Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Punya Arti Mendalam, Namun 10 Nama Grup K-Pop Ini Dianggap Terburuk

Grup legendaris H.O.T. pun masuk ke dalam daftar

Aisyah Banowati

Sebelum mendebutkan grup, band, atau penyanyi solo, pihak agensi akan memilihkan nama yang dirasa cocok untuk image grup mereka. Setiap nama mengandung makna dan harapan, agar grup tersebut semakin bersinar ke depannya.

Namun, ada beberapa grup namanya malah dianggap penggemar, buruk. Sehingga, banyak orang mempertanyakan mengapa nama itu dipilih? Baru-baru ini, sebuah postingan di Reddit berhasil membuat banyak penggemar mendiskusikan beberapa grup yang dinilai memiliki nama terburuk. Kira-kira, ada siapa saja, ya?

1. Sechs Kies

soompi.com/sechs-kies

Beranggotakan enam orang, Sechs Kies merupakan grup generasi pertama di bawah naungan DSP Entertainment. Debut di tahun 1997, nama Sechs Kies kedengarannya mirip dengan kata “Sexy”, yang cukup cocok untuk image boy grup yang banyak diminati. 

Namun, sebenarnya Sechs Kies diambil dari bahasa Jerman yang artinya enam berlian. Sayangnya, mereka hanya menggunakan setengah dari kata “kiesel”, sehingga maknanya berubah menjadi kerikil.

2. DONGKIZ

soompi.com

DONGKIZ sebelumnya dikenal sebagai Dongyo Rookies, memiliki lima anggota yang seluruhnya laki-laki. Di bawah naungan Dongyo Entertainment, DONGKIZ debut dengan lagu “Dongkiz on the Block”  di tahun 2019.

DONGKIZ sendiri bukanlah nama yang buruk, namun beberapa orang menganggap nama mereka lucu karena diucapkan seperti kata “Donkeys” atau keledai. Sedangkan, sebutan untuk para penggemar grup asal Korea Selatan ini adalah Dong-ari, artinya mereka yang saling jatuh cinta.

3. DickPunks

soompi.com/dick-punks

DickPunks merupakan salah satu band rock asal Negeri Ginseng yang terbentuk di tahun 2006. Beranggotakan Kim Taehyun, Kim Hyonwoo, Kim Jaeheung dan Park Garam, mereka memulai perjalanan dari Hongdae. Di Hongdae, band rock ini sangat terkenal hingga mendapat julukan “Hongdae Idol”

Menurut pengakuan para anggotanya, pemilihan nama DickPunks tidak memiliki makna khusus. Mereka adalah empat orang yang bertemu di perguruan tinggi, dari situlah kata “Dick” berasal. Untuk “Punks” sendiri, diambil dari inspirasi gaya musik mereka, yaitu punk.

But then again... 

4. The Koxx

seoulbeats.com

The Koxx dibentuk pada tahun 2009, grup band ini fokus pada genre musik rock. Nama The Koxx banyak diperbincangkan, sebab namanya dirasa tidak cocok dengan image grup yang mereka bawa.

Memulai debut di reality show Hello Rookie, The Koxx kemudian berhasil menggelar konser pertama mereka bertajuk Success OK. Setelah rampung konser, kemudian mereka melakukan tur Jepang. Di tahun 2012, band ini berhasil memenangkan Discovery of the Year pada acara Gaon Chart K-Pop Awards.

5. HAM

soompi.com

Di bawah naungan Lee Yeon Entertainment, HAM melangsungkan debut mereka di tahun 2009 dengan lagu “T.T Dance”. Penggemar bertanya-tanya, mengapa mereka menggunakan nama HAM untuk sebuah girl grup? Namun, ternyata HAM hanyalah sebuah singkatan dari “Heart and Mind” atau “Hati dan pikiran”. Beranggotakan Gahyun, Sujin dan Hyoni, grup ini memutuskan untuk bubar di tahun 2012.

6. H.O.T.

soompi.com

Salah satu grup legendaris yang membawa kejayaan K-pop di Korea Selatan adalah H.O.T. Pada tahun 1996, SM Entertainment membentuk grup K-pop pertama. Kesuksesan H.O.T. telah menginspirasi agensi lain untuk mendebutkan banyak grup baru. Nama H.O.T. sendiri berarti "High Five of Teenagers", cocok seperti image yang mereka tampilkan, yaitu lima laki-laki muda yang penuh energi.

7. TraxX

soompi.com/traxx

Grup musik rock asal Korea Selatan memang banyak memiliki nama-nama yang tidak biasa. Debut dengan nama TRAX, grup ini memutuskan untuk mengubah namanya menjadi TraxX, serta mengubah aliran musik dari pop-rock menjadi EDM.

TraxX sendiri lebih banyak mengeluarkan single Jepang, di antaranya adalah  “Scorpio” dan “Rhapsody”. Menurut penggemar, TraxX yang merupakan singkatan dari “Typhoon Rose Attack Xmas” adalah akronim yang aneh. Ditambah, ini merupakan nama panggilan ketika para anggota berjumlah empat orang.

8. VAV

soompi.com

Seperti banyak grup Kpop lainnya, nama VAV merupakan singkatan dari “Very Awesome Voice”. Enam tahun lalu, VAV berhasil debut dengan tujuh anggota dengan lagu yang berjudul “Under the Moonlight”.

Meski beberapa anggota memilih untuk meninggalkan grup, VAV mampu bertahan hingga kini. Di tahun yang sama dengan debut mereka, VAV juga mengumumkan nama fandom resmi, yaitu Vampz.

Pemilihan nama ini sesuai dengan waktu debut mereka yang tidak jauh dari perayaan Halloween. Namun, banyak orang yang merasa kecewa, sebab nama fandom Vampz dirasa terlalu menyimpang dengan image grup mereka saat ini. 

9. Teen Top

soompi.com

Dibentuk oleh TOP Media, boy grup ini beranggotakan enam orang yaitu C.A.P, Chunji, Niel, Ricky, L.Joe dan Changjo. Teen Top banyak menyanyikan lagu populer, salah satunya “Supa Luv”  yang diproduksi pada tahun 2010. Lagu mereka yang berjudul “Miss Right” juga sering digunakan sebagai lagu pengantar untuk dance cover saat itu. 

Nama Teen Top sendiri merupakan singkatan dari “Teenage Emoboy Emotion Next Generation Talent Object Praise”. Namun, banyak penggemar yang merasa bahwa Teen Top merupakan salah satu grup dengan nama panjang yang paling aneh di industri ini.

10. Drug Restaurant

soompi.com/drug-restaurant

Drug Restaurant dulunya dikenal dengan nama Jung Joon Young Band atau JJY Band. Terbentuk di tahun 2015, JJY Band memutuskan untuk mengganti nama yang berfokus pada band secara keseluruhan, bukan hanya berfokus pada vokalis.

Drug Restaurant bermakna keinginan untuk memberikan kelegaan, keluar dari tekanan masyarakat, yang lebih ampuh dibanding obat apapun di apotek. Band ini berfokus pada genre musik alternatif rock, hard rock dan post punk revival.

Itulah deretan nama beberapa grup asal Korea Selatan yang menurut penggemar buruk. Meski tidak selalu memiliki arti yang buruk, setiap grup pasti selalu ingin memberikan yang terbaik untuk para penggemarnya. Jadi, jangan terburu-buru untuk menghakimi saat belum tahu artinya, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration