki perolehan trofi Daesang di beberapa ajang penghargaan. Saat Golden Disc Awards berlangsung, kedua grup yang tengah menjadi sorotan dunia ini berhasil membawa pulang piala Daesang di kategori Album dan Digital Song.

Tak hanya Daesang, BTS dan IVE menyabet lebih dari satu piala di Golden Disc Awards 2023 di beberapa kategori pilihan. Ada pun kriteria pemilihan pemenang Daesang, yakni berdasarkan perhitungan penjualan dari pertengahan Desember 2022 dan penilaian dari tim juri.

Kriteria ini juga berlaku untuk pemilihan pemenang Bonsang (Penghargaan Utama) dan Rookie Artist of the Year. Sementara, untuk kategori Popularity Award ditentukan melalui pemilihan suara.

Daftar lengkap pemenang Golden Disc Awards 2023

Twitter.com/GoldenDisc_en

Selain dua nama grup besar itu, nama SEVENTEEN, NewJeans, (G)I-DLE, Stray Kids, Jay Park, sampai BIGBANG tetap harum di Golden Disc Awards 2023. Mereka turut membawa pulang trofi di beberapa kategori seperti:

  • Best Digital Song (Bonsang): BIGBANG, (G)I-DLE, IVE, Jay Park, MeloMance’s Kim Min Seok, Lim Young Woong, NewJeans, dan PSY
  • Best Album (Bonsang): BLACKPINK, BTS, ENHYPEN, NCT, NCT 127, NCT DREAM, SEVENTEEN, dan Stray Kids
  • Artist of the Year: PSY
  • Most Popular Artist: (G)I-DLE, dan Stray Kids
  • Rookie Artist of the Year: IVE, LE SSERAFIM, dan NewJeans
Twitter.com/GoldenDisc_en

BTS dan SEVENTEEN memimpin perolehan trofi di beberapa kategori. Tapi, penerimaan trofi BTS diwakilkan oleh J-Hope yang turut meraih penghargaan di Golden Disc Awards 2023.

  • TikTok Golden Disc Popularity Award: BTS

  • Best Group: TREASURE

  • Best Performance: SEVENTEEN

  • Best Solo Artist: BE’O, Younha

  • Best R&B/Hip Hop: BIG Naughty

  • Best Producer: Seo Hyun Joo of Starship Entertainment

  • Thai Fans Support with BAOJI: J-Hope 'BTS'

  • Thai K-Pop Artist: SEVENTEEN

Itulah daftar lengkap pemenang Golden Disc Awards 2023. Ada grup atau idola favoritmu yang menyabet trofi penghargaan, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration