Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Rekomendasi Lagu Imlek Populer Tentang Harapan dan Keberuntungan  

Liriknya menggambarkan harapan dan keberuntungan

Aisyah Banowati

Tahun Baru China atau Imlek akan dirayakan pada Selasa (01/02/2022). Pemerintah pun sudah menetapkan hari libur nasional sehingga masyarakat dapat merayakan Imlek. Meski libur, masyarakat diharapkan untuk tetap waspada, karena masih dalam situasi pandemi COVID-19. 

Dalam legenda, ribuan tahun yang lalu ada monster bernama Nian yang akan menyerang penduduk desa setiap hari pertama di tahun baru. Namun, monster tersebut takut dengan suara yang keras, cahaya terang dan warna merah. Untuk itu dibuatlah perayaan guna mengusir Nian. 

Berawal dari legenda, hingga saat ini setiap Imlek pasti ada perayaan yang umum dengan dekorasi berwarna merah. Agar melengkapi kamu dan keluarga merayakan Imlek, lagu dengan latar ceria akan membangkitkan kebahagiaan di hari raya. Sehingga, inilah rekomendasi lagu Imlek populer tentang harapan dan keberuntungan

1. “Gong Xi Gong Xi” - Zhong Shengzhong & Zhong Xiaoyu

Dengan nada yang ceria, jika diartikan maka lagu ini dimaksudkan untuk memberi salam kebahagiaan di perayaan Imlek. Kalimat Gong Xi Gong Xi sendiri biasa digunakan sebagai sapaan, serta ucapan selamat kepada orang lain yang juga merayakan.

2. “Da Di Hui Chun” - Wu Ying Yin

Lagu “Da Di Hui Chun” merupakan lagu untuk menyambut musim semi. Tidak mengherankan jika “Da Di Hui Chun” akan banyak terdengar saat perayaan Imlek. Liriknya menggambarkan keindahan alam, sekaligus kegembiraan saat musim semi datang.

3. “Zhao Cai Jin Bao” - Liu Ling Ling

Lirik yang terkandung dalam lagu “Zhao Cai Jin Bao” , mengandung doa agar dibukakannya pintu kekayaan dan harta. Semoga, dalam hidup ini diberi kemakmuran serta penuh keberuntungan. 

4. “Cai Shen Dao” - Gen's 21

Lagu populer lainnya adalah “Cai Shen Dao”, yang artinya dewa rezeki datang. Menurut tradisi, selama rangkaian perayaan tahun baru, orang-orang harus bersiap menyambut dewa rezeki yang akan datang ke rumah untuk memberikan rezeki di tahun yang baru.

5. “He Xin Nian” - Timi Zhuo

Lagu yang penuh dengan keceriaan ini berisi permohonan agar selalu mendapat keberuntungan. Meski bernada ceria, lirik lagu ini juga menceritakan luka dan sakit di masa lalu, serta berharap mulai hari ini agar semua baik-baik saja.

6. “Gong Xi Fa Cai” - Chooi Yi Ling

Gong Xi Fa Cai merupakan ungkapan yang paling sering didengar saat Imlek, ungkapan ini memiliki arti semoga mendapat kekayaan yang makin melimpah. Lagu “Gong Xi Fa Cai” sendiri menyimbolkan semangat, harapan dan optimisme selama musim semi.

7. “Wan Nian Hong” - Teresa Teng

“Wan Nian Hong” masuk ke dalam jajaran lagu populer yang banyak diputar pada saat Imlek. Lagu ini mengungkapkan selamat atas datangnya Imlek dan berharap semoga hal-hal baik selalu berada di sekitar kita.

8. “Cai Shen Dao” - Samuel Hui

Lirik “Cai Shen Dao” merupakan ungkapan rasa syukur kepada dewa keberuntungan, berkat semua rezeki yang telah dilimpahkan sepanjang tahun. Lagu ini sangat cocok diputar untuk memeriahkan perayaan Imlek saat bersama keluarga.

9. “Xin Nian Xi Yang Yang” - Si Qian Jin

Lagu yang paling tepat menggambarkan kemeriahan selama perayaan Imlek adalah “Xin Nian Xi Yang Yang”. Lagu ini menggambarkan kebahagiaan yang dirasakan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa selama perayaan berlangsung.

10. “He Xin Nian” - Teresa Teng

Lagu-lagu dari Teresa Teng banyak diputar saat Imlek datang. Lagu “He Xin Nian” sendiri berisi harapan di tahun baru yang akan datang, serta meminta kemakmuran dan umur panjang.

Itulah rekomendasi lagu Imlek populer tentang harapan dan keberuntungan. Saat Imlek datang, banyak kebahagiaan yang datang. Maka tidak mengherankan jika ada banyak perayaan yang dilakukan, baik di rumah maupun di tempat umum. Semoga di tahun yang baru ini, akan lebih banyak kebahagiaan dan keberuntungan yang datang.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration