Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Daftar Lagu Paling Hits Sheila On 7, Mulai "Dan" hingga "Film Favorit"

Siap menyanyikannya di konser Sheila On 7 tahun depan?

Aisyah Banowati

Ludes terjual hanya dalam waktu 30 menit, penjualan tiket konser tunggal Sheila On 7 disambut dengan respon yang positif. Dijual pada Senin (7/11/2022) kemarin, konser bertajuk “Tunggu Aku di Jakarta” dibuka mulai dari harga Rp300 ribu untuk Festival B Standing. Buat Sheila Gank udah dapet tiket belum, nih?  

Bertahan lebih dari 25 tahun di industri musik Tanah Air, Sheila On 7 telah melahirkan delapan album studio dan tiga album kompilasi, serta puluhan lagu yang menghibur para pencinta musik Indonesia. Bahkan, album bertajuk Sheila On 7 dan Pejantan Tangguh (Pria Terhebat) juga diedarkan di Malaysia dan Singapura. 

Lahir dengan nama Sheila Genk di tahun 1996, lagu-lagu yang disajikan oleh Duta, Eross, dan Adam ini banyak dinikmati oleh pendengar lintas generasi, lho! Belum lama ini, lagu mereka yang berjudul “Sebuah Kisah Klasik”—rilis di tahun 2000—diputar dalam film garapan Angga Dwimas Sasongko, 'Mencuri Raden Saleh' (2022). Selain “Sebuah Kisah Klasik” berikut deretan lagu paling hits milik Sheila on 7 lainnya. 

1. "Dan" - 1999

Rilis pada Juni 1999, “Dan” merupakan salah satu lagu dari album Sheila on 7 yang berhasil menduduki Billboard Indonesia Top 100 dan bercokol di tangga lagu Spotify Top 50 selama beberapa minggu. 

Diciptakan oleh Eross Candra, lagu yang berhasil membuat nama Sheila On 7 melejit ini berhasil menerima penghargaan Top Throwback Song Awards dari Billboard Indonesia Music Awards 2020.  

Saking larisnya, lagu ini berhasil menjadi Song of The Year selama dua tahun berturut-turut. Lagu “Dan” sendiri menceritakan sebuah penyesalan atas sebuah kesalahan yang ternyata menghancurkan hati orang yang dicintainya.

2. "Jadikanlah Aku Pacarmu" (J.A.P) - 1999

Tahun 2018 lalu, Sheila on 7 sempat menggelar konser perayaan 22 tahun berkarier yang bertajuk ‘Sebuah Kisah Klasik Sheila on 7’ dengan lagu “Jadikanlah Aku Pacarmu (J.A.P)” sebagai opening. Video musik lagu ini menggandeng Dian Sastro sebagai model dan liriknya sendiri cocok digunakan untuk kamu yang ingin mengutarakan perasaan.

3. "Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki" - 1999

Menjadi salah satu hit sepanjang masa milik Sheila On 7, lirik “Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki” mengisahkan seseorang yang merasa bersyukur atas kehadiran seseorang yang telah membuatnya bahagia. Lirik lagu ini berisi lantunan syukur yang tak terputus karena telah dipertemukan dengan orang yang dirasa benar-benar tepat untuk dirinya. 

4. "Kita" - 1999

Tergabung dalam album yang namanya sama dengan nama band ini, lagu “Kita” telah dirilis pada akhir Februari 1999, sedangkan albumnya baru rilis pada Maret 1999. Album bertajuk Sheila On 7 ini berhasil menduduki peringkat ke-33 dari 150 Album Indonesia Terbaik Sepanjang Masa versi majalah Rolling Stone. Uniknya, sembilan dari sepuluh lagu dalam album ini merupakan ciptaan sang gitaris, Eross Candra. Untuk lagunya sendiri, “Kita” mencoba menceritakan tentang seseorang yang sedang dilanda ragu dalam hubungannya bersama sang kekasih.

5. "Sephia" - 2000

Kembali diciptakan oleh sang gitaris, Eross Candra, “Sephia” berkisah tentang seseorang yang ingin melepas kekasih gelapnya—selingkuhan. Menurut sang vokalis, lagu ini ingin menunjukkan jika hubungan tanpa status itu tidak akan bertahan lama.

