Hari ini, 9 Maret 2022, penulis novel Lupus, Hilman Hariwijaya meninggal dunia setelah sebelumnya dikabarkan jatuh sakit selama lebih dari satu tahun. Hilman berhasil menghadirkan sosok Lupus yang sangat menggambarkan sosok anak muda di era tahun 80-an.

Lupus digambarkan sebagai sosok yang tak pernah lepas dari permen karet. Rambutnya yang berjambul sering dikaitkan dengan sarang burung. Terlepas dari penampilan fisiknya, Lupus memiliki sifat yang konyol yang membuat dirinya disukai oleh orang-orang di sekitarnya.

Selain menghadirkan kisah dalam bentuk novel, Lupus juga diangkat ke layar lebar dan sinetron. Kisahnya menaikkan pamor aktor Ryan Hidayat yang wafat di usia muda. Kisah ini menjadi begitu ikonik dengan lagu-lagu soundtrack yang mengiringinya. Bertepatan dengan Hari Musik Nasional, berikut deretan lagu soundtrack Lupus yang paling hits pada masanya.

"Lupus"

https://www.youtube.com/embed/ulC6asH7MK4

Lupus III: Topi-Topi Centil (1989) cukup menarik perhatian publik saat itu. Filmnya menjadi fenomena dan laris ditonton oleh anak muda pada masanya. Maka dari itu, sebagai salah satu bentuk promosinya, Hilman bersama tokoh cerita dari Lupus, yakni Gusur, Anto dan Boim merilis album Lupus dengan lagu "Lupus" sebagai andalannya.

Hilman, Gusur, Anto dan Boim memang bukan penyanyi. Maka dari itu, lagu ini kemudian disesuaikan dengan vokal mereka. Lagunya pun lebih ringan dibandingkan dengan soundtrack Lupus lainnya yang bernuansa rock.

"Cara Mereka"

https://www.youtube.com/embed/GeIHL8hcSpk

Di film keempatnya, Lupus IV: Anak Mami Sudah Besar (1990) menggandeng banyak musisi untuk menggarap soundtrack-nya. Di bawah naungan label Musica Studio, film ini merilis album soundtrack-nya yang berisi lima lagu dengan lagu andalan "Cara Mereka" yang dibawakan oleh Fariz RM dan Iwan Madjid.

"Sepanjang Zaman"

https://www.youtube.com/embed/haRLJBBgEhA

Masih dari film Lupus IV: Anak Mami Sudah Besar (1990) lagu "Sepanjang Zaman" juga menjadi salah satu soundtrack yang hits pada masanya. Lagu ini dibawakan oleh Nike Ardilla untuk versi film. Namun, untuk versi albumnya, "Sepanjang Zaman" dibawakan oleh Netta Kusumah Dewi.

"Kita"

https://www.youtube.com/embed/oOXba6xE41Q

Lupus Milenia merupakan versi sinetron dari Lupus yang paling hits di tahun 1999-2001. Dalam sinetron ini, tokoh Lupus diperankan oleh Irgi Ahmad Fahrezi dan Lulu diperankan oleh Agnez Mo. 

Untuk soundtrack-nya, sinetron yang tayang hingga dua musim dan 70 episode ini memilih lagu "Kita" milik Sheila on 7. Lagu ini diambil dari album Sheila on 7, album debut mereka. "Kita" kemudian menjadi lagu hits yang bahkan masih terus diputar di radio hingga saat ini.

"Kasih Jangan Kau Pergi"

https://www.youtube.com/embed/4HVQpqL_roY

Bangun Lagi dong Lupus yang rilis di tahun 2013 menjadi kisah terakhir Lupus dalam versi layar lebar. Sebab, setelahnya, kisah Lupus dan kawan-kawannya tak lagi dirilis dalam bentuk apapun.

Dalam film besutan sutradara Benni Setiawan ini, tokoh Lupus diperankan oleh Migdad Addausy, kemudian Poppy diperankan oleh Acha Septriasa, serta Lulu diperankan oleh Mela Austen. Film ini tidak begitu sukses dan bahkan kisah Lupus tak lagi pernah disebut-sebut setelahnya.

Itulah tadi deretan soundtrack Lupus yang sempat hits pada masanya. Ada lagu yang kamu tahu dan menjadi favoritmu?

Baca Juga: Penulis 'Lupus', Hilman Hariwijaya Meninggal Dunia

Baca Juga: Tak Perlu Repot Cari Soundtrack Film, Spotify Meluncurkan Netflix Hub 

Baca Juga: Popbela's Playlist: 10 Soundtrack Terbaik dari K-Drama Favoritmu