Imlek atau Tahun Baru Cina bukan cuma identik dengan angpao. Namun, ada juga makanan dan minuman khas Imlek yang sering disajikan kepada para tamu yang datang untuk merayakan Imlek.

Meski tahun 2021 ini masih dilarang untuk berkumpul dan saling berkunjung untuk merayakan Imlek, tak lengkap rasanya jika saat menyambut tahun baru, tidak menyajikan tujuh minuman khas Imlek di Indonesia ini. Apa saja?

1. Teh Krisan

7 Minuman Khas Imlek di Indonesia yang Segar dan Kaya ManfaatPexels.com/Nikolay Osmachko

Teh krisan terbuat dari bunga krisan. Warna teh krisan lebih bening dibandingkan dengan teh biasa, namun memiliki aroma yang menenangkan. Biasanya, teh krisan disajikan di pagi atau sore hari saat berkumpul dengan keluarga besar. Aroma teh krisan yang wangi membuat suasana berkumpul menjadi menyenangkan.

Selain rasanya yang enak, teh krisan juga memiliki banyak manfaat. Mengonsumsi teh krisan dapat mencegah flu, sekaligus bermanfaat untuk penderita gangguan otak. Cocok dikonsumsi hangat di tengah cuaca yang hujan seperti saat ini.

2. Teh Susu

7 Minuman Khas Imlek di Indonesia yang Segar dan Kaya ManfaatPexels.com/Cottonbro

Masih berhubungan dengan teh, milk tea atau teh susu juga sering dihidangkan saat Imlek. Teh susu disajikan saat Imlek sebab bisa menjadi jembatan antar generasi yang sedang berkumpul. Rasanya yang manis dan dapat disajikan panas atau dingin membuat siapa pun menyukai teh susu ini. Untuk manfaatnya, teh susu memiliki antioksidan yang dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh.

Kini teh susu atau milk tea menjadi favorti banyak orang. Bahkan teh susu dijual dengan topping boba atau jeli yang membuat minuman ini viral di kalangan millennial dan gen z.

3. Jus Buah Plum

7 Minuman Khas Imlek di Indonesia yang Segar dan Kaya ManfaatPexels.com/Any Lane

Jus buah plum juga menjadi salah satu minuman khas Imlek. Minuman ini biasa dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet. Rasanya yang asam dan manis membuat jus buah plum terasa sangat segar. Terutama ketika dikonsumsi di siang hari.

Buah plum dikenal dengan buah yang kaya akan vitamin C. Maka dari itu, mengonsumsi jus buah plum bermanfaat untuk menambah imun tubuh, mencegah flu, dan panas dalam.

4. Mai Dong

7 Minuman Khas Imlek di Indonesia yang Segar dan Kaya Manfaatsimplymommie.com

Kalau minuman yang satu ini biasa dikonsumsi oleh pria dewasa. Mai dong merupakan minuman yang berasal dari rendaman buah dan rempah-rempah. Biasanya mai dong dikonsumsi setelah bekerja berat atau berolahraga sebagai penambah energi.

5. Baijiu

7 Minuman Khas Imlek di Indonesia yang Segar dan Kaya Manfaatsublimechina.com

Sama seperti mai dong, baijiu juga dikhususkan untuk orang dewasa. Sebab, baijiu atau arak putih mengandung alkohol 40-60%. Baijiu dipercaya dapat menghangatkan tubuh di musim dingin. Namun, hati-hati saat meminumnya, ya. Pastikan kamu tidak menyetir mobil setelah meminum baijiu.

6. Minuman dari buah naga

7 Minuman Khas Imlek di Indonesia yang Segar dan Kaya ManfaatUnsplash.com/Osha Key

Saat Imlek, buah naga menjadi salah satu buah yang diborong pembeli. Mereka yang merayakan Imlek pasti akan menyajikan buah naga di rumah mereka. Umumnya, buah naga yang disajikan berbentuk minuman. Misalnya jus buah naga atau es buah naga dengan jeli.

Buah naga, baik yang putih atau yang merah, mengandung vitamin C dan nutrisi yang dapat meningkatkan sel darah merah. Buah naga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, mencegah kanker, dan menjaga daya tahan tubuh. Tapi ingat, usahakan tidak menambahkan gula saat membuat jusnya, supaya manfaat alaminya tidak hilang.

7. Minuman dari jeruk

7 Minuman Khas Imlek di Indonesia yang Segar dan Kaya ManfaatUnsplash.com/Qwabi Black

Jeruk juga identik dengan Imlek. Sebab, banyak etnis Tionghoa percaya kalau jeruk menjadi buah yang membawa berkah. Bukan hanya disajikan begitu saja, jeruk juga sering dihidangkan sebagai minuman saat Imlek. Kaya vitamin C, jeruk juga bermanfaat untuk mengatasi panas dalam dan menjaga daya tahan tubuh.

Itulah tadi deretan minuman khas Imlek di Indonesia yang kaya manfaat. Penasaran mau coba yang mana, nih?

Baca Juga: Penuh Makna dan Berkat, 7 Ide Hantaran Spesial Imlek untuk Kerabat

Baca Juga: Menu Wajib, Ini 9 Hidangan Khas Imlek

Baca Juga: 7 Kue Khas Imlek Ini Bikin Kangen Tiap Tahun