Masuk ke dalam album Kisah Klasik untuk Masa Depan, untuk albumnya sendiri berhasil terjual 1,7 juta keping di Indonesia dalam kurung waktu kurang dari setahun. Itu belum termasuk Malaysia, Singapura, dan Brunei yang jika ditotal mencapai 2 juta keping.

6. "Sebuah Kisah Klasik" - 2000

Sampai jumpa kawanku

S'moga kita selalu

Menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan

Masih tergabung dalam album Kisah Klasik untuk Masa Depan, lagu yang satu ini mengangkat topik mengenai perpisahan yang diharapkan dapat menjadi kenangan yang dapat diceritakan di masa depan.

Hampir berusia 20 tahun, namun lirik dan aransemennya yang menyentuh membuat lagu ini masih relevan diputar di acara perpisahan atau reuni akbar. Tak jarang, lagu ini juga dinyanyikan Duta sebagai lagu penutupan saat konser.

7. "Sahabat Sejati" - 2000

Selain “Kisah Klasik untuk Masa Depan”, Sheila On 7 juga punya lagu bertajuk persahabatan lainnya berjudul “Sahabat Sejati”. Liriknya mengingatkan kita akan sosok sahabat yang selalu membantu di saat kita kesusahan, serta menggambarkan bahwa sahabat adalah sosok yang berharga. Video musiknya sendiri menampilkan para model yang saat itu sedang naik daun, seperti Luna Maya, Dewi Rezer, Astrid Tiar, dan Samuel Rizal.

8. "Pria Kesepian" - 2002

Kami adalah pria pria kesepian

Jauh dari rumah dan ditinggalkan cinta

Coba dengar keluhan kami

Pria kesepian

Jika biasanya yang menyanyi hanya Duta sang vokalis, di lagu ini sang gitaris yakni Eross Candra juga menyumbang suaranya pada bagian kedua. Kalau diperhatikan dengan seksama, lirik lagu ini cocok menggambarkan para jomblo yang belum juga mendapatkan pacar. Setuju nggak, nih?

9. "Seberapa Pantas" - 2002

Menjadi salah satu lagu hits milik Sheila On 7, “Seberapa Pantas” merupakan lagu paling hits dalam album 07 Des. Fyi, model perempuan di dalam video musik lagu tersebut adalah perempuan yang kini menjadi istri dari sang vokalis, Adelia Lontoh.

Lirik lagu “Seberapa Pantas” mengisahkan seseorang yang selalu mempertanyakan apa yang bisa dilakukan sang kekasih untuk dirinya. Ketika sang kekasih pergi, ia baru menyadari bahwa hanya kekasihnya lah yang paling mengerti dirinya.

10. "Melompat Lebih Tinggi" - 2003

Menjadi band favorit pada masanya, tak jarang lagu milik Sheila On 7 menjadi soundtrack untuk film kala itu. Salah satunya “Melompat Lebih Tinggi” yang digunakan sebagai soundtrack untuk film 30 Hari Mencari Cinta. Aransemennya lagu ini berhasil menciptakan suasana penuh semangat, bahkan di saat kondisi yang sedang tidak bersahabat. 

11. "Pemuja Rahasia" - 2004

Berasal dari album keempat milik Sheila On 7 yang berjudul Pejantan Tangguh, album ini berhasil terjual sekitar 450.000 kopi dan memboyong piala penghargaan Anugerah Music Indonesia (AMI) 2004 untuk kategori Album Terbaik. Liriknya menggambarkan seseorang yang jatuh cinta namun tidak pernah mengungkapkan rasa sukanya dengan sang pujaan hati, sehingga ia hanya menjadi pemuja rahasia.

12. "Film Favorit" - 2018

Melansir dari situs resmi milik Sheila On 7, lagu “Film Favorit” ciptaan Eross Candra ini terinspirasi dari kisah seorang teman yang belum berhasil menemukan pasangan hidup, ia juga menambahkan jika film The Pursuit of Happyness (2006) merupakan salah satu film yang menginspirasi lagu ini. Selain itu, untuk memperkaya dan mengarahkan proses rekaman, Sheila On 7 menggandeng Tomo Widayat dan Tama Wicitra sebagai music producer.

Dari daftar lagu paling hits Sheila On 7 di atas, mana nih, yang jadi favorit kamu?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration